• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Mitos atau Fakta? Melempar Celana Dalam Bekas ke Atap Bisa Menghentikan Hujan

ElviHusna
TS
ElviHusna
Mitos atau Fakta? Melempar Celana Dalam Bekas ke Atap Bisa Menghentikan Hujan


Hai, Agansis! Welcome back to my thread. Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga sehat dan selalu berpikir positif ya.

Kali ini ane akan membahas tentang hal yang masih sering dilakukan di tempat kita nih, gan. Paling tidak, kita pernah mendengar orang-orang melakukan ini. Sesuai dengan judul di atas, kali ini ane akan akan mengupas tentang mitos atau fakta bahwa melempar celana dalam bekas bisa menghentikan hujan saat ada hajatan atau pesta pernikahan.



Hmmm ... simak sampai habis ya. Jangan lupa komen di bawah, ya. Ungkapkan pendapat Agansis mengenai ini.

Sebelumnya, yuk nonton video singkat ini. Video ini sedang viral di sosial media.


sumber

Di video berdurasi kurang lebih tujuh detik itu memperlihatkan seorang pengantin wanita yang sedang melempar celana dalam bekas pakai ke atap rumah.

Ane gak tahu pasti pengantin itu asal dari mana. Di video hanya terlihat si pengantin wanita telah bermake-up rapi dengan pakaian adat Jawa, keluar dari pintu belakang rumah. Ia kemudian melempar celana dalam berwarna merah muda.

Hari itu adalah hari pernikahannya. Saat semua sudah siap, make up sudah rapi, semua perlengkapan sudah siap, tiba-tiba hujan turun meskipun tidak lebat, tapi sangat meresahkan untuk kelancaran acara. Jadi, si pengantin wanita ini melemparkan celana dalam bekas untuk menghentikan hujan agar acaranya lancar.

Namun, setelah melempar ke atap genteng, pengantin itu tersenyum nyaris tertawa. Mungkin mengingat kekonyolan yang ia lakukan ya.



Nah, itulah sedikit narasi yang bisa ane tulis dari video singkat itu.

Sekarang ane akan tulis ulasan dan penjelasan apakah pemahaman melempar celana dalam itu termasuk mitos atau fakta?



Kepercayaan melempar celana dalam ke atap sudah menjadi keyakinan orang-orang terdahulu. Entah benar atau salah, tapi ane sering mendengar orang-orang tua di tempat ane sering kalau ada hujan saat pesta pernikahan pasti mereka menyuruh, 'lempar celana dalam ke atap.'

Namun, ane tak melihat apakah hal itu benar-benar dilakukan, karena mereka cuma bilang-bilang saja. Tapi ane yakin orang-orang ada yang pernah melakukan ini. Karena sebagian dari mereka memang percaya, sebagian yang lainnya menganggap ini sebagai lelucon, termasuk ane.

Sepengetahuan ane, melempar celana dalam bekas yang diyakini akan menghentikan hujan dan membuat langit cerah itu adalah mitos. Ane gak tahu ini sumber dan asal kepercayaannya dari mana, karena kita tahu, dulu sebelum Islam tersebar, Indonesia menganut kepercayaan animisme. Animisme adalah kepercayaam terhadap hal ghaib atau benda-benda yang dianggap memiliki kekuatan.

Di Aceh sendiri, semua adat dan keyakinan yang tak sesuai dengan syariat sudah dihapuskan. Contohnya, dulu ane mendengar cerita dari emak, nenek dan banyak orang tentang memberi sesajen untuk para penunggu, atau memotong kerbau yang kepalanya akan dihanyutkan ke tengah laut sebagai makanan dari jin. Semua hal itu sekarang sudah tidak ada, karena adat yang menyalahi syariat termasuk perbuatan syirik.

Nah, bagaimana dengan melempar celana dalam bekas untuk menghentikan hujan?

Menurut pengetahuan ane, ini sama kasusnya seperti di atas. Karena ketika melakukan itu (melempar CD bekas pakai) itu diyakini akan menghentikan hujan dan membuat langit cerah. Berarti, ini menjelaskan bahwa yang melakukan itu percaya bahwa ada kekuatan pada celana dalam bekas. Mereka meyakini ada kekuatan selain dari Allah yang Maha Segalanya.

Hal itu jelas bertentangan dengan tauhid, dan termasuk perilaku syirik. Hati-hati, dosa syirik itu sangat berbahaya. Tak ada dosa yang lebih besar selain menyekutukan Allah.

Elah, TS mah lebay banget, cuma lempar celana dalam kok syirik sih?

Memang seperti itu hukumnya. Boleh tanyakan ke orang yang lebih paham.

Terkadang kita menganggap suatu hal hanya main-main, tapi dibalik itu kita tak tahu boleh atau tidaknya, menyalahi atau tidak.

Memangnya celana dalam itu punya kekuatan kayak kolor ijo? Haha. Mau ijo kek, mau biru, intinya tidak ada kekuatan di situ.

Jika Allah menghendaki hujan, maka hujan. Jika Allah menghendaki sebaliknya, maka boleh-boleh saja, karena Allah yang punya bumi dan beserta isinya.

Tapi, memang benar lho, melempar celana dalam bekas itu bisa menghentikan hujan. Gimana Ts?

Nah, penyangkalan seperti itu sering ada karena mereka melihat memang ada bukti bahwa setelah melempar CD bekas, hujannya berhenti.

Jadi, bagaimana ini?

Tetap salah meyakini itu meskipun buktinya ada. Tak sadarkah bahwa bukti itu untuk menguji keimanan kita terhadap Allah. Allah sedang menguji kepercayaan kita dengan bukti nyata seperti itu. Itu ujian ketauhidan!

Hujan atau tidak hujan, itu kehendak dari Allah.

Jika memang saat pesta pernikahan ingin lancar, maka berdoa saja kepadaNya agar dilancarkan. Karena tugas manusia adalah berdoa, bukan menyalahi syariat.

Jika memang sudah berdoa, tetap saja hujan, itu takdir dan akan ada hikmah dari itu, karena hujan adalah rahmat.

Ingat! Kita boleh berusaha apa pun, tapi tak bisa melawan takdir.

Ini hanya pendapat ane ya Agansis. Jika ada pendapat lain, boleh banget share di kolom komentar.

Well, sekian thread ane kali ini. Semoga bermanfaat! Jangan lupa tinggalkan jejak ya. See you! :terimakasih:terimakasih:terimakasih

Ditulis oleh @ElviHusna
Opini pribadi
Gambar Ss dari video di atas
.


dalledalmintodelia.adeltien212700
tien212700 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
3.6K
46
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.