Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Tidak Banyak yang Tahu, Ternyata Quarter Life Crisis Ada 2 Jenis! Gansist yang Mana?

adnanamiAvatar border
TS
adnanami
Tidak Banyak yang Tahu, Ternyata Quarter Life Crisis Ada 2 Jenis! Gansist yang Mana?
Dua Jenis Quarter Life Crisis yang Jarang Orang Tahu


Selama ini kita cuma pernah tahu bahwa krisis seperempat abad (quarter life crisis) adalah krisis yang dialami oleh orang - orang berusia di sekitar 25 tahun saja tanpa mengerti jenis - jenisnya. Padahal penting juga untuk diketahui agar kita paham cara keluar dari krisis tersebut. Mungkin mayoritas krisis seperempat abad berkutat pada kebingungan seseorang terhadap aspek karirnya maupun kehidupan percintaannya. Tapi bukan itu yang mau @adnanamibahas lebih dalam di thread ini.

Quarter life crisis memiliki dua tipe, yaitu locked in dan locked out. Khusus untuk yang ini, bukan log in dan log out seperti di akun sosial media ya! Kita pasti mengalami salah satunya. Tenang! Ini hal yang wajar dialami oleh semua orang yang sedang masa transisi dari masa remaja akhir menuju dewasa. Kenapa harus ada quarter life crisis? Sebenarnya ini adalah fase titik balik dalam kehidupan manusia. Setelah melewati krisis ini, apakah kita bisa semakin terpuruk dan terjebak di dalamnya atau justru menemukan pelajaran dan bergerak menjadi individu yang lebih baik. Intinya sih, krisis seperempat abad adalah masa pendewasaan seseorang.

Kalau kalian lemah, kalian nggak akan memahami proses pendewasaan ini. Quarter life crisis tidak hanya dialami oleh pemuda lajang berusia 25 tahun yang tidak tahu kapan akan menikah, karir yang mandek dan tidak membahagiakan maupun mereka yang memiliki berbagai pertanyaan tentang hidupnya, tetapi juga pada mereka yang mungkin telah terlihat mapan, sudah menikah bahkan punya anak di usia sekitar dua puluh lima-an. Semua bisa terkena krisis ini.

Nah, balik ke benang merah dari thread ini tentang 2 jenis yang sudah ane bahas di paragraf kedua tadi. Kondisi krisis seperempat abad yang masuk kategori locked out adalah ketika gansist merasa gagal dalam mendapatkan apa yang diinginkan dalam hubungan maupun karir. Simple-nya kayak target menikah usia 21 tapi di tahun ke 24 masih aja ngejomblo, mau masuk sekolah pilot gagal karena dianggap kurang tinggi dan lain sebagaianya. Sedangkan kondisi locked in berupa rasa terjebak dalam suatu kondisi yang awalnya seperti passion/hal yang gansist mau, tapi setelah dijalani ternyata tidak cocok sehingga muncul kebingungan dan ketidaktahuan tentang apa yang harus dilakukan ke depannya.

Terus bagaimana cara mengatasinya?

Pertama, kita harus sadar dulu kalau kita lagi ada di dalam fase krisis seperempat abad. Kedua, kita berusaha untuk keluar dari kondisi ini, misalkan ngerasa nggak cocok dengan apa yang dijalani sekarang ya coba untuk eksplorasi hal yang lain yang sekiranya akan cocok sama gansist, begitu ketemu, boleh lah kalian berhenti dari peran/keadaan yang selama ini bikin gansist merasa terjebak. Dengan menemukan apa yang sesuai dengan diri gansist, itu artinya gansist sudah berhasil melewati masa - masa quarter life crisis. Penting banget untuk melakukan eksplorasi sebelum semuanya berubah menjadi bencana.

Quote:

Ane @adnanami  pamit, jangan lupa follow akun ini untuk mendapatkan update thread inspiratif lainnya. Kalian juga bisa berkunjung ke halaman kaskus ane dengan klik gambar di bawah ini! Sampai jumpa kembali di lain kesempatan. Jangan sungkan untuk saling sapa di kolom komentar thread ini ya!

Tidak Banyak yang Tahu, Ternyata Quarter Life Crisis Ada 2 Jenis! Gansist yang Mana?

Referensi: independent.com

Quote:
Diubah oleh adnanami 17-03-2021 05:16
0
1.7K
113
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.