Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ivoox.idAvatar border
TS
ivoox.id
Jatah Vaksin Covid-19 Mulai Bikin Ribut Internal Uni Eropa
Jatah Vaksin Covid-19 Mulai Bikin Ribut Internal Uni Eropa

Enam anggota Uni Eropa telah menyuarakan keprihatinan tentang bagaimana blok tersebut mendistribusikan vaksin Covid-19, setelah AstraZeneca sekali lagi memangkas target pengirimannya.

Austria, Latvia, Republik Ceko, Bulgaria, Kroasia dan Slovenia menulis surat kepada Komisi Eropa pada hari Sabtu,k mengeluhkan bahwa vaksin tidak diberikan secara proporsional di antara 27 negara anggota Uni Eropa.

"Jika sistem ini dijalankan, maka akan terus menciptakan dan memperburuk disparitas besar di antara negara-negara anggota pada musim panas ini," tulis para kepala negara dalam sebuah surat yang diperoleh CNBC.

Pada awalnya disepakati bahwa vaksin yang dibeli oleh UE akan dibagikan secara proporsional dengan ukuran populasi suatu negara. Tetapi beberapa negara memperkenalkan fleksibilitas ke dalam sistem sehingga mereka dapat memilih lebih banyak vaksin spesifik berdasarkan harga dan kondisi pemeliharaan.

Komisi Eropa menanggapi surat tersebut dengan mengatakan distribusi adalah "proses transparan" dan itu adalah keputusan negara anggota untuk memperkenalkan fleksibilitas ini.

"Di bawah sistem ini, jika sebuah negara anggota memutuskan untuk tidak mengambil alokasi pro rata, dosisnya didistribusikan kembali di antara Negara Anggota lain yang berkepentingan," kata komisi itu dalam sebuah pernyataan.

Menurut laporan media, Bulgaria, misalnya, memilih untuk menerima lebih sedikit suntikan Pfizer dan BioNTech, vaksin yang paling mahal, dan lebih banyak suntikan yang dikembangkan oleh AstraZeneca dan Universitas Oxford. Hasilnya, negara UE lainnya dapat membeli kelebihan vaksin Pfizer dan BioNTech.

Pemerintah Bulgaria tidak segera dapat dihubungi untuk dimintai komentar ketika dihubungi oleh CNBC pada hari Senin.

Bulgaria dan negara-negara penandatangan lainnya termasuk di antara negara-negara Uni Eropa dengan jumlah vaksin terendah yang diterima sejauh ini, menurut data dari Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa.

Mereka khawatir bahwa tanpa perubahan apa pun, beberapa negara UE "akan dapat mencapai kekebalan kawanan dalam beberapa minggu sementara yang lain akan tertinggal jauh," kata mereka dalam surat mereka.

Keluhan mereka menyusul berita bahwa AstraZeneca tidak akan memenuhi target pengirimannya dalam beberapa bulan mendatang. Perusahaan farmasi Swedia-Inggris mengkonfirmasi kepada CNBC pada hari Senin bahwa mereka akan mengirimkan 30 juta dosis ke UE pada akhir kuartal pertama dan 70 juta dosis lainnya selama kuartal kedua.

Angka-angka ini di bawah apa yang diharapkan akan diterima oleh blok itu.

"Mengapa mereka membuat ini sekarang, mengetahui bahwa Austria adalah anggota dewan pengarah, seperti 26 negara anggota lainnya, dan telah diberitahu tentang alokasi sebelumnya seperti yang lainnya," seorang pejabat Eropa, yang tidak mau disebutkan karena sensitivitas masalah tersebut, kata CNBC pada hari Minggu.

Komentar ini menunjukkan bahwa enam negara tersebut dapat menangani masalah ini secara internal, daripada menulis surat dan mempublikasikannya.

Pascal Donohoe, menteri keuangan Irlandia, mengatakan kepada CNBC pada hari Senin bahwa jika bukan karena tugas Komisi Eropa yang mengawasi distribusi vaksin, masalahnya "akan lebih besar."

Ini diharapkan akan dibahas pada KTT Eropa berikutnya, akhir bulan ini.



0
378
2
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.4KThread11.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.