Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
5 Rekomendasi Pakan Untuk Cupang Hias Kesayangan Agan dan Sista
Untuk mengisi kegiatan di tengah pandemi, selain menulis di Kaskus, ane juga mulai memelihara ikan cupang di rumah gan sist. Bicara soal cupang, bagi agan sista yang tumbuh remaja di era 90 sampai awal 2000-an pasti tidak asing dengan ikan satu ini. TS sendiri mengenal cupang saat SD gan sist, yang ane tahu dulu itu cupang adalah ikan aduan emoticon-Hammer (S)

Ane mengenal cupang dari kakak, mulai lah dari sana membeli ikan cupang dengan warna dominan hitam dengan warna biru atau merah pada siripnya. Ikan ini yang disebut sebagai cupang aduan, harganya murah gan sist waktu itu. Ada di kisaran harga 5 ribuan kalau ane tidak salah ingat.

Ane baru kenal cupang hias juga belum lama gan sist, karena ane suka dengan keindahan, maka ane pun mulai tertarik memelihara cupang yang punya banyak varian warna. Merawat ikan cupang juga gak ribet gan sist, ane gak perlu akuarium atau aerator seperti ikan hias pada umumnya. Cukup pakai toples dan air secukupnya saja, ikan cupang tetap bisa bertahan hidup.

Selain itu untuk urusan pakan, ikan cupang juga tidak terlalu manja. Dikasih pelet pun tetap dimakan gan sist, selain pelet ada rekomendasi pakan lain untuk ikan cupang kesayangan kita. Pada kesempatan kali ini ane akan membahas berbagai jenis pakan yang digunakan untuk ikan cupang. Beberapa sudah ada yang ane pakai, dan sebagian lagi ada yang belum pernah ane pakai. Ane mulai dari jenis pelet dulu gan sist.


1. NRD



Foto: Dokumentasi Pribadi


Dari jenis pakan yang sudah lazim dipakai untuk berbagai jenis ikan hias gan sist, pakan tersebut adalah pelet. Ada beragam jenis pelet yang dijual di pasaran, akan tetapi bagi yang baru memelihara ikan cupang hias seperti ane, pelet ini sangat direkomendasikan oleh TS.

Yang menarik dari pelet NRD adalah kandungan protein yang cukup tinggi yakni mencapai 55%, bentuk peletnya tidak bulat seperti pelet pada umumnya gan sist. Namun, bentuknya sudah berupa serpihan. Tentu hal ini memudahkan cupang untuk memakannya. Untuk harga cukup murah gan sist, tergantung kemasannya. Untuk kemasan 40 gram dihargai Rp 15 ribu. Untuk kemasan diatas 40 gram biasanya dihargai Rp 20 sampai Rp 30 ribu gan sist. Bisa dibeli secara online maupun offline.




Dokumentasi Pribadi.




Untuk pemberian pelet secukupnya saja gan sist, agar ikan tidak mengalami kembung, jika pemberian pelet terlalu banyak mengakibatkan ikan jadi malas bergerak. Kebetulan ane pernah mengalami hal tersebut emoticon-Hammer (S)Bagi ane yang punya ikan tidak dalam jumlah besar, pakan ini tergolong awet gan sist.

Pelet ini juga tersedia dalam berbagai ukuran, untuk cupang dewasa biasanya ukuran peletnya adalah 500-800 mikron. Sementara cupang yang sedang dalam masa pertumbuhan, kisaran umur 1 bulan ke atas biasanya menggunakan ukuran 300-500 mikron. Untuk burayak cupang ukuran peletnya adalah 200-300 mikron.



2. MeM Prime



Foto: Ariska Jaya Aquarium/Shopee



Pelet ini untuk harga serta variannya sama dengan NRD gan sist, perbedaannya pada warna, MeM Prime lebih cenderung gelap, sedangkan pada NRD warnanya cerah. Bisa dibeli secara online maupun offline gan sist, untuk kandungan proteinnya hanya selisih sedikit saja dengan NRD. MeM Prime punya kandungan protein mencapai 60%.

Di tempat TS cukup sulit mencari pelet satu ini, kebanyakan yang beredar adalah pelet NRD. Untuk bentuknya TS kira hampir sama dengan NRD, berupa serpihan juga, sehingga sangat pas untuk ukuran mulut ikan cupang. Ukuran peletnya sama dengan NRD, tersedia ukuran 300-800 mikron untuk kebutuhan burayak sampai cupang dewasa. Sebenarnya ada pelet lain untuk pakan cupang, tapi bagi ane dua pelet ini termasuk pilihan utama. Bisa memakai NRD atau MeM Prime. Selain ukurannya pas, pelet ini juga tidak terlalu membuat keruh air di toples/soliter cupang.



3. Cacing Beku



Ilustrasi: tribunnews.com


Pakan ini adalah salah satu pakan terbaik untuk ikan cupang gan sist, karena kandungan proteinnya lebih tinggi dari kedua pelet diatas. Jika dilihat dari kemasannya mirip seperti coklat, namun jangan salah sangka, isi dalam kemasan tersebut adalah cacing. Harganya juga bervariasi gan sist, mulai dari Rp 10 ribu sampai Rp 70 ribu tergantung kemasannya.

Agar lebih awet dan tidak cepat busuk, bagi agan dan sista yang ingin menggunakan cacing beku harus menaruhnya dalam kulkas. Usahakan harus terpisah dari bahan makanan ya gan sist penempatannya, kalau perlu ditaruh dikemasan khusus serta diberi label tulisan. Karena kemasannya yang mirip coklat, bagi yang punya momongan, pakan satu ini bisa dikira coklat oleh anak-anak emoticon-Big GrinTS belum pernah memakai pakan ini, karena di offline jarang yang menjual, biasanya pakan ini lebih banyak dijual secara online.


4. Cacing Sutra (Casut)



Ilustrasi: paktanidigital.com


Pakan ini termasuk pakan hidup gan sist, harganya juga cukup murah dan mudah menemui penjual cacing sutra (casut) tersebut. Biasanya ane sering memberi pakan ikan cupang hias dengan cacing ini. Ukurannya termasuk kecil sehingga pas di mulut ikan cupang, dijamin cupang kesayangan akan doyan dengan pakan ini emoticon-Big Grin

Untuk harganya mulai Rp 10 ribu sampai Rp 15 ribu per plastik, cukup murah bukan ? Agar bisa bertahan hidup lebih lama, untuk cacing sutra yang sudah dibeli biasanya diberi suplai oksigen dari aerator. Tanpa aerator, casut dapat hidup antara 4-5 hari gan sist. Jika jumlah ikan cupangnya banyak, tempo 5 hari mungkin pakan bisa habis. Tapi jika jumlah ikannya sedikit dalam waktu 5 hari mungkin casut masih sisa banyak.

Memang di habitat aslinya casut mendapat suplai oksigen dari aliran air sungai maupun pergerakan mereka saat di lumpur. Pakan ini mungkin terlihat ribet bagi mereka yang baru bermain ikan cupang hias karena harus memakai aerator, ane juga berpikir demikian pada awalnya. Namun, kandungan proteinnya juga sama tingginya dengan cacing beku. Casut biasanya digunakan untuk mengejar size (ukuran) agar terlihat lebih besar pada ikan cupang yang berusia remaja gan sist.



5. Kutu Air (Kutir]



Ilustrasi: ilmubudidaya.com


Kutu air atau biasa disebut kutir merupakan pakan hidup yang ane rekomendasikan untuk ikan cupang hias. Bukan kutu air yang ada di kaki ya gan sist, kutu air ini habitatnya ada di alam gan sist. Kita bisa menemuinya di sawah, selokan, waduk atau empang. Harganya juga cukup murah gan sist, kisaran Rp 10 ribu per plastik. Ada yang bilang kutir ini juga bisa membantu proses mutasi warna pada beberapa jenis ikan cupang seperti koi, blue rim atau nemo.

Kutir sendiri juga cukup mudah dijumpai gan sist seperti yang ane tulis di atas. Selain dijual oleh para pembudidaya, kutir juga bisa kita cari di selokan depan rumah atau empang terdekat. Jika diambil dari empang atau selokan, kutir harus dibersihkan dulu gan sist agar bebas dari kuman atau kotoran. Berhubung curah hujan sedang tinggi dan selokan atau empang banyak yang banjir, maka akan sedikit sulit untuk mencari kutir di habitat aslinya saat ini emoticon-Ngakak (S)

Perlu diketahui gan sist masa hidup kutir ini tidak terlalu lama, hanya sekitar 7 hari. Meski tidak membutuhkan aerator seperti casut, namun umurnya tergolong pendek. Biasanya setelah 2 atau 3 hari setalah dibeli, maka akan banyak kutu air yang mati bila tidak segera diberikan ke ikan cupang. Biasanya kutir yang banyak dijual adalah kutir moina yang punya umur pendek. Kita tidak tahu kutir umur berapa yang dijual, bahkan penjualnya sendiri terkadang lupa umur kutirnya. Bisa jadi sehari setelah dibeli, kutir akan mati seluruhnya, karena memang usianya sudah lebih dari 3 hari.




Kutir jenis Moina.

Foto: instagram athenabettafish_ind





Daphnia Magna (kutu air raksasa)

Foto: cupangindonesia.wordpress.com



Kutir sendiri terbagi dua jenis gan sist yaitu moina dan daphnia magna. Moina berukuran kecil dan memiliki warna merah kecoklatan seperti foto yang TS lampirkan di atas. Sementara daphnia magna punya ukuran yang lebih besar atau biasa disebut sebagai kutu air raksasa. Daphnia punya umur yang lebih panjang dari moina gan sist, bisa bertahan sampai 34 hari.

Untuk harga kurang lebih sama, ada di angka 10 ribu gan sist per plastik. Manfaat pakan hidup seperti kutir adalah menajamkan insting ikan cupang. Karena aslinya mereka adalah ikan predator yang terbiasa mencari pakan di alam, sementara jika kita pelihara ikan hanya menunggu pemberian pakan. Selain itu karena kutir selalu bergerak dan jumlahnya cukup banyak, hal tersebut juga akan melatih cupang untuk lebih aktif bergerak. Ini menurut pengalaman TS gan sist.




Salah satu cupang milik TS.

Dokumentasi Pribadi.



Itu dia beberapa pakan untuk ikan cupang hias yang bisa jadi referensi untuk agan dan sista yang baru mulai memelihara cupang seperti TS. Variasi pakan ini tentu akan membuat cupang tidak bosan serta stres gan sist. Sama seperti manusia, cupang juga perlu variasi makanan. Terutama dari pakan hidup, untuk menajamkan insting mereka yang kodratnya terlahir sebagai ikan predator.

Demikian sedikit ulasan tentang pakan untuk jenis cupang hias berdasar pengalaman pribadi ane selama ini, semoga pembahasan kali ini bisa menambaha wawasan baru untuk kita semua. Terimakasih sudah membaca dari awal sampai akhir. Sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya, keep ngaskus ya emoticon-Angkat Beer



Sumber Tulisan: Pengalaman Pribadi
Ilustrasi: google image dan dokumentasi probadi


zeuskraetos
dhinyzfrn
ceuhetty
ceuhetty dan 5 lainnya memberi reputasi
6
2.3K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Freshwater Fish
Freshwater FishKASKUS Official
1.7KThread1.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.