• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Berkat 4 Motor Ini, Segmen Motor Sport 150cc Masih Ada Sampai Sekarang Ini

OdlevaAvatar border
TS
Odleva
Berkat 4 Motor Ini, Segmen Motor Sport 150cc Masih Ada Sampai Sekarang Ini

Masa transisi jenis kendaraan yang ada di Indonesia itu sangat bisa kita rasakan. Dulu motor yang tersebar dan beredar dipasaran era 2000an awal masih didominasi dengan motor-motor bebek 100cc.

Dan pada saat itu juga motor parikan China banyak yang expand sampai mereka banyak yang bikin versi tembakan dari motor-motor Jepang yang terkenal pada saat itu.

Transisi berkembangnya segmen kendaraan roda dua dimulai ketika pabrikan mulai besar-besaran memproduksi motor kelas 150cc. Dan menurut admin deretan motor inilah yang berjasa bagi masing-masing brand karena sukses membawa selera konsumen tetap terus mempertahankan kelas 150cc.

Kita mulai dari yang pertama yaitu Suzuki.

1. Suzuki FXR150



Bisa dibilang motor inilah embah atau buyutnya dari Satria FU 150. Pertama kali di produksi tahun 97, Suzuki FXR 150 sudah mengusung mesin yang mirip dengan generasi FU sebelum injeksi model seperti saat ini.

Disaat itu mesin ini cukup revolusioner, karena Suzuki sudah memakai teknologi DOHC overbore di FXR 150.

2. Honda CBR 150



Pertama kali Honda menjajakan eksistensi CBR150 di Indonesia itu lewat generasi pertamanya yang mereka impor langsung dari Thailand. Motor ini dirakit dan dibuat di Thailand kemudian dipasarkan di tanah air.

Mesin yang mereka pakai pertama kali sudah mengusung teknologi DOHC overbore, mesin inilah yang sampai saat ini terus dipertahankan sampai generasi terakhir CBR sampai di model CB pun juga pakai.

3. Yamaha Vixion SOHC



Pelopor mesin 150cc SOHC Yamaha itu dimulai dari generasi Vixion. Pada tahun 2007 silam semenjak model pertama Vixion keluar, kurang lebih desain mesin motor sport Yamaha 150cc saat ini masih sama dengan mesin Vixion generasi pertama tersebut.

Bedanya sekarang Yamaha sudah membekali teknologi VVA dan semua mesin 150cc itu hampir rata dipakai di setiap model motor sport kelas 150cc mereka.

4. Kawasaki Ninja 150



Sayang banget eksistensi Ninja di dunia otomotif lokal terpaksa harus berhenti karena alasan regulasi. Padahal mesin 150cc yang mereka bawa tersebut, sangat dikenal powerfull dan punya tarikan super ngacir. Dijamannya Kawasaki sudah memasangkan alat bernama Super Kyps, yang mana mesin berteknologi itu hampir dipasangkan ke semua lineup motor sport 150cc 2 tak buatannya.
 
Referensi : https://www.iwanbanaran.com/2021/03/07/empat-mesin-legendaris-yang-menemani-fanboy-dalam-waktu-yang-sangat-lama/

indramamoth
Daniswara92
tien212700
tien212700 dan 17 lainnya memberi reputasi
18
4.7K
63
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.