Kaskus

Automotive

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Sejarah Morodadi Prima - Karoseri Tertua di Kota Malang, Masih Eksis Sampai Sekarang

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Sejarah Morodadi Prima - Karoseri Tertua di Kota Malang, Masih Eksis Sampai Sekarang
Industri karoseri tak bisa dipisahkan dari jasa transportasi di Indonesia, contohnya adalah bus dan angkot yang kita naiki, untuk urusan pembuatan bodynya dilakukan oleh pihak karoseri. Jika membeli sebuah kendaraan dari diler, biasanya para pengusaha hanya mendapat chasis saja. Maka dari itu untuk membuat body yang utuh lengkap dengan dashboard dan kursinya, chasis tersebut perlu dibawa ke karoseri untuk dirakit.

Bicara soal body manufacturing gan sist, Kota Malang menjadi salah satu kota yang terkenal akan karoseri yang handal dalam pembuatan body kendaraan. Tak tanggung-tanggung gan sist, ada 3 karoseri yang masih eksis di kota sejuk tersebut. Salah satu dari 3 karoseri yang bisa dibilang legendaris dan paling tua di Malang adalah Morodadi Prima. Pada kesempatan kali ini ane akan mengulas karoseri tersebut, sudah ane siapkan pembahasannya dibawah ini.



Karoseri Tertua di Kota Malang


Bisnis body manufacturing ini dirintis oleh Bapak Lie Bambang Gunawan, seorang pengusaha yang merupakan lulusan dari Akademi Fine Arts. Tepatnya pada tahun 1964 beliau mulai membangun usahanya tersebut, lokasi pertama waktu itu terletak di Jl. Peltu Sujono, Malang. Dengan area yang relatif kecil dan dilengkapi dengan fasilitas sederhana, awalnya Bapak Lie Gunawan membuat body untuk minibus T 100 dan L300. Perusahaan karoseri tersebut awalnya diberi nama Tanaking.

Fasilitas minimal dan sistem operasional pembuatan body yang sederhana tidak menahan kemajuan Morodadi. Sebaliknya industri karoseri ini terus berkembang semakin pesat. Pada tahun 1978, perusahaan kecil ini resmi menjadi sebuah perusahaan yang independen dan berubah nama menjadi Karoseri Morodadi.

FYI gan sist nama "Morodadi" berarti "Kepercayaan" antara pelanggan dan perusahaan. Jika pelanggan datang (Moro) dan mempercayai perusahaan untuk membangun kendaraannya, maka pelanggan akan mendapatkan produk yang berkualitas tinggi (Dadi). Seperti itulah filosofi dibalik nama Morodadi.


Sejarah Morodadi Prima - Karoseri Tertua di Kota Malang, Masih Eksis Sampai Sekarang

Salah satu body bus karya Morodadi.

Ilustrasi: imotorium.com



Untuk logo dari karoseri Morodadi adalh singa, diambil dari simbol yang melambangkan Kerajaan Singosari, yang melambangkan semangat tinggi dan etika kerja yang baik. Pertumbuhan ekonomi Indonesia memungkinkan bagi Karoseri Morodadi berubah menjadi sebuah perusahaan terbatas (PT). Pada bulan Desember tahun 1993, perusahaan ini resmi berubah menjadi PT yang bernama Morodadi Prima.

Pada dekade 1980 sampai 1990-an bisa dibilang menjadi masa jaya karoseri Morodadi Prima, awal tahun 80-an karoseri Morodadi mulai berkembang pesat dan menguasai pasaran karoseri bus di bagian Timur pulau Jawa. Pada masanya hampir semua bus dari Jawa Timur pada saat itu sangat menggemari body buatan karoseri Morodadi Prima, bahkan ada juga perusahaan otobus dari luar pulau Jawa seperti ANS yang masih setia dengan body bus buatan karoseri ini.


Sejarah Morodadi Prima - Karoseri Tertua di Kota Malang, Masih Eksis Sampai Sekarang

Salah satu produk body pertama karya Morodadi Prima.

Ilustrasi: ayonaikbis.com


Sejarah Morodadi Prima - Karoseri Tertua di Kota Malang, Masih Eksis Sampai Sekarang

Jadi favorit body bus awal 1980-an, pernah dipakai Sumber Kencono pada masanya emoticon-Big Grin

Ilustrasi: membelipengalaman.blogspot.com


Sejarah Morodadi Prima - Karoseri Tertua di Kota Malang, Masih Eksis Sampai Sekarang

PO ANS, salah satu yang setia dengan produk body buatan Morodadi.

Ilustrasi: awansan.com




Pada era 1980 contohnya, produk Morodadi mulai menjadi legenda karena kualitas body dan kekokohan strukturnya. Body buatan Arek Malang tersebut memang terkenal punya ciri khas tersendiri daripada produk body buatan karoseri yang lain.

Bisa kita lihat pada foto diatas, bentuk body bus produk Karoseri Morodadi Prima era 80-an tampak sangat rapi dan mempunyai karakter khas yang menjanjikan visibilitas tinggi baik bagi penumpang maupun sopir. Morodadi menggunakan plat body yang lebih tebal dari karoseri lain, body yang kokoh atau orang Jawa biasa menyebutnya anteb, membuat bus tidak mudah limbung serta lebih stabil ketika di jalan.

Bisa dilihat pada foto di atas gan sist, nampak kaca di bagian penumpang sangat luas, bahkan pada bagian atas kaca juga terdapat kaca lengkung. Para penumpang bus tersebut pada masanya tentu menikmati pemandangan di sepanjang perjalanan dengan visibilitas yang sangat luas. Posisi kursi sopir juga lebih tinggi dari kursi penumpang, sehingga visibilitas sopir pun lebih baik.

Karoseri Morodadi Prima mencapai puncak kejayaan pada kurun waktu 1989-1992, dengan produksi rata-rata per bulan hingga 40 unit bus kelas eksekutif, belum termasuk pekerjaan body kendaraan kecil seperti L300, Colt T120 SS, Carry dan Futura.




Sejarah Morodadi Prima - Karoseri Tertua di Kota Malang, Masih Eksis Sampai Sekarang


Sejarah Morodadi Prima - Karoseri Tertua di Kota Malang, Masih Eksis Sampai Sekarang

Pada era 80-an lampu depan bus banyak memakai lampu depan sedan Mercedes Benz Tiger W123.

Ilustrasi: membelipengalaman.blogspot.com



Bisa agan sista lihat pada dua foto di atas, pada era 1980-an belum banyak lampu variasi untuk bus, jadi beberapa karoseri memilih menggunakan lampu depan dari sedan Mercedes Benz W123 atau W124 untuk bus yang menggunakan chasis asal Jerman tersebut. Sementara untuk chasis Jepang lampu depannya menggunakan lampu yang sama dengan versi truknya.

Memasuki era 90-an Morodadi Prima menghadirkan body bernama Patriot dan New Patriot yang menjadi unggulannya kala itu. Body tersebut memiliki garis desain tegas namun tetap terlihat elegan, sehingga kedua body tersebut sangat laris digunakan banyak PO bus dan sekan menjadi jaminan mutu bagi para penggunanya.

Seperti halnya karoseri lain, Morodadi Prima juga sempat mengalami kemerosotan di masa krisis moneter 1998, pada era krismon jumlah pemesanan body merosot 70% sehingga hanya bisa memproduksi 5-10 bus saja per bulan, diperburuk lagi dengan naiknya harga bahan baku sehingga biaya produksi  naik drastis.

Namun, seiring berjalannya waktu karoseri Morodadi Prima mampu bangkit kembali dan tetap bertahan sampai hari ini. Morodadi Prima juga berhasil meraih sertifikat ISO 9001-2008 (sertifikat Sistem Manajemen Mutu) dari British Standard Institute (BSI). Selain itu Morodadi juga mendapat dua sertifikat dari Mercedes Benz sebagai body builder. Sertifikat itu mencakup kategori rekayasa desain (design engineering), proses produksi (production process), dan sign-off complete bus.


Sejarah Morodadi Prima - Karoseri Tertua di Kota Malang, Masih Eksis Sampai Sekarang

Body Patriot buatan Morodadi Prima.

Ilustrasi: imotorium.com


Sejarah Morodadi Prima - Karoseri Tertua di Kota Malang, Masih Eksis Sampai Sekarang

Body New Patriot Harapan Jaya.

Ilustrasi: awansan.com


Sejarah Morodadi Prima - Karoseri Tertua di Kota Malang, Masih Eksis Sampai Sekarang

Body New Patriot buatan Morodadi Prima.

Ilustrasi: Dokumentasi PO Kalisari


Sejarah Morodadi Prima - Karoseri Tertua di Kota Malang, Masih Eksis Sampai Sekarang

PO Mila dengan body Patriot II by Morodadi.

Ilustrasi: Andromeda



Pada perkembangannya Morodadi juga banyak terinspirasi dari body bus luar negeri, mereka pernah memoles body bus Zonda dari China dan body Aero Queen buatan Jepang. Pada versi Zonda, Morodadi menggunakan model lampu yang dipopulerkan oleh Jetbus versi pertama dari karoseri Adi Putro. Untuk bagian atap di sisi depan terlihat potongan yang sama dengan Zonda versi aslinya. Yang unik pada Zonda, memiliki selendang dengan bentuk seperti gading gajah.

Sementara model body Aero Queen merupakan nama produk dari Fuso Jepang yang sudah terkenal, memiliki bentuk selendang yang tegas berwarna putih dan juga bentuk lampu yang kotas seperti lampu truk.

Aero Queen buatan Morodadi dibuat dengan gaya Morodadi sendiri, dapat dilihat dalam penggunaan lampu yang lebih garang dan juga bentuk grill yang berbeda dari versi aslinya. Meski banyak terjadi perubahan, pemilihan lampunya selalu memakai model yang datar dan terlihat lebih klasik.


Sejarah Morodadi Prima - Karoseri Tertua di Kota Malang, Masih Eksis Sampai Sekarang

Zonda versi China.


Sejarah Morodadi Prima - Karoseri Tertua di Kota Malang, Masih Eksis Sampai Sekarang

Zonda versi Morodadi.


Sejarah Morodadi Prima - Karoseri Tertua di Kota Malang, Masih Eksis Sampai Sekarang

Aero Queen versi Jepang.


Sejarah Morodadi Prima - Karoseri Tertua di Kota Malang, Masih Eksis Sampai Sekarang

Aero Queen versi Morodadi.

Ilustrasi: awansan.com



Selain membuat body bus, karoseri Morodadi Prima juga masih membuat body untuk kendaraan lain seperti minibus yang banyak digunakan untuk keperluan jasa travel. Namun, bagi TS nama Morodadi Prima lebih kondang ssbagai pembuat body bus gan sist.

Selain Patriot Series, salah satu produk Morodadi yang cukup sukses adalah body bus bernama Tourismo, lekukan garis pada kaca di pintu atas di bagian depan menjadi ciri khas body bus tersebut. Mengikuti perkembangan zaman, Morodadi juga membuat body bus double glass bernama Tourismo dan Ventura.

Pada varian Grand Tourismo garis di kedua sisi pintu dibuat melengkung serta ditarik ke depan hingga membuat sekat pada kaca depan. Sementara pada body Ventura merupakan body gado-gado menurut TS, yakni perpaduan lampu depan dan belakang menyerupai lampu milik body SR2 buatan Laksana dengan polesan body Morodadi. Berikut ini beberapa foto dari body bus buatan Morodadi di era modern.



Sejarah Morodadi Prima - Karoseri Tertua di Kota Malang, Masih Eksis Sampai Sekarang


Sejarah Morodadi Prima - Karoseri Tertua di Kota Malang, Masih Eksis Sampai Sekarang

Body Tourismo milik PO Eka dan Blue Star.

Ilustrasi: ayonaikbis.com


Sejarah Morodadi Prima - Karoseri Tertua di Kota Malang, Masih Eksis Sampai Sekarang

Body Grand Tourismo PO ANS.

Ilustrasi: bus-truck.id

Sejarah Morodadi Prima - Karoseri Tertua di Kota Malang, Masih Eksis Sampai Sekarang

Body Ventura milik PO Putra Remaja.

Ilustrasi: Dokumentasi Morodadi Prima/Instagram



Saat ini selain Grand Tourismo, Morodadi Prima menjagokan produk nus bernama Ventura serta New Patriot. Untuk body New Patriot adalah varian body lawas yang mendapatkan cukup banyak perubahan gan sist. Beberapa PO yang identik dengan body buatan Morodadi Prima antara lain PO Eka, Safarai Dharma Raya, Putra Remaja, Ramayana, ANS sampai DAMRI.

Khusus untuk ANS, mereka sedari awal cukup setia dengan produk bus buatan Morodadi. Perusaahan bus dari Tanah Minang tersebut juga turut membantu memasarkan body bus Morodadi di Sumatera. Bagi PO asal Sumatera yang ingin memaki body bus buatan Morodadi bisa langsung menghubungi PO ANS.

Morodadi Prima juga tak ketinggalan membuat produk bus tingkat, mengikuti tren bus di Indonesia mereka juga membuat body bus tingkat, di mana nisy ini hanya digunakan Si Gajah dari Temanggung yakni PO Safari Dharma Raya. Saat ini Morodadi Prima berkantor pusat diJl. Raya Randu Agung Singosari, Malang. Mereka juga membuka cabang di Bali, tepatnya di Jl. Mahendradatta 138 Padang Sambian, Denpasar Barat.




Sejarah Morodadi Prima - Karoseri Tertua di Kota Malang, Masih Eksis Sampai Sekarang

Bus tingkat milik Si Gajah, buatan Morodadi.

Ilustrasi Foto: Dok YPR photography


Sejarah Morodadi Prima - Karoseri Tertua di Kota Malang, Masih Eksis Sampai Sekarang

New Patriot, body baru andalan Morodadi Prima.

Ikustrasi Foto: Donny



Sejarah Morodadi Prima - Karoseri Tertua di Kota Malang, Masih Eksis Sampai Sekarang

Elf dengan body buatan Morodadi Prima


Sejarah Morodadi Prima - Karoseri Tertua di Kota Malang, Masih Eksis Sampai Sekarang

Body minibus L300 ini juga dibuat Morodadi Prima gan sist emoticon-Big Grin

Ilustrasi: imotorium.com



Sudah setengah abad lebih dilalui oleh Morodadi Prima di industri karoseri Indonesia, pernah mengalami masa jaya sampai masa suram saat krismon 1998. Namun, mereka tetap bisa bertahan sampai sekarang. Kini di persaingan perakitan body bus yang semakin ketat, nyatanya sampai saat ini Morodadi Prima tetap mampu bertahan dan membuktikan bahwa mereka termasuk salah satu pembuat body kendaraan yang handal. Punya struktur body yang bagus dan kuat itulah hal yang tak akan pernah berubah dari produk Morodadi Prima.

Demikian gan sist pembahasan panjang dari karoseri legendaris asal Kota Malang, apakah agan dan sista pernah melihat atau menaiki body bus seperti foto diatas ? Jangan lupa nanti untuk sampaikan pengalaman dan pendapat kalian di kolom koemntar ya. Terimakasih sudah membaca tulisan ini dari awal sampai akhir, sampai jumpa lagi, keep ngaskus ya emoticon-Angkat Beer



Referensi: 1.2.3.4
Iustrasi Gambar: awansan.com, imotprium.com, google image
fergusonredarmy
pulaukapok
tien212700
tien212700 dan 15 lainnya memberi reputasi
16
4K
26
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
KASKUS Official
28.1KThread18.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.