Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Pantau.comAvatar border
TS
Pantau.com
Anak Muda Jangan Hanya Andalkan Ceramah 'Ustaz YouTube'
Ilustrasi teroris. (Pantau.com/Fery Heryadi)


Pantau.com - Pengamat Timur Tengah Dr. Zuhairi Misrawi menyatakan jangan mengandalkan ceramah dari "Ustaz YouTube” dalam memerangi radikalisme. Menurut dia, kaum milenial harus belajar dari guru atau ustaz yang berkualitas dan memiliki pemahaman Islam secara utuh, yakni Islam yang rahmatan lil alamin.

"Perlu melibatkan para anak muda itu agar mereka dapat memahami agama Islam secara utuh,” ujar Zuhairi Misrawi dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (15/3/2021).

Baca juga: DPR: Gabung ke NU atau Muhammadiyah, Eks FPI Bisa Terhindar dari Kelompok Radikal

Ia menilai anak muda harus sering mendengarkan ceramah yang membangun dan menyejukkan, bukan ceramah-ceramah ekstrem tidak relevan untuk mereka. Anak-anak muda, menurut dia, harus diajak agar tidak memilih ustaz-ustaz yang radikal. Kalau harus menonton ceramah di YouTube, pilih ustaz-ustaz yang dakwahnya menyejukkan.

"Kita sebagai orang tua harus mampu mengingatkan anak-anak kita dan saudara kita. Harus dipahamkan jangan hanya menonton (ceramah) YouTube yang viewer-nya paling banyak karena kebenaran itu tidak selalu ditentukan dengan kuantitas, tetapi dari kualitas,” tutur Zuhairi.

Ia mengajak para milenial untuk bisa menyaring isu atau klaim yang sengaja disebarkan kelompok yang sengaja ingin merusak Islam dan Indonesia. Menurut dia, Indonesia presidennya beragama Islam, ormas paling banyak Islam, bahkan secara jumlah umat Islam adalah mayoritas sehingga tidak tepat jika dikatakan umat Islam di Indonesia ini dizalimi.

Baca juga: MUI: Radikalisme Itu Muncul saat Agama Ditekan dan Muncul Amarah

Menurut dia, cara berpikir seperti itu adalah cara berpikir yang salah. Dalam hal ini tugas generasi muda dan umat Islam adalah memberikan inspirasi, memberikan solusi bagi negeri ini dan dunia, bukan justru menampilkan wajah Islam yang radikal. "Harus berjuang bersama-sama biar umat Islam ini menjadi bagian dari solusi, bukan malah menjadi bagian dari masalah dari negeri ini," katanya.

Ia percaya bahwa kelompok-kelompok radikal ini akan terus mengecil karena sudah mulai ada ketegasan dari pemerintah, ada ketegasan dari masyarakat sendiri untuk memahami Islam yang rahmatan lil alamin.


Ikuti Kami:
https://www.instagram.com/pantaucom/
https://twitter.com/pantau_com

Sumber: https://www.pantau.com/topic/nasiona...ustaz-youtube
Diubah oleh Pantau.com 16-03-2021 04:24
lenktaywonk
lenktaywonk memberi reputasi
1
1.5K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.