mpmedianewsAvatar border
TS
mpmedianews
DPR Bongkar Dana Haram Anies dari Saham Miras


MerahPutih.com - Ramai di masyarakat kalau DPR telah membongkar dana haram Gubernur Anies Baswedan dari saham minuman keras (miras). Hal itu diketahui dari kanal Youtube Pengawal Istana.

Video itu berjudul "DPR BONGKAR DANA HARAM ANIES ~ BERITA TERBARU HARI INI 4 MARET 2021 USAHA MIRAS DKI JAKARTA" pada 4 Maret 2021. Pada thumbnails-nya tertulis narasi mengenai korupsi miras DKI.

NARASI:

SUMBER DANA MIRAS ANIES!!!

~~TERBONGKAR!!

“KORUPSIMIRASDKI”

DPRRITINDAKTEGASPENGGUNAANUANGHARAMANIES”

FAKTA:

Berdasarkan hasil penelusuran, diketahui isi video itu tidak sesuai dengan judul dan narasi pada thumbnails. Sebab, isi video merupakan pembacaan dari sejumlah artikel dari beberapa media mengenai pernyataan sejumlah politikus dan pejabat terkait isu Pemprov DKI ingin menjual sahamnya di PT Delta Djakarta.

Pernyataan Hidayat Nur Wahid dalam video berasal dari artikel berjudul “Anies Baswedan Didesak Segara Jual Saham Miras, Hidayat Nur Wahid: Ditolak Ketua DPRD DKI Jakarta” yang tayang pada 4 Maret 2021 di laman tasikmalaya.pikiran-rakyat.com.

Artikel tersebut berisi kutipan pernyataan Hidayat Nur Wahid, politisi dari PKS, yang mendukung Gubernur DKI Jakarta untuk melepas saham Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di PT Delta.

Pernyataan Ketua Fraksi PAN DPRD Bambang Kusumanto dalam video berasal dari dua artikel di dua media, yakni artikel berjudul “Eits!! PAN Ikut Ngerongrong Mas Anies Lepas Saham Bir: Tegas dong Kaya Pak Jokowi” yang tayang di laman wartaekonomi.co.id pada 4 Maret 2021.

Kemudian artikel berjudul “Pimpinan DPRD Akui Surat Pelepasan Saham Bir Pemprov DKI Diterima Sejak Awal 2020” yang tayang pada 3 Maret 2021.

Sedangkan Ketua DPRD DKI, Prasetyo Edi Marsudi yang ada dalam video berasal dari dua artikel, yakni artikel berjudul “Ketua DPRD Tolak Tegas Anies Ingin Jual Saham Perusahaan Bir” yang tayang pada 3 Maret 2021.

KESIMPULAN:

Dari semua artikel tersebut, tidak ada pembahasan seperti pada judul dan thumbnails video sumber. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka konten tersebut masuk ke dalam kategori konten yang menyesatkan.


Sumber: Link
0
1.2K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.