extreme78Avatar border
TS
extreme78
Jeritan Petani Garam di Tengah Rencana Pemerintah Impor Garam: Ribuan Kantong
Jeritan Petani Garam di Tengah Rencana Pemerintah Impor Garam: Ribuan Kantong Tertimbun di Gudang





DEMAK,KOMPAS.com - Keputusan pemerintah Indonesia untuk kembali mengimpor garam di tahun 2021 membuat para petani maupun buruh angkut garam di pesisir Pantai Utara Demak merasa terancam mata pencahariannya.

Muhsin (72), petani garam asal Dusun Menco, Desa Berahan Wetan, Kecamatan Wedung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah saat diwawancarai Kompas.com, Senin (15/3/2021) mengungkapkan, dari hari ke hari proses produksi garam makin terasa memberatkan akibat harga garam lokal yang terus merosot tajam.

Menurutnya, penurunan harga jual kristal asin tersebut salah satunya dimungkinkan karena adanya garam impor yang terus masuk ke Indonesia, ditambah lagi adanya pandemi Covid-19.

"Beberapa tahun yang lalu harga garam pernah mencapai Rp.125.000 per sak. Sekarang kalau panen raya saat puncak musim kemarau harganya hanya Rp 15.000 per sak," ungkap lelaki tua yang memiliki 1 hektar lahan pembuatan garam itu.

Muhsin yang ditemui saat mengeringkan lahan tambak sebagai proses awal pembuatan garam mengatakan, jika saat ini di gudang miliknya masih ada timbunan garam sebanyak 2000 sak.

Ribuan kantong garam tersebut sudah menghuni tempat penyimpanan sejak tiga tahun silam.

"Belum ada pembeli, apalagi ini musim corona. Harganya juga belum cocok. Tidak sesuai dengan ongkos angkutnya," terang Muhsin.

Berdasarkan data yang dihimpun, saat ini harga garam di tingkat lokal Demak hanya berada pada kisaran Rp 25.000 – Rp 30.000 per sak yang berisi 40 kilogram garam.

Padahal ongkos angkut dari gudang menuju mobil pengangkut per sak nya Rp 5.000. Belum lagi ongkos proses pengeringan hingga pengepakan dari lahan ke dalam sak juga sudah mahal.

Dalam setahun, para petani garam hanya satu kali panen saja dan selama 30 hari bekerja, setiap hektarnya menghasilkan lebih dari seribu sak garam.

"Lha, kalau jadi ada impor garam, apa nanti garam kita tambah nggak laku?" tanya Muhsin dengan wajah yang muram.

https://regional.kompas.com/read/202...r-garam-ribuan

Anda seorang Presiden,tidakkah bisa membantu mereka mencarikan solusinya agar mereka tetap survive dalam industri garam.
Memang secara kualitas kalah dgn impor dan harusnya mereka2 ini di bantu agar kualias produk mereka bisa sebanding dgn impor punyaemoticon-Cool

Jangan cuman benci2 impor tapi tetap jalan tuh imporemoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)
Diubah oleh extreme78 16-03-2021 04:32
ushirota
Sadhunter
t1s
t1s dan 6 lainnya memberi reputasi
7
1.2K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.9KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.