Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Kreativv.comAvatar border
TS
Kreativv.com
5 Cara Menghilangkan Ngantuk Paling Ampuh di Tempat Kerja


Siapa sih yang gak pengen dapat waktu tidur sebentar pas lagi ngantuk di tempat kerja? Entah setelah waktu makan siang, sehabis rapat yang panjang, atau di sela-sela tugas yang sedang menumpuk. Tapi sepertinya akan cukup sulit untuk bisa mewujudkan mimpi ini bagi kebanyakan orang.
Kelelahan di tempat kerja merupakan suatu hal yang wajar, mau itu full-time atau part-time, shift malam atau shift pagi. Rasa lelah yang kamu rasakan memiliki resiko terhadap kualitas pekerjaan yang bisa menurun serta hilangnya gairah bekerja. Jika kamu kerap mengalami masalah tersebut, ada baiknya kamu simak cara menghilangkan ngantuk paling ampuh berikut ini. 
1. Jalan-jalan ringan sebelum kerja

Sumber: pexels.com



Kalau istilah keren yang banyak dikenal orang nih ‘nyari angin’. Ambilah waktu sejenak dan langkahkan kakimu untuk sekadar berjalan-jalan sebentar sebelum mulai kerja bisa jadi cara menghilangkan ngantuk paling ampuh. Khususnya selepas waktu makan siang. Perut yang baru saja kamu penuhi dengan ragam lauk pauk pastinya akan mengundang rasa kantuk datang. 


Di saat kamu kembali ke meja kerja dan mata mulai terasa berat, ini dia pertanda yang tepat untuk mulai melangkah. Gak perlu jauh-jauh, cukup jalan-jalan sambil mengelilingi area kantor selama beberapa menit. Berjalan kaki dapat membantu kembali terjaga karena jantung yang terpicu untuk memompa darah kaya oksigen ke seluruh bagian tubuh.


2. Power nap

Sumber: pexels.com


Jangan senyam-senyum dulu pas lihat cara menghilangkan ngantuk yang satu ini. Istirahat yang cukup memang jadi metode paling efektif untuk membuatmu terhindar dari kelelahan berlebihan. Tapi bukan berarti kamu bebas tidur semaumu. Power nap atau tidur siang singkat merupakan metode yang bisa membantu mengembalikan fokus dan energimu. 
Tidur siang ini bisa jadi cara yang tepat untuk mengembalikan produktivitas dalam bekerja. Tubuh akan terasa lebih rileks dalam waktu singkat, bisa sambil duduk atau lebih baik lagi kalau bisa berbaring. Jika memungkinkan, cobalah power nap dalam waktu ideal selama 15 – 20 menit agar seluruh manfaatnya bisa kamu dapatkan. 

Baca Juga :   Jangan Bimbang, Ini Dia Jurus Jitu untuk Mengatasi Quarter Life Crisis


3. Cerah bikin melek 

Sumber: pexels.com


Jika kamu bekerja di waktu pagi sampai sore hari, cara menghilangkan ngantuk berikut bisa jadi solusi yang tepat untukmu. Bila lokasi kerjamu berada pada area yang dapat dijangkau oleh cahaya matahari, biarkan benda-benda penghalau terbuka lebar. Bukalah jendela atau tirai penutup sehingga cahaya matahari bisa masuk. 

Sementara kalau kamu punya jadwal kerja di waktu malam hari atau di area yang cenderung gelap, pastikan agar lampu di sekitarmu selalu menyala. Cahaya terang, khususnya dari sinar matahari bisa membantumu untuk terjaga dan siap melanjutkan aktivitas pekerjaanmu. 

4. Ngemil sehat 

Sumber: pexels.com


Beragam bahan makanan dan minuman yang kamu konsumsi setiap hari turut berperan dalam mengatur kondisi tubuh, termasuk rasa kantuk dan lelah. Dua jenis panganan yang biasa dikonsumsi untuk melawan rasa kantuk saat bekerja adalah kafein dan makanan manis. Padahal, dua makanan ini bisa jadi bumerang untukmu loh. 

Kafein yang terkandung di dalam kopi dapat diibaratkan seperti pedang bermata dua. Loh kok bisa? Meskipun benar fungsinya bisa mengusir kantuk dan membuatmu melek, efek sampingnya justru menurunkan kualitas tidur. Sementara kandungan gula di makanan manis bisa membuat kamu cepat merasa lelah. 
Makanya, cara menghilangkan ngantuk yang paling tepat adalah dengan mengganti kebiasaan ngemil kamu. Pilihlah cemilan sehat yang penuh nutrisi untuk mengembalikan energimu selama kerja. Beberapa rekomendasinya adalah: 
Yoghurt dengan campuran kacang-kacangan
Wortel dalam potongan kecil dengan saus keju rendah lemak
Biskuit gandum dan selai kacang
Buah-buahan kaya vitamin seperti jambu, jeruk, kiwi, dan pepaya
Cokelat hitam bebas pemanis
Matcha (teh hijau)

Baca Juga :   Cara Membuat Lilin Aromaterapi yang Mudah dan Praktis


5. Hirup aroma penyegar 

Sumber: pexels.com


Cara menghilangkan ngantuk bukan cuma dari makanan dan bantuan cahaya saja, tapi juga dengan bantuan hidung. Yap, yang kami maksudkan adalah aroma penyegar yang bisa kamu dapatkan dari lilin atau essential oil yang dilarutkan dalam diffuserTutorial membuat lilin aromaterapi yang praktis bisa kamu intip di artikel kami sebelumnya. 

Dua alat ini bisa membantumu melawan rasa kantuk dengan bantuan bahan-bahan aromaterapi yang tepat. Pilihlah aroma yang kuat dan bisa membangkitkan semangat seperti jasminecitrus, atau peppermint. Trik lain yang bisa kamu coba adalah dengan menggosok sedikit essential oil di tangan dan kening. 


0
314
1
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Dunia Kerja & Profesi
Dunia Kerja & ProfesiKASKUS Official
37KThread8.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.