abdulqadirzAvatar border
TS
abdulqadirz
Jujur Aja Nulis di Kaskus, Hobi atau Cari Duit?

Source Image


Jujur aja ente pada nulis di kaskus hobi atau cari duit!?


Menulis memang kegiatan yang mengandalkan pikiran dan tangan. Nulis juga bisa disebut ngomong dalam hati, dan dituangkan kedalam tulisan. Oleh sebab itu nulis bukan pekerjaan yang mudah. Tapi juga gak sulit bagi yang hobi.

Hobi nulis bagi sebagian orang membuat mereka bisa mengutarakan apa yang tidak bisa diutarakan oleh ucapan. Bagi kaum introvert dan ngomongnya gak terstruktur kayak ane gini nulis jadi salah satu cara yang efektif untuk ngomong nih.

Misalnya nulis diary, bagi sebagian orang itu mungkin salah satu cara untuk mengungkapkan perasaan atau uneg-unegnya ya. Tapi Nulis juga bagi sebagian orang adalah jalan untuk mencari penghasilan.

Apalagi musim pandemi kayak gini. Banyak pekerjaan yang terhambat bahkan dibatasi. Maka kita harus memutar otak untuk gimana caranya bisa tetap cari duit. Ya salah satu caranya nulis dan dapat penghasilan dari tulisan itu.

Sudah sejak dulu nulis itu bisa mendatangkan penghasilan. Apalagi kalau tulisannya bagus, maka gak mungkin gak bakal terbit kayak di koran, majalah, bahkan buku-buku.

Kalau zaman sekarang gak jauh beda. Hanya saja sekarang tulisan bisa lewat digital. Maka mendapatkan penghasilan bukan hanya nulis di perusahaan-perusahaan di dunia nyata saja, tapi bisa juga lewat platform online. Misalnya kaskus.

Quote:


Kaskussudah sejak tahun 1999 lalu disempurnakan kembali tahun 2006, telah menjadi tempat untuk berkomunitas dan diskusi. Gak hanya itu, kaskus juga jadi tempat yang nyaman untuk para penulis. Apalagi sekarang banyak kaskuser yang dibayar dari tulisan-tulisannya.

Makanya sekarang kaskus tuh rame bukan hanya untuk diskusi dan berteman saja, tapi juga tempat yang luas untuk para penulisnya yang disebut dengan kaskus kreator.

Quote:


Kaskus kreatorjadi pilihan yang sangat efektif bagi kaum-kaum yang hobinya nulis, tapi pengen dapet penghasilan dari tulisannya. Kayak ane ini deh contohnya. Cara membayarnya pun seperti platform penulis lainnya. Intinya transparan dan menjanjikan.

Ane juga alhamdulilah sudah terdaftar jadi kaskus kreator. Sudah 2 tahun lebih ane jadi kreator disini. Kalau ada yang penasaran, dengan waktu segitu sudah berapa penghasilan ane? Alhamdulillah kalau dikumpulin sudah bisa beli motor. Mantap gak tuh gan sis.

Quote:


Kalau istilahnya sudah bisa kebeli motor dari penghasilan nulis di kaskus, artinya juga cukup dong buat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Makanya seperti yang sering kita dengar kalau kerja, ya harus rajin, konsisten, dan sabar. Gak ada yang instan gansis.

Lantas nulis di kaskus, hobi atau cari duit?

Gak bisa dipungkiri kalau zaman sekarang itu apa-apa duit, apa-apa butuh duit, bahkan gak makan kalau gak ada duit. Makanya orientasi akhir dari kerja ya duit. Gak ada yang iseng-iseng kerja banting tulang karena hobi.

Nulis pun juga gitu. Walaupun hobi, gak mungkin juga sampai gak makan karena terus menjalankan hobi. Kalau bisa kenyang tanpa harus kerja dengan terus menjalankan hobi mah ya semua orang juga mau.

Quote:


Makanya nulis dikaskus tuh selain hobi juga cari duit. Ada istilah "sambil menyelam juga minum air". Ane juga gitu, sambil nulis sambil cari duit. Kalaupun niatnya bukan buat makan dari hasil tulisan itu, minimal ya buat beli kuota supaya bisa nulis.

Jujur aja kalau ane awalnya gak terlalu hobi nulis. Ane hobinya baca aja. Tapi pas tau di kaskus ada yang namanya kaskus kreator, dimana tulisannya yang lolos akan mendapatkan bayaran, ane jadi hobi nulis.

Jadi sekarang ane lebih ke arah hobi nulis di kaskus sih daripada memperhatikan berapa besarnya bayaran dari kaskus. Yah ane gak munafik juga kalau kadangkala kalau bayarannya kecil lalu ane berusaha cari topik yang menarik untuk meningkatkan kunjungan dan viewer tulisan ane.

Gimana kalau agan dan sista? Nulis di kaskus karena apa? Memang hobi atau cari duit aja? Silahkan sharing di kolom reply ya.

Semoga bermanfaat.
Jumpa next thread ya.

Sumber: Opini pribadi
Referensi: Pengalaman pribadi
@abdulqadirz©2021
Diubah oleh abdulqadirz 01-03-2021 12:25
pein666
anjaultras
tien212700
tien212700 dan 16 lainnya memberi reputasi
17
2.7K
122
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hobby & Community
Hobby & CommunityKASKUS Official
10.4KThread6.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.