Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

koruptor.1Avatar border
TS
koruptor.1
Resmi! Kemenkes Tunda Distribusi Vaksin AstraZeneca di RI
Resmi! Kemenkes Tunda Distribusi Vaksin AstraZeneca di RI

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan RI menegaskan untuk melakukan penundaan distribusi vaksin AstraZeneca. Hal ini bukan karena kasus pembekuan darah yang terjadi namun karena prinsip kehati-hatian.

Hal ini disampaikan oleh Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmidzi dalam Keterangan Pers: Penjelasan Kementerian Kesehatan Terkait Perkembangan Vaksinasi COVID-19 di Jakarta, Selasa (16/3/2021). 

"Memang beberapa negara 10 atau 11 negara menunda bukan kemudian membatalkan pemberian AstraZeneca ini di negaranya. Menunda sementara sampai mendapatkan info yang jelas baik BPOM, kalau di Eropa, ada BPOM Eropa atau juga dari Badan kesehatan dunia yaitu WHO," ujarnya.

Adapun Kementerian Kesehatan memilih untuk menunda distribusi vaksin tersebut karena prinsip kehati-hatian, mengikuti apa yang menjadi arahan dari BPOM. Dalam hal ini, lanjutnya, BPOM bersama ITAGI serta para ahli melihat kembali kriteria penerima vaksin yang tadi sudah dikeluarkan untuk produksi Sinovac atau Bio Farma akan sama kriteria dengan vaksin yang digunakan yaitu AstraZeneca.

"Menunggu proses ini sambil melakukan pengecekan secara fisik, quality control, apakah ada vial yang rusak, kemasan kondisi tidak baik. Sebelum didistribusikan ke fasyankes (fasilitas pelayanan kesehatan). Jadi betul-betul menjamin kualitas. Apakah ada perubahan warna dan lainnya," jelasnya.

Dia juga mengatakan, sesuai dengan apa yang disampaikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meminta negara-negara untuk tidak menunda sementara vaksinasi. Dia mencontohkan, PM Thailand yang menjadi orang pertama di vaksinasi setelah sempat mengatakan untuk menunda sementara.

"Banyak negara menunda sekarang sudah mulai vaksinasi. Ini artinya cukup aman walau ada kejadian tersebut menjadi kehati-hatian dalam penggunaan," pungkasnya.


https://www.cnbcindonesia.com/tech/2...razeneca-di-ri
0
571
3
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.