Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bukaninfobiasaAvatar border
TS
bukaninfobiasa
Perempuan Bisa Menjadi Agen Perdamaian Dalam Konflik Myanmar


Konflik kekerasan yang terjadi di Myanmar mengundang keprihatinan banyak negara. Indonesia meminta kedua belah pihak yang bertikai dapat berdialog untuk mencari solusi terbaik.

Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi, mengatakan bahwa Indonesia memang tidak mempunyai hak untuk mengintervensi konflik dalam negeri Myanmar, akan tetapi Retno berharap agar persoalan tersebut dapat segera diselesaikan.
Untuk mengetahui situasi konflik yang melibatkan militer dan sipil di negara itu, Menlu mengaku menggunakan jejaring negosiator dan mediator perempuan Asia Tenggara. Retno menambahkan bahwa sebagian besar kontaknya di Myanmar adalah perempuan.

"Kami berusaha melakukan komunikasi dengan semua pihak di lapangan agar kita dapat memperoleh gambaran yang lengkap mengenai kondisi di lapangan. Dan yang saya temukan ini yang menarik, sebagian besar kontak-kontak yang ada di lapangan itu adalah perempuan-perempuan dari berbagai macam bangsa," kata Retno dalam diskusi virtual bertajuk Perempuan dan Perdamaian Dunia 2021 (06/03).

Menlu menyebut Indonesia telah menginsiasi pembentukan jejaring negositor dan mediator perempuan di Asia Tenggara karena yakin perempuan bisa menjadi agen perdamaian dan toleransi.

"Termasuk pada saat kita membahas isu Myanmar ini, saya juga menggunakan jejaring mediator perempuan Asia Tenggara. Kenapa jejaring ini kita inisiasi? Karena saya yakin perempuan dapat menjadi agen perdamaian. Saya juga sangat mengharapkan pada perempuan ini juga menjadi agen toleransi," tambah Retno.

Dalam perayaan Hari Perempuan Internasional, Retno menegaskan bahwa perempuan bisa menjadi agen perdamaian dunia. Retno juga berharap dan memastikan untuk tidak ada lagi diskriminasi terhadap perempuan dalam hal pekerjaan, ekonomi, dan aksesbilitas.


[url=https://www.lamposS E N S O Rberita-konflik-myanmar-perempuan-bisa-jadi-agen-perdamaian.html]www.lampost.co[/url]
0
345
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.