• Beranda
  • ...
  • Sports
  • Sir Alex Ferguson, Pelatih Terbaik Sepanjang Masa Versi IFFHS

saya.kiraAvatar border
TS
saya.kira
Sir Alex Ferguson, Pelatih Terbaik Sepanjang Masa Versi IFFHS

Telah pensiun dari kancah lapangan hijau tak membuat Sir Alex Ferguson tak lagi bisa mencatatkan namanya dengan tinta emas di sejarah sepak bola. Kali ini, pelatih legendaris Manchester United tersebut terpilih sebagai pelatih terbaik sepanjang masa.

Gelar ini dianugerahkan oleh International Federation of Football History and Statistics (IFFHS). IFFHS, yang didirikan 24 Maret 1984, merupakan lembaga yang mendokumentasikan sejarah dan statistik di sepak bola dunia.

Dalam laman mereka, IFFHS membabar metode yang mereka lakukan dalam menentukan peraih penghargaan pelatih terbaik sepanjang masa. IFFHS menghitung raihan tiap pelatih tersebut tiap tahunnya. Selain itu, IFFHS juga menghitung raihan para juru siasat tersebut sejak 1996 -ketika mereka pertama kali menggelar penghargaan tahunan kepada pelatih terbaik.

Dengan metode penghitungan ini, Sir Alex berada di puncak daftar pelatih-pelatih dengan raihan terbaik dunia tersebut. Pelatih asal Skotlandia tersebut meraih 257 poin.

Sir Alex sendiri memiliki karier kepelatihan yang terbentang selama 39 tahun, mulai 1974 sampai 2013. 26 tahun dari 39 tahun kariernya tersebut dilakoninya sebagai pelatih Manchester United.

Diikuti Dua Rival



Posisi Sir Alex di puncak daftar pelatih terbaik sepanjang masa versi IFFHS dipepet oleh dua rivalnya, Jose Mourinho dan Arsene Wenger. Dua pelatih ini sempat menjadi saingan Sir Alex ketika sama-sama berkiprah di Premier League. Mourinho menangani Chelsea. Sementara, Wenger membesut Arsenal.

Mourinho berada di peringkat kedua daftar tersebut. Pelatih asal Portugal ini mengumpulkan 226 poin. Sementara, Wenger berada di posisi tiga, dengan raihan 211 angka.

Mourinho sendiri memiliki peluang untuk menggeser posisi Sir Alex dalam penghargaan ini ke depannya. Pasalnya, ia masih aktif sebagai pelatih, sedangkan Sir Alex dan Wenger sudah pensiun dari dunia kepelatihan.

Berikut Daftar 25 Pelatih Terbaik Sepanjang Masa Versi IFFHS (1996-2020)


mamaproduktif
donronaldo7
tien212700
tien212700 dan 10 lainnya memberi reputasi
11
1.9K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sports
SportsKASKUS Official
22.9KThread11KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.