• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Ishikawa Goemon, Kisah Robin Hoodnya Jepang yang dihukum Mati Direbus Di Kuali

dellesology
TS
dellesology
Ishikawa Goemon, Kisah Robin Hoodnya Jepang yang dihukum Mati Direbus Di Kuali

Hello GanSis selama Hari Senin....
Kembali lagi bersama kreator disini

Kali ini kreator mau membawakan cerita di zaman dulu tepatnya di negara Jepang dan hal ini menjadi sejarah bagi masyarakat Jepang pada umumnya. Kalau GanSis pecinta manga Jepang dan tahu mengenai manga One Piece dan kenal dengan Kozuki Oden yang di hukum mati di kuali mungkin pembuat manga ini terinspirasi dari kisah yang akan kreator ulas hari ini.



Ishikawa Goemon, nama ini sih asing ya GanSis namun kalau GanSis yang suka sejarah dan literatur Jepang mungkin tidak asing dengan nama ini. Ishikawa Goemon dikenal juga sebagai Robin Hoodnya Jepang dan dianggap sebagai pahlawan di Jepang. Ishikawa Goemon hidup pada abad ke-16 di masa pemerintahan Shogun Ashikaga, di dalam beberapa literatur yang ada GanSis, Ishikawa Goemon merupakan putra seorang samurai yang berasal dari Kouchi (sekarang Prefektur Osaka). Sedangkan di cerita versi lain, Ishikawa Goemon dikatakan berasal dari Provinsi Iga, wilayah yang terkenal dengan ninjanya. Akan tetapi, terdapat versi lain yang mengatakan bahwa Goemon ini adalah merupakan anak seorang samurai yang bernama Ishikawa Akashi.

Awalnya Ishikawa Goemon ini seorang ninja GanSis namun berhenti ketika sang ayah dibunuh oleh Keshogunan Ashihakaga dan kemudian Ishikawa mulai menjadi pencuri akibat kematian dari ayahnya. Si Ishikawa ini juga merupakan murid dari Momochi salah seorang pendiri sekolah Ninjutsu Iga, dan tidak dipungkiri lagi bahwa Ishikawa merupakan seorang samurai dan ninja yang terampil. Namun GanSis walaupun awalnya Goemon seorang ninja yang terampil namun Ishikawa ini memiliki sifat buruk yakni bersikap sesuka hatinya dan hal yang paling fatal dari sifatnya yakni berselingkuh dengan istri majikannya ada beberapa versi juga dari cerita perselingkuhan Ishikawa Goemon dengan istri majikannya ini ada yang bilang sang istri majikannya ikut dengannya dan pergi dari Iga di satu sisi ada yang mengatakan bahwa istri majikannya ini dibunuh karena sebagai salah satu penghalang Ishikawa Goemon untuk melarikan diri, terlepas dari mana yang benar tetap ya sifat buruknya ini tidak bisa dibenarkan.



Ishikawa Goemon pertama kali menjadi pencuri di daerah Kyoto bersama dengan beberapa orang rekannya dan gerakan Ishikawa Goemon ini terorganisir loh GanSis. Jadi Ishikawa dan rekannya biasanya mencuri harta milik Daimyo yang kaya, nah GanSis Daimyo itu kalo bisa dibilang orang terpandang saat itu kalo di Indonesia mungkin sekelas lurah atau pejabat daerah regional gitu yang memiliki pengaruh kuat di daerah tersebut GanSis. Jadi Goemon mencuri pada malam hari sedangkan pada siang hari Goemon dan rekan-rekannya menyamar sebagai pedagang untuk menentukan target siapa yang akan mereka curi pada malam harinya.

Sebelum dihukum mati ada dua versi yang menjelaskan kematian dari Ishikawa Goemon, versi yang pertama menjelaskan bahwa Goemon ditangkap ketika rekannya ditangkap dan disiksa, nah dalam penyiksaan tersebut rekannya menyebut nama Goemon dan akhirnya Goemon tertangkap. Sedangkan versi kedua Goemon ditangkap saat akan mencuri dikediaman Toyotomi Hideyoshi salah satu orang terkuat di Jepang pada masanya. Dalam beberapa cerita juga Hideyoshi mempunyai dupa ajaib yang bisa membunyikan alarm jika ada pencuri yang akan masuk ke dalam rumahnya mungkin ini alarm canggih pada zaman itu kali ya GanSis.



Di akhir kisahnya kematian Goemon ini sangat tragis GanSis selain dirinya seluruh keluarganya juga dihukum mati dengan cara yang sama di rebus di kuali besar yang berisi minyak panas. Eksekusi Goemon ini juga diperlihatkan secara umum di gerbang Kuli Najenzi di Kyoto. Goemon di eksekusi juga bersama anaknya yang masih kecil di satu kuali yang sama. Walaupun dihukum bersalah hingga dihukum mati Goemon tetap dikenal sebagai pahlawan dizaman Edo, pasalnya hasil rampasan curiannya dia bagikan lagi ke rakyat kecil makanya dia disebut Robin Hoodnya Jepang, Beda cerita GanSis kalau di Indonesia pencuri untuk memperkaya diri dan keluarganya sampai Bantuan Sosial untuk rakyatpun di korupsi, sepertinya cocok ya GanSis hukuman ala Goemon ini dihukum untuk para koruptor di neger +62 ini.

Nah GanSis itu dia sejarah singkat Robin Hoodnya Jepang dan menjadi salah satu inspirasi cerita dari serial manga jepang One Piece. Apapun alasannya mencuri bukan haknya itu tetap salah ya GanSis walaupun hasil curiannya dia berikan kepada orang yang membutuhkan.

Terimakasih buat GanSis yang udah nyimak thread kreator semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita khususnya kreator

Terimakasih sampai jumpa di thread kreator berikutnya.....

emoticon-Haiemoticon-Haiemoticon-Haiemoticon-Haiemoticon-Hai

Quote:


kimha420littleforest25yugeel
yugeel dan 37 lainnya memberi reputasi
38
14.3K
123
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Yuk bergabung agar dapat lebih banyak informasi yang dibagikan di Komunitas The Lounge
The Lounge
The Lounge
icon
922KThread80.1KAnggota
Terlama
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.