others
Batal
link has been copied
181
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/604e95adeda9e739935df7f9/kupas-tuntas-seputar-ngupil-meskipun-nikmat-ini-bahayanya-jika-sering-dilakukan
Demen ngupil? Awas, jangan terlalu sering karena memiliki dampak buruk! Upil, adalah kotoran hidung yang berasal dari ingus kering atau mukulus koloid kering. Proses pembentukan upil yaitu disebabkan adanya membran mukosa pada rongga hidung yang secara terus menerus menghasilkan mukus basah, dan mukus basah tersebut berfungsi untuk melumuri rongga hidung serta memiliki peran untuk mencegah dan men
Lapor Hansip
15-03-2021 06:01

Kupas Tuntas Seputar Ngupil, Meskipun Nikmat Ini Bahayanya Jika Sering Dilakukan!

icon-verified-thread
Kupas Tuntas Seputar Ngupil, Meskipun Nikmat Ini Bahayanya Jika Sering Dilakukan!

Demen ngupil?
Awas, jangan terlalu sering karena memiliki dampak buruk!


Upil, adalah kotoran hidung yang berasal dari ingus kering atau mukulus koloid kering. Proses pembentukan upil yaitu disebabkan adanya membran mukosa pada rongga hidung yang secara terus menerus menghasilkan mukus basah, dan mukus basah tersebut berfungsi untuk melumuri rongga hidung serta memiliki peran untuk mencegah dan menyingkirkan debu atau patogen yang terbawa oleh udara saat proses pernapasan.
Mukus yang menjadi upil sendiri adalah mukus basah yang terjebak di dalam rongga hidung dan tidak berhasil terbawa oleh Silia ke faring, mukus basah tersebut mengering dan terbentuklah upil.

Proses pembersihan upil dari rongga hidung menggunakan tangan atau cotton bud disebut dengan mengupil.
Agan dan Sista pasti sudah paham, apa itu mengupil, bagaimana caranya dan seperti apa kenikmatan dari mengupil!

Tapi apakah Agan dan Sista tahu, bahwa keseringan membersihkan rongga hidung atau mengupil itu berbahaya?
Setelah ane cari tahu dari beberapa sumber, ternyata di balik manfaat membersihkan rongga hidung ada bahaya yang mengancam jika terlalu sering dilakukan!
Apakah bahayanya?
Monggo simak di bawah ini!


Quote:
Kupas Tuntas Seputar Ngupil, Meskipun Nikmat Ini Bahayanya Jika Sering Dilakukan!


Bahaya terlalu sering ngupil:

1. Perforasi Septum
Ngupil terlalu dalam, mengakibatkan luka pada dinding pembatas antara lubang hidung kanan dan kiri.
Jika terlalu sering dan sampai pada disebabkannya luka yang parah, proses penyembuhan luka perforasi septum ini tidak dapat disembuhkan secara alami, melainkan harus disembuhkan melalui proses operasi.

2. Infeksi Lubang Hidung
Seseorang yang memiliki kebiasaan ngupil biasanya tidak memperhatikan apakah tangan mereka bersih atau tidak.
Kadang karena terlalu nyaman, mereka tidak sadar bahwa tangan yang digunakan untuk mengupil membawa bakteri yang dapat mengakibatkan infeksi.
Infeksi lubang hidung ini juga cukup berbahaya GanSis, karena membuat orang yang mengalaminya merasakan sakit pada lubang hidung saat bernafas, dan harus segera diobati dengan mendatangi dokter THT.

3. Hidung Berdarah
Kejadian hidung berdarah karena mengupil ini biasanya terjadi saat seseorang terlalu antusias mengorek lubang hidung terlalu dalam untuk mengeluarkan kotoran yang nyempil di rongga hidung.
Rongga hidung yang memiliki kulit yang sensitif tidak dapat menerima tekanan atau korekan terlalu keras, karena akan mengakibatkan lecet dan mengeluarkan darah!

4. Jerawat Pada Lubang Hidung
Siapa bilang jerawat hanya tumbuh pada wajah?
Jika Agan dan Sista pernah mengalami, pasti pernah merasakan betapa sakitnya jerawat yang tumbuh di dalam rongga hidung.
Ternyata munculnya jerawat pada rongga dalam hidung disebabkan oleh bakteri staphylococcus aureus yang terbawa oleh jari tangan saat mengupil loh GanSis.

5. Radang Otak
Pada lubang hidung, terdapat tulang rawan yang sangat mudah terinfeksi oleh virus yang terbawa oleh jari tangan.
Infeksi rongga hidung ini juga akan berdampak pada gangguan otak, dimana bakteri dan kuman menyerang otak melalui lubang hidung, sehingga menyebabkan radang otak.


Quote:
Kupas Tuntas Seputar Ngupil, Meskipun Nikmat Ini Bahayanya Jika Sering Dilakukan!


Wah, ternyata aktifitas mengupil yang menyenangkan untuk dilakukan di waktu-waktu luang ini mempunyai dampak buruk dan berbahaya bagi mereka yang terlalu sering melakukannya ya GanSis.
Bahkan dampak paling ekstrem dari terlalu sering mengupil itu bisa berakibat pada radang otak yang berujung kematian!

Mungkin Agan dan Sista yang selama ini belum tahu akan dampak bahaya dari terlalu sering mengupil, mulai sekarang bisa sedikit mengurangi kebiasaan mengupil ya.

Pasti GanSis tidak mau kan mati dengan alasan mengupil?
Silakan bersihkan hidung Agan dan Sista sewajarnya dan tidak terlalu bernafsu saat tidak menemukan upil sampai harus mengorek dalam-dalam lubang hidung.

Oke, semoga thread kali ini bermanfaat dan menambah informasi bagi kita semua.

Terima kasih telah singgah, dan sampai jumpa di thread ane yang lain!


Quote:
Kupas Tuntas Seputar Ngupil, Meskipun Nikmat Ini Bahayanya Jika Sering Dilakukan!


Penulis: @masnukho©2021
Narasi: Ulasan pribadi
Referensi: Klik dan Klik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
uni214 dan 33 lainnya memberi reputasi
32
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 4
Kupas Tuntas Seputar Ngupil, Meskipun Nikmat Ini Bahayanya Jika Sering Dilakukan!
15-03-2021 11:03
Seandainya dengan ngupil dapat memancungkan hidung, ane mau
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Kupas Tuntas Seputar Ngupil, Meskipun Nikmat Ini Bahayanya Jika Sering Dilakukan!
15-03-2021 11:04
Diserot pakek sedotan, Gan.😆
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Kupas Tuntas Seputar Ngupil, Meskipun Nikmat Ini Bahayanya Jika Sering Dilakukan!
15-03-2021 11:04
Misi lagi ngeronda nih
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Kupas Tuntas Seputar Ngupil, Meskipun Nikmat Ini Bahayanya Jika Sering Dilakukan!
15-03-2021 11:05
Quote:Original Posted By qoni77
Diserot pakek sedotan, Gan.😆

emoticon-Ngakak buset, terniat
Siapa yang nau nyerot

Quote:Original Posted By lintangayudy
Misi lagi ngeronda nih

emoticon-Matabelo wow, kedatangan Mbak Lintang Open BO emoticon-Ngakak
profile-picture
lintangayudy memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Kupas Tuntas Seputar Ngupil, Meskipun Nikmat Ini Bahayanya Jika Sering Dilakukan!
15-03-2021 11:08
Biar mancung bisa gak sihemoticon-Smilie
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kupas Tuntas Seputar Ngupil, Meskipun Nikmat Ini Bahayanya Jika Sering Dilakukan!
15-03-2021 11:21
abis korek upilll, biar lebih greget korek meqqiiiiemoticon-Wakaka emoticon-Wow
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kupas Tuntas Seputar Ngupil, Meskipun Nikmat Ini Bahayanya Jika Sering Dilakukan!
15-03-2021 11:31
Emang mancing upil bisa jadi mood booster. Apalagi kalau dapet yang gedhe. Senengnya.
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Kupas Tuntas Seputar Ngupil, Meskipun Nikmat Ini Bahayanya Jika Sering Dilakukan!
15-03-2021 11:41
oke nice info gan.. terlebih lagi sekarang lagi ada pandemi gini gan jadi sebelum tangan bersih jangan sekali-sekali memasukkan jari ke lubang hidung takut ada virus corona juga kan emoticon-Takut (S)
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kupas Tuntas Seputar Ngupil, Meskipun Nikmat Ini Bahayanya Jika Sering Dilakukan!
15-03-2021 11:50
sering ngupil bisa bikin crot berkali2
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kupas Tuntas Seputar Ngupil, Meskipun Nikmat Ini Bahayanya Jika Sering Dilakukan!
15-03-2021 12:03
upil kalo dibiarkan basah / terendam dalam air, akan berubah kembali menjadi ingus...
itu saja kesimpulan dari pengamatan ane...
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Kupas Tuntas Seputar Ngupil, Meskipun Nikmat Ini Bahayanya Jika Sering Dilakukan!
15-03-2021 12:42
jgn lupa " nambang " duluu sodara2 :goyang
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Kupas Tuntas Seputar Ngupil, Meskipun Nikmat Ini Bahayanya Jika Sering Dilakukan!
15-03-2021 12:46
Ane kalo ngupil harus pake alas, minimal tisu/kain. Soalnya dulu ngupil tahu-tahu berdarah, keseringan jadi mimisan
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Kupas Tuntas Seputar Ngupil, Meskipun Nikmat Ini Bahayanya Jika Sering Dilakukan!
15-03-2021 12:52
Quote:Original Posted By weiliang
upil kalo dibiarkan basah / terendam dalam air, akan berubah kembali menjadi ingus...
itu saja kesimpulan dari pengamatan ane...

emoticon-Matabelo terus cara ngerendem upil gimana gan?

Quote:Original Posted By Harlequinz
jgn lupa " nambang " duluu sodara2 emoticon-Goyang

emoticon-Ngakak nambang upil

Quote:Original Posted By akunflo
Ane kalo ngupil harus pake alas, minimal tisu/kain. Soalnya dulu ngupil tahu-tahu berdarah, keseringan jadi mimisan

emoticon-Matabelo walah, sampai mimisan Sis?
0 0
0
Kupas Tuntas Seputar Ngupil, Meskipun Nikmat Ini Bahayanya Jika Sering Dilakukan!
15-03-2021 13:10
Bangke, nomer 1 ampe 4 udah gak kuatir soalnya emang pelan kalo ngupil walau sering. Tp nomer 5 kok jd kuatir emoticon-Hammer (S)

Asli dah, ane selalu ngupil di setiap sela kesibukan emoticon-Leh Uga
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kupas Tuntas Seputar Ngupil, Meskipun Nikmat Ini Bahayanya Jika Sering Dilakukan!
15-03-2021 14:44
Berarti yang jerawatan di dalam hidung itu sering ngupil yo, Mas?
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Kupas Tuntas Seputar Ngupil, Meskipun Nikmat Ini Bahayanya Jika Sering Dilakukan!
15-03-2021 14:47
Dr. Scott Napper dari the University of Saskatchewan di Kanada. Profesor biokimia ini menganjurkan Anda untuk memakan kotoran hidung Anda sendiri setiap kali Anda mengupil.

“Dari perspektif evolusioner, manusia berevolusi melalui kondisi yang kotor dan mungkin hidup dalam lingkungan yang steril, tidak memberikan kita keuntungan,” kata Napper
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Kupas Tuntas Seputar Ngupil, Meskipun Nikmat Ini Bahayanya Jika Sering Dilakukan!
15-03-2021 14:54
Quote:Original Posted By istijabah
Berarti yang jerawatan di dalam hidung itu sering ngupil yo, Mas?

Alasan utamanya sih karena bakteribak, dan bisa dibawa jaribtangan waktu ngupil

Quote:Original Posted By gembelngehe
Dr. Scott Napper dari the University of Saskatchewan di Kanada. Profesor biokimia ini menganjurkan Anda untuk memakan kotoran hidung Anda sendiri setiap kali Anda mengupil.

“Dari perspektif evolusioner, manusia berevolusi melalui kondisi yang kotor dan mungkin hidup dalam lingkungan yang steril, tidak memberikan kita keuntungan,” kata Napper

emoticon-Matabelo nah, berat ini
Kemarin ane baca malah bahaya bang kalau dimakan
profile-picture
istijabah memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Kupas Tuntas Seputar Ngupil, Meskipun Nikmat Ini Bahayanya Jika Sering Dilakukan!
15-03-2021 17:09
adoh, dari judulnya kok ane banget ya 🤣
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Kupas Tuntas Seputar Ngupil, Meskipun Nikmat Ini Bahayanya Jika Sering Dilakukan!
15-03-2021 17:13
Pas kecil ane diomelin kalau ngupil mulu, "Dek! Entar lubang idungnya jadi gede loh!"

emoticon-Cape deeehh
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Kupas Tuntas Seputar Ngupil, Meskipun Nikmat Ini Bahayanya Jika Sering Dilakukan!
15-03-2021 17:17
Quote:Original Posted By mbak.far
adoh, dari judulnya kok ane banget ya 🤣

emoticon-Ngakak hobi ngupil

Quote:Original Posted By alfiaunsah
Pas kecil ane diomelin kalau ngupil mulu, "Dek! Entar lubang idungnya jadi gede loh!"

emoticon-Cape deeehh

emoticon-Ngakak ternyata bener kan kalau keseringan
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 3 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia