Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

koruptor.1Avatar border
TS
koruptor.1
Centro Plaza Ambarrukmo Tutup, Rupanya Sudah Diprediksi


Jakarta, CNBC Indonesia - Industri pusat perbelanjaan maupun ritel mendapat gempuran bertubi-tubi akibat beragam pembatasan sosial dari Pemerintah. Teranyar, Centro Department Store di Plaza Ambarrukmo, Yogyakarta, resmi tutup mulai Rabu (17/3/2021). Kondisi ini memberi gambaran bahwa industri ritel terus tertekan makin dalam, dan sudah diperkirakan oleh para pelaku industri ini.

"Penutupan usaha ritel dan penutupan ataupun dijualnya Pusat Perbelanjaan dalam kondisi seperti saat ini memang sudah diperkirakan dan sesuai dengan analisa sebelumnya," ujar Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonsus Widjajakepada CNBC Indonesia, Jumat (19/3/21). 

Meski sudah ada prediksi mengenai anjloknya industri ini ke depan, namun pelaku usaha pusat perbelanjaan tidak bisa berbuat banyak. Pasalnya, meski tertekan kuat, tidak banyak stimulus yang terasa efektif. Bahkan pelaku usaha juga tetap harus menanggung biaya pajak operasional seperti Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) hingga pembayaran listrik.

"Ritel dan Pusat Perbelanjaan sudah menderita dan terpuruk selama lebih dari satu tahun. Masing-masing perusahaan memiliki daya tahan yang berbeda satu sama lain. Bagi pelaku usaha yang sudah tidak memiliki kemampuan lagi untuk bertahan maka terpaksa harus menutup usahanya ataupun menjualnya," ungkap Alphonsus.
Kejadian penutupan tempat buka hanya terjadi di Centro Plaza Ambarukmo Jogjakarta. Baru-baru ini, beberapa gerai Giant department store juga harus tutup, misalnya terjadi di Margo City Depok dan Kalibata.
"Diperkirakan kondisi sulit ini masih akan terjadi pada tahun 2021 ini, Ritel dan Pusat Perbelanjaan masih akan berada dalam tekanan," katanya.
Tekanan itu yang membuat Centro Plaza Ambarukmo tutup. Jaringan ritel milik Parkson Retail Asia Ltd yang tercatat di Bursa Singapura, lewat PT TozySentosa ini tutup setelah melayani masyarakat Yogyakarta selama 15 tahun sejak Plaza Ambarrukmo berdiri.
"Per hari ini [Rabu] sudah mulai tutup, hari terakhir bukanya kemarin," ucap salah satu anggota Customer Service Plaza Ambarrukmo dilansir CNN Indonesia, Jumat (19/3/2021).
"Kemarin sudah mengadakan sale habis-habisan, mungkin untuk habisi stok ya. Tapi penutupannya memang baru diinfokan satu hari sebelum," katanya. 


https://www.cnbcindonesia.com/news/2...dah-diprediksi
0
1.2K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.3KThread41.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.