industry.co.idAvatar border
TS
industry.co.id
Teka-teki Soal Tesla, Menko Luhut: Kita Bukan Negara Jelek, Mereka Masih Ngejar Kita


INDUSTRY.co.id - Jakarta - Tesla dinilai masih tertarik berinvestasi di Indonesia, meski hingga kini keputusan produsen mobil listrik asal Amerika Serikat (AS) tersebut masih menjadi teka-teki besar.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memastikan, proses komunikasi antara pemerintah Indonesia dan Tesla masih terus berlanjut. Apalagi, Indonesia masih memiliki non-disclosure agreement (NDA) dengan Tesla.

"Jadi kita bukan negara jelek. Tadi malam, kemarin, beberapa waktu lalu, Tesla ngejar kita, kita diskusi lah. Semua proses itu jalan, itu aja lah saya bilang. Karena kami sudah tanda tangan NDA soalnya," ujar Menko Luhut di Jakarta (9/3/2021).

Dijelaskan Luhut, pemerintah tidak akan meminta-minta investor mana pun berinvestasi di Indonesia. Menurutnya, setiap keputusan investasi pemodal, didasarkan pada kerangka kerja sama yang saling membutuhkan serta menguntungkan.

"Mereka lihat kita itu pasang harga, saya nih jangan pikir begging-begging (memohon-mohon), 'hey you need us' (Hey, Anda butuh kami). Mereka juga butuh kita, kita butuh dia, maka semua harus berimbang, makanya kita jangan tempatkan posisi yang minta-minta," tegasnya.

Menko Luhut sebelumnya juga menegaskan, pemerintah tak pernah mengeluarkan sedikit pun pernyataan Tesla akan membangun pabrik mobil listrik di Indonesia. 

Menurut Luhut, perusahaan yang dikomandoi Elon Musk itu ingin berbisnis di sektor lain.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu, Tesla dikabarkan tengah mendekati tahap akhir untuk mencapai kesepakatan memproduksi mobil listrik di India. Jika kesepakatan ini selesai diteken, maka Tesla akan memiliki 3 basis produksi yakni di Amerika Serikat, China, dan India.

Produsen mobil listrik milik Elon Musk Tesla Inc. tampaknya semakin positif memilih India sebagai basis produksi keduanya di Asia.

Baca Berita Selengkapnya;
https://www.industry.co.id/read/8189...ih-ngejar-kita

Indahnafa7
viniest
zenzeiokta
zenzeiokta dan 19 lainnya memberi reputasi
18
8.9K
180
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.1KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.