Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
506
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60356dc41553087db56ec6be/fenomena-hamil-di-luar-nikah-ini-salah-moral-atau-kurangnya-pengawasan-orang-tua
Maraknya siswi tak tamat sekolah karena hamil di luar nikah, tanda bebasnya kehidupan anak-anak tanpa pengawasan orang tua! Hamil di luar nikah, wah nampaknya fenomena ini semakin marak terjadi di era modern ini ya GanSis. Seolah-olah menjadi sebuah kejadian lumrah yang telah dianggap wajar oleh masyarakat karena banyak orang yang mengalaminya! Mungkin Agan dan Sista salah satu dari orang yang mew
Lapor Hansip
24-02-2021 04:04

Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?

icon-verified-thread
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?

Maraknya siswi tak tamat sekolah karena hamil di luar nikah, tanda bebasnya kehidupan anak-anak tanpa pengawasan orang tua!


Hamil di luar nikah, wah nampaknya fenomena ini semakin marak terjadi di era modern ini ya GanSis.
Seolah-olah menjadi sebuah kejadian lumrah yang telah dianggap wajar oleh masyarakat karena banyak orang yang mengalaminya!

Mungkin Agan dan Sista salah satu dari orang yang mewajarkan hal tersebut?
Fiks, ane dapat mengatakan bahwa mereka yang menganggap masalah ini lumrah adalah orang-orang yang mulai kehilangan akal dan moral.

Sebelum kita membahas lebih jauh perihal hamil di luar nikah, alangkah lebih baiknya jika kita melihat fakta zaman dulu dan sekarang yang berkaitan dengan kasus ini.

Zaman dulu, sangat jarang sekali ditemui ada sepasang kekasih yang mengalami kejadian hamil di luar nikah.
Hal itu disebabkan karena cara pergaulan orang zaman dulu yang masih sangat menjaga adab, norma agama, dan juga kesopanan.
Orang tua yang mempunyai anak gadis juga cenderung kolot, tidak membiarkan anak mereka berduaan dengan pria, entah itu di rumah atau di luar rumah. Jika memang ingin keluar rumah, selalu diberikan pengawasan entah itu dengan kakak si gadis, atau saudara yang benar-benar dipercaya.

Anak-anak zaman dulu pun juga cenderung lebih takut untuk melanggar peraturan yang telah diberikan orang tua mereka. Entah takut karena sanksi yang akan dijatuhkan saat melanggar, atau memang dasar agama yang telah ditanamkan oleh orang tua kepada anak-anaknya yang ikut menjadi rem bagi pergaulan mereka.


Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?


Zaman sekarang, adalah era modern dimana segala macam bentuk pergaulan dapat bebas dilakukan tanpa ada sekat pembatas, penghalang, atau larangan dari orang tua.
Banyak anak-anak remaja terbawa arus perubahan zaman, tanpa dapat memfilter mana yang layak ditiru dan mana yang tidak pantas untuk dilakukan.
Hal ini juga tidak luput dari canggihnya teknologi dan informasi, yang memudahkan mereka untuk mengetahui serta mengakses hal-hal yang sebenarnya belum pantas untuk mereka ketahui.

Jika zaman dulu orang tua dengan ekstra hati-hati menjaga dan mendidik anaknya dengan ilmu pengetahuan, adab, kesopanan dan juga dasar agama yang baik agar tidak salah jalan, saat ini orang tua lebih berfokus agar anak-anak mereka paham akan pelajaran formal. Orang tua tidak lagi memfokuskan anak untuk mempelajari dan mengetahui adab, dan norma-norma yang sebenarnya jika diajarkan dapat menjadi tali kendali anak agar tidak terjerumus pada pergaulan bebas!


Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?


Jika telah melihat fakta-fakta perbandingan antara kebiasaan serta moral dari orang-orang zaman dulu dan zaman sekarang di atas, apa kira-kira yang salah sampai di era ini lebih banyak kasus anak muda hamil di luar nikah?

Yap, kesalahan terbesar terletak pada orang tua.
Saat ini banyak sekali orang tua yang lalai dalam mendidik anak, terlalu membiarkan begitu saja apa yang anak-anak mereka jalani dan sukai, tanpa memberikan pengawasan serta peringatan tentang rambu-rambu adab, kesopanan dan norma yang tidak boleh dilanggar!

Pengawasan serta peringatan dari orang tua sebenarnya bukan diberikan dengan tujuan untuk mengekang anak, melainkan untuk mengontrol anak agar tidak terjerumus ke jalan yang salah dan membuat malu orang tua.

Tidak hanya itu, pendidikan agama yang baik saat ini juga dapat menjadi solusi agar dapat menekan kemungkinan anak keluar dari apa yang dilarang oleh Tuhan mereka.
Jika mereka tahu mana yang dilarang oleh Tuhannya, tau apa konsekuensinya, dan dapat menanamkan keimanan dengan baik, maka mereka secara otomatis akan menjauhi hal-hal yang dapat merugikan diri mereka sendiri, termasuk berhubungan badan sebelum ada ikatan pernikahan yang dapat mengakibatkan hamil di luar nikah!


Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?


Bagaimana, apakah Agan dan Sista sepakat dengan opini ane tentang fakta-fakta seputar fenomena hamil di luar nikah ini?
Atau mungkin memiliki pendapat yang berbeda?
Silakan berikan tanggapan GanSis di bawah ya!


Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?


Penulis: @masnukho©2021
Narasi: Opini pribadi
Sumber gambar: Google Pict
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 52 lainnya memberi reputasi
51
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 10
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?
24-02-2021 07:26
Quote:Original Posted By areszzjay
Karena g pake kondom emoticon-Leh Uga

emoticon-Matabelo jadi hubungan seks di luar nikah boleh aja asal pakai kondom?

Quote:Original Posted By brojolterus
yang pasti salah ceweknya kenapa dibuka ?? emoticon-Wowcantik

emoticon-Cape d... salah cowoknya, kenapa dimasukin

Quote:Original Posted By belagudech
Yang jelas kalau menurut ane di era dulu diajarkan ke anak2 laki bahwa perempuan itu kudu dijaga kehormatannya, dan kalau anak perempuan harus dijaga kehormatannya, jangan murahan.

Makanya era 70 - 80an rada jarang kasus kek beginian, gak kek sekarang, cwenya yang kek barang obralan, murahan banget. :shutup

emoticon-Matabelo nah bener itu gan, jadi ada harga diri yang dijaga dan terjaga ya

Quote:Original Posted By mintcandy12
Ada yg sengaja bgini biar dpet restu wkwkwk

emoticon-Ngakak iya juga sih, banyak malah
0 0
0
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?
24-02-2021 07:29
shitnetron juga ngajarin kalau hamil diluar nikah itu hal yg biasa
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?
24-02-2021 07:33
sebenarnya gaka ada yang salah toh orang jaman dulu juga semua hamil di luar nikah, nikah kan kebudayaan yang muncul belakangan mungkin baru 3000 tahun
profile-picture
profile-picture
secer dan masnukho memberi reputasi
1 1
0
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?
24-02-2021 07:37
kalau jaman sekarang ajarin sex education + wajib kondom, mau dicegah udah sulit, garis pertahanannya harus diubah dari jangan baik ke jangan hamil

profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?
24-02-2021 07:44
yang jelas salah TS nyaemoticon-Ngacir2
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?
24-02-2021 07:49
Dibilang kurangnya pengawasan menurut ane tidak, kalau moral mungkin iyaa. Dalam segi pengawasan orang tua bertanggung jawab penuh untuk hal itu, namun orangtua jelas tidak bisa mengawasi secara keseluruhan karena untuk masuk ke seluruh pergaulan anak itu membuat anak jadi terkekang. Anak jaman sekarang memang lebih diberikan kebebasan dalam arti orangtua tetap memantau rutinitas anak. Apabila anak hilang kendali di jalur yg tidak seharusnya berarti moral anak tersebut yg menjadi garis bawahnya. Lantas siapa yg salah, pengawasan orang tua? Bukan. Lebih tepatnya didikan orangtua, sejak dini harusnya anak ditanamkan penuh pendidikan norma, diberikan pengetahuan tentang adab, dipahamkan sebab akibat, memperdekat keakraban antara anak dg orangtua. Dari pengajaran itu saya rasa anak akan memahami, apabila dia melakukan A maka apa yg didapatkan. Gitu sih menurut ane.
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?
24-02-2021 07:50
Salah gue? Salah teman2 gue?
0 0
0
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?
24-02-2021 07:50
sebenarnya ini masalah gak mau pake kondom sm gk bisa nahan ejakulasi pas lagi KLIMAKS dikeluarinnya diluar... disitulah bodohnya mayoritas pelaku free sex yg hamil diluar nikah... jika sudah mengkontrol timing ejakulasinya gue yakin gak akan kebobolan seandainya lo gak mau pake kondomemoticon-Cool rata2 para abg gak diajarin materi kaya begini di pelajaran sekolah... emang sih keliatan kurang pantes bagi masyarakat indo yg agamanya kuat. tapi seandainya ini dilakuin gue yakin tingkat hamil diluar nikah pasti menurun... emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
GondalGandul11 dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?
24-02-2021 07:53
Salah Jokowi.....
profile-picture
profile-picture
vinceleroux dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?
24-02-2021 07:53
ini salah orang yg suka bilang: "hidup gua terserah gua apa urusan lu, selama ga ganggu org lain ga masalah, ga usah ikut campur urusan org"


ingat, kau tuh manusia bukan hewan, selama kita tau secara ga langsung ya sudah terlibat. artinya menjaga moral dan norma jg sudah menjadi urusan yg lain. ga ada lagi terserah lu.



klo mau caranya kayak gtu lebih gampang hidup saya, tar klo lu sekarat atau kejadian apa ya biarin aja mati. ya manusia sudah kebanyakan, hilang satu manusia pembuat ulah ga ada ruginya toh. ibaratnya sampah lenyap ya lebih baik toh.


emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
luluvi dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?
24-02-2021 07:54
Quote:Original Posted By gmassyndo
Dibilang kurangnya pengawasan menurut ane tidak, kalau moral mungkin iyaa. Dalam segi pengawasan orang tua bertanggung jawab penuh untuk hal itu, namun orangtua jelas tidak bisa mengawasi secara keseluruhan karena untuk masuk ke seluruh pergaulan anak itu membuat anak jadi terkekang. Anak jaman sekarang memang lebih diberikan kebebasan dalam arti orangtua tetap memantau rutinitas anak. Apabila anak hilang kendali di jalur yg tidak seharusnya berarti moral anak tersebut yg menjadi garis bawahnya. Lantas siapa yg salah, pengawasan orang tua? Bukan. Lebih tepatnya didikan orangtua, sejak dini harusnya anak ditanamkan penuh pendidikan norma, diberikan pengetahuan tentang adab, dipahamkan sebab akibat, memperdekat keakraban antara anak dg orangtua. Dari pengajaran itu saya rasa anak akan memahami, apabila dia melakukan A maka apa yg didapatkan. Gitu sih menurut ane.

emoticon-Matabelo nah bener banget gan, didikan orang tua sedari kecil yang harus dipertebal lagi ya

Quote:Original Posted By djoeragancendol
Salah gue? Salah teman2 gue?

emoticon-Ngakak bukan salah gue dong pastinya

Quote:Original Posted By koementatoer
sebenarnya ini masalah gak mau pake kondom sm gk bisa nahan ejakulasi pas lagi KLIMAKS dikeluarinnya diluar... disitulah bodohnya mayoritas pelaku free sex yg hamil diluar nikah... jika sudah mengkontrol timing ejakulasinya gue yakin gak akan kebobolan seandainya lo gak mau pake kondomemoticon-Cool rata2 para abg gak diajarin materi kaya begini di pelajaran sekolah... emang sih keliatan kurang pantes bagi masyarakat indo yg agamanya kuat. tapi seandainya ini dilakuin gue yakin tingkat hamil diluar nikah pasti menurun... emoticon-Big Grin

emoticon-Cape d... kok ane belum bisa menerima ya kalau pelajaran begituan diajarin di sekolah. Malah kayak ngajarin
0 0
0
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?
24-02-2021 07:55
Quote:Original Posted By ScarletWitch080
Salah Jokowi.....

emoticon-Bingung apa hubungannya sama Pak Jokowi

Quote:Original Posted By pulpe
ini salah orang yg suka bilang: "hidup gua terserah gua apa urusan lu, selama ga ganggu org lain ga masalah, ga usah ikut campur urusan org"


ingat, kau tuh manusia bukan hewan, selama kita tau secara ga langsung ya sudah terlibat. artinya menjaga moral dan norma jg sudah menjadi urusan yg lain. ga ada lagi terserah lu.



klo mau caranya kayak gtu lebih gampang hidup saya, tar klo lu sekarat atau kejadian apa ya biarin aja mati. ya manusia sudah kebanyakan, hilang satu manusia pembuat ulah ga ada ruginya toh. ibaratnya sampah lenyap ya lebih baik toh.


emoticon-Ngacir

emoticon-Matabelo entah kenapa ane sepakat sama ente gan.
Ya kali mereka yang salah gak mau ditegur kan, ya hidup di hutan aja
0 0
0
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?
24-02-2021 07:56
KHILAP CROTNY DI DLM,
BIASANY DILUAR 😫😫😫
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?
24-02-2021 07:56
daripada hamil di luar angkasa
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?
24-02-2021 07:58
Quote:Original Posted By bapobulet
KHILAP CROTNY DI DLM,
BIASANY DILUAR 😫😫😫

emoticon-Ngakak itu udah zina, khilaf pula

Quote:Original Posted By parto.klepat
daripada hamil di luar angkasa

emoticon-Matabelo kok ente bener sih gan
0 0
0
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?
24-02-2021 08:01
kalau agan mau lebih miris lagi tambahin data aborsi dan data nikah muda belum lagi efek dominonya ke kdrt, cerai, anak broken home
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?
24-02-2021 08:12
Kalo di luar negeri seks bebas merupakan hal yang tak bisa terbendung lagi, makanya yang cetar disosialisasikan adalah pemakaian kondom untuk menekan efek kehamilan. Jalan2 kondom harus ada di dalam tas.

Apa baiknya di sini juga begitu ya?

Tapi pasti kena boikot dan masuk petisi nih kalo ada sosialisasi kondom, akan dianggap sebuah pembenaran melakukan seks bebas.

Tapi gak ada sosialisasi pun, seks bebas tetap merajalela.

salah serba ...
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?
24-02-2021 08:16
salah duaduanya juga sih kalo menurut gua, belum lagi pergaulan zaman sekarang
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?
24-02-2021 08:17
Hamil di luar nikah sebabnya cuma 2:
1. Telat nyabut
2. Ga pake kondom karena mikir lebih enak
Jangan salahin sex bebas karena di Indonesia saat ini pacaran udah pasti 95% HS. Mau dikata iman kuat dll omong kosong semua kalau udah ditusuk sekali pasti selanjutnya minta sendiri emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
nozomi.tojo dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?
24-02-2021 08:23
bukan salah siapa siapa
tapi salah budaya nya
orang timur masih tabu soal seks, itu masalahnya
padahal seks itu lumrah
agama yg bikin seks jadi tidak lumrah
di barat, hamil d luar nikah gak di permasalahkan kek kita di indonesia sini
yg penting orang nya udah tahu resiko nya, masih baik sekali juga, yah resiko tanggung sendiri, gitu prinsip org barat
karena apa? faktor budaya itu lah
kita ini bangsa munafik (kecuali Bali)
kenapa? udah tau bakalan hamil, tapi masih ngotot baik sekali juga, giliran hamil mewek nangis bombay
di barat? udah tahu bakalan hamil, makanya crot di luar, tapi kalo masih hamil juga, yah gak mewek kek disini, mereka akan tanggung jawab, minimal single parent
di indonesia? single parent di anggap aib, itu masalahnya
makanya bule lebih suka tinggal di Bali daripada di pulau lain di Indonesia
karena org Bali gak munak soal urusan seks
bukan berarti org Bali tidak bermoral, justru mereka lebih bermoral dibandingkan org diluar Bali
karena faktor karma yang membuat org Bali mikir 1000x kalo mau berbuat jahat (seks tidak termasuk perbuatan jahat kalo suka sama suka, itu mnurut org Bali ).
org Bali takut sama karma nya sendiri (takut sama dirinya sendiri).
orang non Bali takut sama ancaman Tuhan nya (takut sama faktor eksternal di luar dirinya)
beda nya jauh sekali.
makanya org Bali lebih tertib dibandingkan orang non Bali.
makanya org org yg udah muak sama kemunafikan bangsanya sendiri, lebih milih pindah ke Bali.

hamil yuk
Diubah oleh jual.parfum.ori
profile-picture
profile-picture
hakkekkyu dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 2 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia