mpmedianewsAvatar border
TS
mpmedianews
Ma'ruf Amin Perbolehkan Jual Miras Demi Kas Negara


MerahPutih.com - Beredar postingan di Facebook oleh akun bernama Yunda di grup “PLANGA PLONGO” yang membagikan hasil screenshot artikel berita Kompas.com berjudul “Jual Minuman Keras Hukumnya Boleh untuk Membantu Kas Negara”.

Dalam hasil tangkapan layar juga diperlihatkan gambar Ma’ruf Amin sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia sekaligus Wakil Presiden RI. Seolah Maruf Amin telah mengeluarkan fatwa jika menjual minuman keras boleh hukumnya.

NARASI

Aku pikir dengan terpilihnya seorang Kiyai jadi wapres akan membuat umat Islam tidak dibatasi, ulama dilindungi dan syariah Islam ditegakkan.

FAKTA

Setelah dilakukan penelusuran fakta, tidak ditemukan satu pun artikel pada laman berita nasiinal itu memuat judul sebagaimana yang telah beredar. Lebih lanjut, diketahui judul pada artikel tersebut adalah hasil editan.

Ditemukan artikel aslinya berjudul “Wapres Maruf Amin Disuntik Vaksin Covid-19 Sinovac Pagi Ini”, tayang di laman kompas.com di waktu yang sama persis yakni 17 Februari 2021.

Postingan tersebut beredar di tengah pemberitaan viral mengenai Presiden Jokowi yang membuka izin investasi bagi perusahaan miras.

Jokowi telah meneken Peraturan Presiden (Perpres) No. 10 Tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal. Dalam salinan Perpres yang ditetapkan pada 2 Februari 2021 tersebut juga mengatur penanaman modal untuk minuman beralkohol.

Meski begitu, MUI belum mengeluarkan fatwa resmi soal legalisasi bisnis minuman beralkohol.

KESIMPULAN

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa, postingan oleh akun Yunda adalah hoaka dan termasuk kategori Konten yang menyesatkan.


Sumber: Link
Syncdevil
nomorelies
zalbagbeoulve
zalbagbeoulve dan 4 lainnya memberi reputasi
3
730
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.