Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

DianAhmadKaskusAvatar border
TS
DianAhmadKaskus
Permainan Tradisional Yang Sarat Filosopi, Nomor 5 Favorit Banget!


Halo Agan Sista, apa kabar?

Semoga selalu sehat dan tetap semangat ya, meskipun pandemi masih keukeuh dan belum mau beranjak dari muka bumi kita.

Thread ane kali ini, yuk, kita buka kenangan yang isinya gelak tawa dan suasana gembira saat bermain dengan teman-teman, menghabiskan waktu dengan permainan tradisional. Permainan yang semakin jarang dimainkan oleh generasi era milenium, yang sudah sejak brojol dijejali dengan kemajuan teknologi. Dan perubahan gaya hidup yang sudah banyak berubah, ikut mempengaruhi dari langkanya permainan ini di jaman sekarang.

Berbeda dengan jaman ane masih bocah, segala keseruan saat bermain bersama teman-teman adalah kenangan indah yang membekas dalam ingatan. Kebersamaan dan hiruk pikuk saat bermain kadang membuat kita lupa waktu.

Eits, tapi permainan tradisional itu bukan sekadar seru-seruan aja lho gan, ada filosofi yang yang jleb banget dan memiliki makna yang sangat dalam.

Penasaran filosofi apa yang ada dalam permainan tradisional ini? Langsung simak aja Gan!

1. Congklak



Congklak adalah permainan yang dimainkan oleh dua orang secara berganti-gantian. Alat yang dipakai berupa kayu yang berlubang, dan masing-masing mempunyai "lumbung" tempat menyimpan hasil.

Filosofi dari permainan ini adalah kita diajarkan supaya tidak menghabiskan harta yang kita punya, tapi mengkalkulasinya dengan baik hingga bisa memperbanyak hasil lumbung kita.

Dan di sisi lain, meski kita sibuk dengan segala perencanaan untuk mengelola harta kita, sikap berbagi tetap harus dilakukan, yaitu dengan mengisi lubang lawan sesuai dengan aturannya. eits tapi agan ngga boleh mengisi lumbung lawan lho.

Nah dari situ kita bisa mengambil pelajaran bahwa untuk membantu sebaiknya tidak  memberi langsung hasilnya, beri mereka kail, agar mereka bisa memancing ikan.

Dan di permainan ini, menurut ane nih ya, selain nasib baik, kalo agan sista jago berhitung, kesempatan untuk menang bisa lebih besar, setuju ngga gan? emoticon-2 Jempol



2. Lompat Tali





Tali yang dipakai dalam permainan ini terbuat dari karet yang dijalin hingga panjang, hingga lumayan elastis ketika dipakai bermain. Cara mainnya pun gampang aja sebenernya sih, setiap orang harus melompati tinggi dari karet yang dibentangkan, setiap berhasil melewati rintangannya tinggi karetnya pun menjadi semakin naik.

Filosofi dari permainan ini Gansist, bahwa semakin kita tumbuh dewasa, rintangan dan tantangan hidup kita pun semakin bertambah. Dan dalam melewati rintangan itu, adakalanya kita bisa dan ada kalanya kita gagal. seperti juga hidup, dan dalam permainan ini juga kita belajar untuk tidak cepat menyerah, karena akan ada waktunya, kita bisa melewati rintangan-rintangan itu. Bahwa semua akan indah pada waktunya ,, ayeeeek!emoticon-Leh Uga 


3. Galasin


Galasin ini kalo dimainkan bakalan riuh banget gansist. mulai dari teriakan tim satu dengan tim lainnya yang saling mengarahkan temannya agar tetap menjaga posisi, baik sebagai penyerang atau yang sedang melakukan pertahanan.

Belum lagi sorak sorai tim hore dari pinggir garis yang kadang komennya suka lebih pedes dari netizen emoticon-Wkwkwk



Cara mainnya, tiap tim berusaha menghadang tim lawan agar jangan sampai berhasil menerobos pertahanan. Dengan gerakan bergeser ke kanan dan ke kiri, mengikuti garis yang sudah dibuat sebagai acuan. Lalu filosofi dari permainan ini apa sih?


Ternyata filosofinya adalah sebuah kerjasama yang baik akan membuahkan  hasil yang memuaskan. Seperti hidup kita yang pasti perlu bantuan orang lain kan? Dan jangan lupa, filosofi lainnya adalah akan selalu ada pintu yang terbuka, saat menemukan pintu yang tertutup. Jadi jika dalam hidup agan mendapati pintu yang tertutup, yakinlah akan ada pintu lain yang  terbuka dan menjadi penyelesaian dari masalah agan.


4. Engklek




Agan Sista tau ngga kalo engklek rupanya sudah ada dari jaman Romawi. Kemudian pada masa penjajahan Belanda, permainan ini sering dimainkan oleh anak-anak mereka dan diperkenalkan pada anak-anaknusantara pada jaman itu.

Cara bermainnya adalah melompati kotak demi kotak, sambil melempar batu ke satu kotak sebagai "rumah", dan melompati tiap kotaknya tanpa menginjak "rumah" milik orang lain.

Filosofi dari engklek ini adalah bahwa untuk bisa sampai ke puncak, kita perlu bekerja keras dan jangan lupa untuk tetap menghargai hali karya orang dengan cara tidak mengganggunya. karena mereka pun membangunnya dengan susah payah.


5. Petak Umpet



Di kampung ane, Bandung, permainan ini namanya ucing sumput, yaitu petak umpet dalam bahasa sunda.

Cara mainnya kita udah tau dong ya, ada yang jaga dan ada yang sembunyi. Pada saat anak yang jaga menutup mata dan mulai berhitung, anak yang lain berlarian mencari tempat aman untuk bisa bersembunyi.

Setelah hitungannya selesai, maka anak yang jaga mulai mencari dan apabila menemukan seseorang maka dia akan berteriak "hong" sambil menepuk dinding atau pohon tempat awal tadi dia berhitung dan menutup mata, begitu terus menerus sampai semua akan ditemukan.

Permainan ini mempunyai filosofi, tentang kematian. Diibaratkan kita yang berhasil ditemukan adalah kita yang telah dijemput oleh kematian, sekaligus mengajarkan bahwa semua yang ada di dunia ini adalah sementara, semua akan pulang ke kampung akhirat, menghadap pada yang Maha Pencipta. Wah, dalem banget kan gan emoticon-Mewek

Gimana gansis, mantab jiwa kan filosofinya. Banyak hal besar yang bisa kita lihat dari hal yang mungkin kita anggap sepele. Mungkin masih banyak filosofi yang bisa agan sista lihat dalam permainan atau apapun itu. Jadikan pemicu untuk menjadi manuisa yang lebih baik lagi, lebih bermanfaat lagi, karena sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat buat saudaranya.

Di antara permainan di atas, mana yang jadi favorit agan sista niih? Silakan komen dan tinggalkan jejak ya.

Sekian thread ane kali ini, sampai jumpa di keseruan berikutnya, emoticon-Jempol Tetap patuhi protokol kesehatan dan jangan lupa untuk bahagia GanSist!






Narasi: Ulasan dan opini pribadi

Referensi: di sini

Diubah oleh KOMPAKOfficial 16-03-2021 01:10
kimha420
yugeel
b4perman
b4perman dan 60 lainnya memberi reputasi
57
7.3K
141
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
KOMPAK (Komunitas Penulis Aktif Kreatif)
KOMPAK (Komunitas Penulis Aktif Kreatif)
421Thread647Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.