• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Inilah yang Terjadi, Jika Dunia Sudah Tak Ada Lagi Lahan Kuburan!

hvzalfAvatar border
TS
hvzalf 
Inilah yang Terjadi, Jika Dunia Sudah Tak Ada Lagi Lahan Kuburan!


gambar

Tak bisa dipungkiri bahwa pertumbuhan manusia terus bertambah. Di satu sisi, lahan kosong pun semakin penuh oleh pembangunan baik untuk rumah atau gedung-gedung pencakar langit. China dan India misalnya, jumlah penduduk kedua negara ini sudah mencapai 1 miliar lebih. Tak bisa dibayangkan seperti apa padatnya negara tersebut. Mungkin sudah sangat sulit sekali mencari lahan kosong yang luas. Jangankan di China, untuk Indonesia saja yang jumlah penduduknya baru 260 juta rasanya sangat sesak sekali.

Ternyata sebuah lahan tanah tidak hanya untuk orang hidup saja. Namun, orang yang sudah meninggal pun mesti juga dipikirkan. Bagaimana jika jadinya jika sudah tak ada lagi area kosong yang bisa dijadikan sebagai tempat pemakaman. Mau diapakan jasad yang sudah terbujur kaku itu. Bisa dibayangkan jika di sebuah daerah sudah tak memiliki lagi lahan kosong, masyarakat setempat tentu akan kebingungan cara menguburkan seseorang yang meninggal dunia.

Jika hal itu terjadi mungkin beberapa hal ini bisa dijadikan solusi atas permasalahan tersebut. Yuk cek it out!

1. Jenazah berusia 20 tahun dipindahkan



gambar

Sebuah pemakaman yang sudah berusia puluhan tahun mungkin bisa saja dibongkar. Ya, mengingat jasad dari jenazah tersebut sudah pasti tinggal tulang belulang saja. Cara ini sebenarnya sudah diterapkan di negara Jerman, Singapura, serta Belgia. Namun, tentu dengan syarat khusus yakni bagi keluarga yang tak membayar sewa pemakaman setelah 20 tahun, maka jenazah keluarganya akan dipindahkan ke sebuah kuburan massal.

2. Gunakan kembali kuburan yang sudah berusia lebih dari setengah abad



gambar

Solusi yang bisa diterapkan dalam mengatasi ketiadaan lahan untuk sebuah pemakaman ialah menggunakan kembali kuburan yang telah berusia lebih dari 50 tahun. Nah, gak kebayangkan gimana kelak jasad kita akan dikuburkan dalam lubang bekas jenazah lainnya.

3. Membuat kuburan bertingkat



gambar

Jika lahan di atas dunia ini sudah padat dan tak memungkinkan membuat pemakaman baru. Maka menciptakan sebuah kuburan bertingkat ke dalam bisa jadi solusi agar jenazah tetap bisa dikuburkan. Wah! Udah kayak semacam rumah susun dong ya.

4. Jenazah dikremasi



gambar

Salah satu solusi dari permasalahan jika tak ada lagi lahan untuk tempat pemakaman umum maka langkah yang bisa digunakan ialah jenazah dikremasi. Dan tentu ini tidak akan memerlukan sama sekali ruang tanah yang ada di muka bumi.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan ketika lahan di bumi ini sudah tidak bisa lagi membuat sebuah pemakaman baru untuk jasad orang meninggal.

Sumber :

Narasi pribadi

1
amdar07
agusrezapratam4
tien212700
tien212700 dan 25 lainnya memberi reputasi
24
6.3K
208
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.