• Beranda
  • ...
  • Tanaman
  • Mengenal Musa Ingens Pisang Raksasa dari Papua, Begini Penampakannya!

dalledalmintoAvatar border
TS
dalledalminto
Mengenal Musa Ingens Pisang Raksasa dari Papua, Begini Penampakannya!




Assalamualaikum wr wb.
Hai, Gansist, apa kabarnya, nih? Semoga selalu dalam keadaan yang baik-baik dan tentunya bahagia selalu.

Adakah di antara Gansist se-Kaskuser Raya, yang nggak doyan dengan pisang? Aku rasa semua orang suka buah yang satu ini.

Pisang, buah sejuta umat, mudah ditemukan dan banyak mengandung vitamin C, banyak pula karbohidrat tentunya mampu sebagai pengganjal perut di saat lapar.

Buah pisang memang dengan sangat mudah ditemukan di pasar atau di toko-toko buah. Jenisnya pun sangat beragam, misalnya pisang Ambon, pisang raja, pisang kepok, pisang emas, dll. Ada pula pisang cavendis, pisang yang lagi hit untuk saat ini. Kalau Gansist, pisang favorit kamu, apa, hayo!?

bentuk musa ingens

Cara budidaya pohon pisang pun sangat mudah. Hampir di seluruh tetanggaku mempunyai pohon pisang Gansist. Pohon pisang yang sering ditemui di desa aku, biasanya jenis pisang uter atau pisang raja Bandung, pisang kepok, pisang Ambon, dll.

Selain diambil buahnya, daun pisang juga banyak kegunaan lho Gansist. Dari daun pohon pisang kita dapat membuat berbagai wadah. Ada sudi, takir, cekentong, kenong, tim, dll.

sumber

Membicarakan pohon pisang, hampir semua wilayah di Indonesia tumbuh dan subur pohon ini. Misal pisang Ambon, mungkin pisang ini berasal dari Ambon kali, ya, Gansist?

Ternyata ada pisang terbesar di dunia yang berada di Indonesia. Gansist penasaran? Ya, pisang terbesar di dunia bernama Musa Ingens.

Musa Ingens ini ditemukan di tanah Papua, Pegunungan Arfak oleh Jeff Daniels pada tahun 1989. Tanaman ini merupakan tanaman endemik dari tanah Papua.



Adapun ukuran pohon pisang ini tingginya bisamencapai 25 m. Daunnya mencapai lebar 1 meter, serta setiap tangkai daun sekitar 5 meter.

Pisang raksasa tumbuh dengan baik pada ketinggian 1000-2000mdpl. Kalau berbuah satu tandannya bisa mencapai 60 Kg. Ada yang bilang buah pisang raksasa satunya bisa mencapai ukuran bayi.



Nah, itu tadi tentang Musa Ingens. Gansist penasaran dengan bentuk Musa Ingens ini? Yuk, Travelling ke Papua, dan bertemu dengan pisang raksasa ini.

Sekian thread dari ane, semoga bermanfaat untuk Gansist se-Kaskus Raya. Bila ada yang pernah ketemu dengan Musa Ingens ini, silakan dituangkan dalam komentar testimoninya.

Sampai ketemu pada thread ane, selanjutnya. Wassalam.

Sumber referensi: klik klik
Sumber ilustrasi: google images

minhakim20
lubangkaca
richardus96
richardus96 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
4.5K
54
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Tanaman
TanamanKASKUS Official
3.9KThread2.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.