raeukiAvatar border
TS
raeuki
Tidak Ada Yang Sakit Jiwa Di Indonesia, Titik Atau Tanda Tanya?
Suatu pagi sambil mencuci pakaian, ane nyetel musik cukup keras, musik ane putar di laptop pada folder Lagu Barat,Ctrl + Alt ane puter semua dengan playlist acak.

Lagu DT terputar setelah lagu Bad Lier - Imagine Dragon, yang membuat ane jadi terpikir untuk buat trit ini, setelah jemur pakaian.


Penyakit mental, penyakit yang gak kelihatan oleh mata. Tidak seperti mendiagnosa kanker atau patah kaki, di mana penyebabnya bisa dipahami dan metode pengobatannya jelas, depresi, penyakit mental lebih sulit untuk dipahami.



Banyak orang percaya bahwa masalah kesehatan mental tidak memengaruhi mereka atau orang yang mereka cintai. Terlebih siapa juga yang mau dibilang gila, atau berpenyakit mental. Soal penyakit mental, Indonesia menjadi salah satu negara yang terburuk baik pencegahan maupun penanganannya. Survei Global Health Data Exchange tahun 2017 menunjukkan, ada 27,3 juta orang di Indonesia mengalami masalah kejiwaan. Yang artinya satu dari sepuluh orang di negara ini mengidap gangguan kesehatan jiwa. Bisa saja teman kantor kita, teman kuliah, keluarga kita, atau kita sendiri punya penyakit mental. Sulit mengenal seseorang dengan masalah kesehatan mental, karena banyak orang dengan masalah kesehatan mental adalah anggota komunitas yang sangat aktif dan produktif. Indonesia jadi negara dengan jumlah pengidap gangguan jiwa tertinggi di Asia Tenggara.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut 79 persen kasus bunuh diri terjadi di negara berpenghasilan rendah dan menengah pada 2016. Depresi yang berujung bunuh diri ini mengancam mereka yang berada di usia produktif. Di Amerika Serikat kasus bunuh diri dua kali lipat lebih banyak dari kasus pembunuhan. Bunuh diri menjadi muara bagi masalah kejiwaan yang tidak tertangani.

Quote:


Apa penyebab penyakit mental?
Banyak faktor yang berkontribusi pada masalah kesehatan mental. Faktor Internalseperti genetika, penyakit fisik, cedera, pengaruh kimia. Faktor Eksternal seperti trauma, riwayat pelecehan, dan riwayat keluarga. Apa pun penyebabnya, orang dengan masalah kesehatan mental bisa sembuh dan banyak yang sembuh total.

Namun di Indonesia, 96,5 persen penderita skizofrenia tidak mendapatkan perawatan medis yang memadai. Artinya, kurang dari 10 persen penderita skizofrenia mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan. Dari jurnal kesehatan yang ane baca di ejournal2.litbang.kemkes.go.id, yang diterbitkan tahun 2018 Indonesia hanya memiliki 51 rumah sakit jiwa, yang terdiri dari 32 rumah sakit jiwa milik pemerintah dan 19 rumah sakit jiwa
milik swasta. Masih ada 7 provinsi
yang belum memiliki rumah sakit jiwa yaitu Provinsi Kepulauan Riau, Banten, Kalimantan Utara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Maluku Utara, dan Papua Barat.
Provinsi yang belum punya tenaga psikiater adalah Provinsi Papua Barat, Sulawesi Barat, Maluku Utara.


Jumlah tenaga medis khusus untuk kesehatan jiwa atau psikiatri juga masih minim. Dengan jumlah penduduk yang mencapai 271 juta jiwa lebih, Indonesia hanya memiliki sekitar dua ribuan psikiater. Artinya, kalo semua orang Indonesia gila maka psikiater akan sangat merepotkan.
Wah
emoticon-Cape d...

Quote:


BPJS kesehatan juga sudah mengcover penyakit jiwa, tahun 2018 pemerintah sudah menyiapakan anggaran sebanyak 1,25 triliun untuk penyakit jiwa.

Bagaimana menurut GanSis soal penyakit jiwa di Indonesia?

Semoga saja segala penyakit baik jiwa maupun raga, bisa sembuh sehingga kita bisa menikmati kehidupan dunia, baik yang nyata ataupun yang maya.
Demikian trit ini, ane pamit undur diri.

Jejakin
emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Rate 5 Star

Sumber : di sini, di sini, di sini
Narasi : @raeuki
Diubah oleh raeuki 05-03-2021 10:48
mbakendut
protradersignal
andrerain5
andrerain5 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2.3K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.