Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

localtripAvatar border
TS
localtrip
Masjid Waladuna Disebut Jadi Pertanda Jakarta Akan Tenggelam
Banjir di Jakarta sudah menjadi cerita tahunan. Namun, 'kebiasaan' ini diikuti dengan beragam gejala alam. Abrasi, adalah salah satu persoalan yang menghantui ibukota. Bahkan beberapa peneliti menyebutkan, Jakarta terancam tenggelam.
Bukannya tanpa dasar, karena beberapa titik dataran di pesisir Jakarta mulai berkurang. Diperkuat dengan penelitian para ahli bahwa terjadi penurunan permukaan tanah 25 cm setiap tahunnya.

Sepuluh tahun lalu, Masjid Waladuna disebut-sebut sebagai salah satu tanda akan datangnya prediksi ini.
Masjid yang awalnya berupa musholla tersebut, kini menjadi mati, lantaran abrasi menyebabkan tanah semakin turun dan air laut memasuki masjid.

Kondisi Masjid Waladuna, yang dibangun pada tahun 1996 ini, sering terendam banjir rob sejak tahun 2000an. Sejak itu pula masjid yang terletak di Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara tersebut tak lagi digunakan.

Melansir dari Kompas, warga yang sudah lama bekerja di kawasan tersebut menceritakan bahwa dulunya Musholla Waladuna sering digunakan untuk ibadah bagi pekerja pelabuhan. Namun seiring banyaknya jamaah, musholah ini berubah menjadi masjid.
Pemindahan sandaran kapal ke Sunda Kelapa tahun 2008-2009, menyebabkan jamaah masjid kembali turun. Gedung-gedung pergudangan di sana juga digilas sehingga hanya menyisakan rumah ibadah tersebut.

Semakin berkurangnya jamaah, perawatan masjid pin jadi terbengkalai. Semakin parah kondisinya ketika finding tanggul lama yang dibangun di sekitar masjid sempat jebol.

Sejak itu, pemerintah DKI membangun kembali tanggul yang lebih tinggi, namun di belakang Masjid Waladuna. Akibatnya keberadaan masjid semakin terasingkan di balik dinding bendungan.
Kawasan tersebut kini tidak bisa sembarangan didatangi, karena dikhawatirkan risiko kecelakaan akibat lokasi yang kurang aman. Bila ingin melongok sang musholla, perlu memanjat tangga buatan yang sudah sangat tidak layak.

Sudah 20 tahun lebih mangkrak dan digempur air laut, sebagian masjid masih berdiri tegak, meski tentu ada bagian yang lapuk dan rusak.
Terlepas dari keberadaan masjid yang kian memprihatinkan, bangunan itu menjadi saksi bisu turunnya permukaaan tanah ibukota. Sumber
orgbekasi67
isu152
tien212700
tien212700 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.3K
21
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.