• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Scania K410IB, Sasis Andalan Bus Premium Dan Bus Tingkat Asal Swedia

ulungrinjaniAvatar border
TS
ulungrinjani
Scania K410IB, Sasis Andalan Bus Premium Dan Bus Tingkat Asal Swedia
Hai Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore, dan malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas soal Scania K410IB nih, sasis tronton paling sering digunakan buat bus tingkat, serta bus premium.




Kalo melihat bus seperti diatas, apa bayangan Gansis soal merknya? Mercedes Benz, Volvo, MAN atau Scania? Nah, kali ini ane bakal bahas nih, sasis Scania K410IB yang menjadi sasis tronton terpopuler untuk bus premium.

Setelah sekian lama berkecimpung di Indonesia, akhirnya pabrikan asal Swedia ini meluncurkan sasis bus tronton pertama Scania di Indonesia, Scania K410IB dengan G.V.W 25 ton. Sasis ini menjadi andalan bus tingkat, sebab fitur yang banyak, suspensi yang nyaman, dan lain-lain.




Scania K410IB ini cukup mudah ditemukan Gansis, lihat saja, di Pulau Jawa sasis ini populasinya cukup banyak, begitu pula di lintas Banda Aceh-Medan yang memang dirajai oleh bus-bus premium dengan segala kenyamanan dan fitur yang "wah".

Spesifikasi dari Scania K410IB adalah:

- Mesin DC13 107 K01 6 silinder inline, berkapasitas 13.000cc, yang bertenaga 410hp dan bertorsi 2000nm.
- Sasis Space Frame 6x2, GVW 25 ton dengan 2 axle depan dan belakang yang bisa berbelok, memiliki power steering.
- Suspensi udara atau Air Suspension, bertipe wide suspension, dilengkapi stabilizer.
- Transmisi semi automatic Opticruise, 12 speed dengan retarder.
- Tangki solar 465 liter dengan pemisah air.



Scania K410IB pertama kali diboyong ke Indonesia oleh United Tractors pada tahun 2015. Saat itu, sasis ini merupakan pesanan dari PO Satria Muda dan langsung diaplikasikan ke body Jetbus 2+ SHD.

Sebagai sasis bermesin belakang dan bertipe spaceframe, tentu hampir semua body bisa dipasangkan ke sasis ini. Mulai dari body low entry seperti milik Transjakarta sampai body Double Decker seperti milik Sempati Star.

Sasis ini memiliki fitur teknologi yang sangat advanced, seperti transmisi semi automatic Opticruise, sistem yang drive-by-wire dengan memakai ECU seperti kompetitornya, sampai speedometer dan setirnya yang mungkin lebih lengkap dan mewah dibanding mobil-mobil kelas menengah sekarangemoticon-Ngakak (S).




Soal perawatan sih ane kurang tahu ya Gansis, tapi mestinya sih lebih sulit karena service center United Tractor belum se-merata Mercedes-Benz apalagi Hino. Plus, Scania menggunakan sistem elektrik, yang tentu perawatannya lebih mahal ketimbang sistem mekanik.

Oh iya, suspensi dari Scania K410IB ini menggunakan tipe wide air suspension Gansis, jadi sangat nyaman, serta stabil bahkan untuk bus double decker yang tingginya mencapai 4.2 meter sekalipun. Serta, suspensi dari K410IB ini bisa dinaik-turunkan Gansisemoticon-Big Grin.

Kapasitas tangki Scania K410IB ini tergolong sangat besar Gansis, mencapai 465 liter! Jadi, kalau konsumsi BBM dari Scania K410IB ini adalah 1:3 dengan kondisi jalan mulus dan lengang, maka sasis ini bisa menempuh jarak 1.395 kilometer tanpa harus mengisi solar di SPBU.






Harga sasis ini berkisar 1,75 milyar OTR, tentu dengan segala kelebihan dan fitur yang dimiliki sasis ini, rasanya pantas harganya mencapai 1,75 milyar rupiah.

Menyoal soal kode dari sasis ini, kodenya memiliki arti Gansis, "K" artinya mesin diletakkan dengan posisi memanjang di bagian belakang, "410" artinya sasis ini memiliki tenaga mencapai 410hp, "I" artinya jenis bus jarak dekat maupun jauh dengan kenyamanan standar, dan "B" artinya jenis sasis standar. Cukup rumit dibanding merk sebelah yang simple.

Ciri khas dari sasis ini adalah, yang paling mencolok adalah jenis axlenya yang menggunakan triple axle jadi ada 3 axle depan dan belakang, roda belakang yang bisa berbelok, setir dan speedometer khas Scania, dan lain-lain.



Gimana, minat naik bus dengan sasis ini atau bahkan membelinya? Komeng dibawah! Oh iya, ane sangat berterima kasih kalo Gansis mengoreksi informasi yang salah di trit ini!

Sumber: 12345


Pic: Terlampir
Narasi: Opini Pribadi
Original Written By: @ulungrinjani

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star

aripmaulana
Daniswara92
sutangragas
sutangragas dan 21 lainnya memberi reputasi
22
7.7K
97
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.