Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ElviHusnaAvatar border
TS
ElviHusna
Sleep Paralysis Adalah Ketindihan Setan, Mitos atau Fakta?



Hai Agan dan Sista Sekaskus Raya. Welcome back to my thread.emoticon-2 Jempol:welcome

Kali ini ane akan membahas tentang sleep paralysis. Pernahkan agansis mengalaminya?

Sebelum ane bahas lebih jauh, ada beberapa pertanyaan penting yang mewakili poin besar dari thread ini.

Quote:


Well, mari kita bahas satu-satu ya. Jika Agansis punya pengetahuan lebih tentang sleep paralysis, mohon untuk share di kolom komentar.

Sleep paralysis adalah kelumpuhan saat tidur, di mana seseorang tidak bisa menggerakkan tubuhnya dalam keadaan sadar.

Hal ini bisa terjadi saat seseorang berada dalam masa transisi antara terjaga dan tertidur.

Sleep paralysis ini ditandai dengan kelumpuhan anggota tubuh, di mana seseorang tidak bisa menggerakkan anggota tubuhnya, padahal ia berusaha menggerakkan, tapi tetap gak bisa. Seseorang yang mengalami sleep paralysis juga tak bisa berbicara, padahal ia sudah berteriak, tapi tetap saja suaranya gak keluar. Karena seseorang yang mengalami sleep paralysis ini seperti berada dalam alam bawah sadar.

Penyebab dari sleep paralysis ini bisa dari banyak hal, diantaranya adalah disebabkan karena kurang tidur, pola tidur yang berubah-ubah, mempunyai riwayat mengonsumsi obat-obatan tertentu, tidur terlentang, atau bahkan bisa terjadi akibat stress berlebihan.

Nah, sleep paralysis ini sering dikaitkan dengan setan atau ketindihan setan. Mitos atau fakta sih?

Menurut ilmu kedokteran dan secara ilmiah, sleep paralysis ini memang bisa terjadi pada siapa saja berdasarkan sebab-sebab yang ane sebutkan di atas. Jadi menurut ilmu kedokteran, jika ada yang mengatakan sleep paralysis adalah ketindihan setan, itu adalah mitos, karena tidak bisa dibuktikan secara ilmiah.

Berbicara tentang sleep paralysis, ane termasuk orang yang sering mengalaminya.



Waktu itu bulan Ramadhan, ane tidur lagi setelah subuh. Seingat ane, saat itu baru saja terlelap saat tiba-tiba ane mengalami ketindihan. Rasanya persis seperti yang ane tulis di atas. Tubuh ane serasa dikunci, tidak bisa digerakkan sama sekali. Begitupun dengan mulut ane, sama sekali terkunci.

Ane mencoba menjerit dan meminta pertolongan, tapi gak ada yang mendengar. Padahal di samping ada adik ane. Gimana mau dengar, wong suaranya aja gak keluar. Saat kita teriak dalam keadaan sleep paralysis, itu hanya alam bawah sadar kita yang teriak, aslinya kita bahkan gak bisa buka mulut.

Ane pasrah dah sambil baca istighfar, dzikir, ayat kursi. Apa pun yang ane bisa ane teriak dalam hati.

Jika dibilang ini bukan tindihan setan, ane merasa memang seperti ditindih setan. Namun, ane gak tahu gimana ngebuktiinnya secara ilmiah ya, karena memang bukan bidang ane.

Kenapa ane bilang seperti itu? Karena saat akan mengalami tindihan itu, ane memang melihat sosok hitam besar yang semakin mendekat, rasanya dia mulai mencekik dan akhirnya menindih tubuh ane sehingga jadi terkunci. Ini real pengalaman ane.

Sosok itu memang sangat menakutkan, tubuhnya tinggi besar tanpa rupa.

Pernah juga saat ane mengalami tindihan, ane merasa seperti ada yang bergerak dari ujung kaki dan berakhir sleep paralysis.

Apa memang saat sleep paralysis, korbannya akan mengalami halusinasi dulu? Karena sleep paralysis ini bisa juga diakibatkan oleh mimpi buruk.

Namun, saat itu ane tidak mimpi buruk.

Kalau dibilang tindihan setan, karena gak baca doa, ane selalu baca doa seeblum tidur, ya minimal baca doa anak TK dan surat-surat pemdek yang dianjurkan seperti An-Nas, Al-Falaq dan Al-Ikhlas.

Kecuali kalau memang bacaan ane kurang bagus, kurang fasih. Bisa jadi.

Berdasarkan pengalaman itu, makanya ane cari tahu tentang sleep paralysis, dan anggapan yang selama ini ane simpulkan tentang ketindihan setan, ternyata adalah mitos.

Tapi, kok setannya memang ada gitu lho?emoticon-Takutemoticon-Takutemoticon-Takut

Nah, bagi Agansis yang mengalami sleep paralysis, untuk mengembalikan keadana normal, usahakan untuk menggerakkan salah satu anggota tubuh yang sekiranya mudah digerakkan, ya meskipun itu sangat sulit. Ane tahu!

Biasanya ane berusaha menggerakan jari tangan atau kaki. Tahu nggak, gerakin jari aja rasnya udah kayak jadi tokoh utama dalam film action, atau rasanya ane seperti sedang mengalahkan Voldemort di serial Harry Potter. Bener, lho. Ane gak bohong.

Nah, kalau udah bisa digerakin, usahakan untuk gerakin anggota tubuh lain biar bebas, jangan diam. Karena kalau diam sleep paralysis bisa balik lagi.

Jika sudah bisa digerakkan semua anggota, berarti Agansis sudah terpelas dari sleep paralysis. Segera pindah tempat tidur, atau ubah posisi tidur.

Kalau ane mah gak mempan hanya dengan pindah tempat atau ubah posisi. Kebiasaan kalau udah sleep paralysis, ane gak tidur lagi.

Rasanya gak enak banget, gan! Capek!

Well, itulah sedikit pembahasan tentang sleep paralysis ya ,gan. Sekian thread ane kali ini, semoga bermanfaat! Jangan lupa tinggalkan jejak ya. See you.

Ditulis oleh @ElviHusna
Narasi dan pengalaman pribadi
Referensi dan gambar

1 2 3
Diubah oleh ElviHusna 17-03-2021 02:52
Alfan.Frink
Baarish
tien212700
tien212700 dan 12 lainnya memberi reputasi
13
1.2K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
KOMPAK (Komunitas Penulis Aktif Kreatif)
KOMPAK (Komunitas Penulis Aktif Kreatif)
421Thread647Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.