• Beranda
  • ...
  • Tanaman
  • Cara Mudah Mencangkok Tanaman Buah Delima Supaya Cepat Tumbuh Akar

DeYudi69Avatar border
TS
DeYudi69
Cara Mudah Mencangkok Tanaman Buah Delima Supaya Cepat Tumbuh Akar

Kaskus DeYudi69 -Tanaman sangat banyak manfaatnya bagi kehidupan manusia. Selain sebagai penghasil oksigen (O2), banyak juga tanaman yang memiliki khasiat sebagai obat alami.

Salah satu tanaman yang berkhasiat obat adalah tanaman delima, tanaman ini kaya akan kandungan zat antioksidannya. Yang pernah ane lihat secara langsung, tanaman delima memiliki 3 jenis, yaitu delima putih, delima merah dan juga delima hitam.



Dalam thread kali ini ane akan membagikan tutorial cara mudah mengembangbiakkan atau memperbanyak tanaman buah delima.

Tanaman ini dapat kita kembangbiakkan dengan cara menanam bijinya atau dengan melakukan pencangkokan. Bila kita menanam bijinya, maka pilihlah buah delima yang sudah benar-benar matang, biasanya ditandai dengan kulit buahnya yang pecah seperti pada gambar di bawah ini.



Biji delimanya kita ambil, kemudian kita jemur di bawah terik matahari minimal selama 2 jam dan maksimal 6 sampai 8 jam saja, tujuannya untuk mengurangi kadar air di dalam biji delima supaya ketika disemai pada tanah bijinya tidak mudah busuk.

Dibandingkan dengan cara menanam bijinya, ane lebih suka memperbanyak tanaman buah delima ini dengan cara dicangkok, karena tanaman hasil pencangkokan memiliki beberapa kelebihan diantaranya, tidak terlalu tinggi, dan dapat berbuah walaupun pohonnya masih kecil. Sedangkan bila menanam bijinya kita harus menunggu sampai 2 tahun lamannya supaya tanaman delima kita mampu menghasilkan buah.

Nah, ada pun alat dan bahan yang diperlukan dalam pencangkokan ini antara lain :

1. Gunting Tanaman



2. Cutter



3. Tali Rafia



4. Plastik Bening Isian 1 KG



Potong plastik menjadi seperti pada gambar di bawah ini.



5. Bawang Merah



Langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Buat Keratan pada Batang Delima



Pilihlah batang tanaman delima yang memiliki diameter 1 sampai 2 cm.
Alat yang kita pergunakan untuk membuat keratan ini adalah gunting pemotong tanaman, kita buat 2 buah keratan melingkar pada batang tanaman delima yang berjarak kurang lebih 5 sampai 7 cm.

2. Buat Cangkokan dengan Cutter





Setelah selesai dikerat, langkah selanjutnya kita membuat cangkokan. Secara otomatis panjang cangkokan ini akan mengikuti jarak keratan yang kita buat di awal.

3. Kerik Lapisan Kambium pada Batang Delima



Dengan mengerik lapisan kambium pada batang delima, bertujuan supaya tidak tumbuh lapisan kulit pada kayunya, yang mana bila ditumbuhi kulit kayu, maka proses pencangkokan kita akan gagal.

4. Oleskan Bawang Merah pada Batang yang Dicangkok



Penggunaan bawang merah disini, bertujuan supaya batang yang kita cangkok lebih cepat tumbuh akar, karena dalam bawang merah mengandung zat yang dapat mempercepat pertumbuhan akar. Oleskan bawang merah pada setiap ujung batang yang dicangkok, karena dari situlah akan tumbuh akar.

5. Ikat Plastik Bening Ukuran 1 Kg pada Batang Delima



Gunakan tali rafia untuk mengikat kedua ujung plastik bening pada batang delima. Kemudian isi plastik tersebut dengan tanah humus seperti pada gambar dibawah ini.



6. Ikat Plastik yang Sudah Penuh Berisi Tanah dengan Tali Rafia



Setelah terisi penuh dengan tanah maka ikat plastiknya dengan beberapa kali ikatan menggunakan tali rafia seperti pada gambar di atas.

Tips dari ane, sebaiknya kita melakukan pencangkokan ini di musim penghujan, karena tingkat keberhasilannya akan lebih tinggi di musim penghujan.

Setelah menunggu selama 1,5 bulan, hasilnya seperti pada gambar di bawah ini Gan-Sist. Sudah mulai keluar akar dan sudah bisa dipotong batang di bagian bawah plastik cangkokannya, kemudian dapat ditanam pada polibag, planterbag, atau pun ditaman secara langsung pada lahan yang sudah disiapkan.



Spoiler for video lengkap cara mencangkok delima:


Spoiler for Delima Hasil Cangkok:


Terima kasih sudah membaca thread ane kali ini, semoga bisa bermanfaat ya. Sampai jumpa lagi pada thread ane selanjutnya.

Penulis : DeYudi69

Sumber referensi : opini pribadi
Sumber gambar : dokumen pribadi
Diubah oleh DeYudi69 16-03-2021 10:44
Papa.T.Bob
alizazet
rirandara
rirandara dan 17 lainnya memberi reputasi
18
2.7K
49
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Tanaman
Tanaman
icon
3.9KThread2.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.