Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

GawaikitaAvatar border
TS
Gawaikita
Penting ! Tips yang Harus Diketahui Sebelum Membeli Laptop Bekas

Laptop bekas merupakan salah satu solusi untuk Sahabat Gawai yang menginginkan laptop spesifikasi tinggi dengan harga yang rendah. Saat ini juga sudah banyak toko laptop yang menjual laptop bekas dengan spesifikasi dan merek yang beragam. Sebelum memutuskan membeli laptop bekas, sebaiknya Sahabat Gawai harus mengecek terlebih dahulu kondisi laptop yang akan dibeli agar tidak kecewa, karena tak jarang banyak yang tertipu dengan kondisi laptop nya. Berikut merupakan tips yang dapat Sahabat Gawai ketahui sebelum membeli laptop bekas.
 

1.  Hardisk laptop

Hardisk merupakan salah satu komponen terpenting dalam laptop yang berfungsi sebagai penyimpanan data utama. Salah satu kerusakannya adalah badsector, jika HDD sudah terkena bad sector maka penyimpanan data pun akan terhambat. Untuk mengecek HDD dalam kondisi yang baik anda dapat menggunakan beberapa tools bantuan seperti Seatools atau aplikasi bawaan dari windows itu sendiri.
 

2.  Keyboard laptop

Salah satu perangkat yang sering terkendala atau rusak adalah keyboard, jika keyboard ini rusak maka akan menggangu kerja kita. Untuk mengecek keyboard dalam kondisi baik atau tidak.Sahabat Gawai dapat mengeceknya menggunakan "Keyboard Tester Portable". Tenang saja aplikasi ini tidak perlu di install, Sahabat Gawai cukup mengunduhnya lalu menjalankan aplikasinya. Jika aplikasi sudah terbuka, Sahabat Gawai dapat menekan tombol satu persatu. Terdapat 2 indikasi warna pada aplikasi tersebut diantaranya warna merah berarti tombol bermasalah dan warna hijau berarti tombol dalam kondisi baik.
 

3.  Layar monitor laptop

Sahabat Gawai perlu memastikan 2 hal pada monitor laptop sebelum membeli. Pertama adalah kondisi layar. Kerusakan yang biasanya terjadi pada layar laptop adalah layar yang buram, adanya garis, layar bergoyang atau adanya titik titik dot pixel. Cara untuk mengeceknya mudah, Sahabat Gawai dapat mengganti walpaper dengan warna hitam polos dan putih, lalu perhatikan apakah ada ada warna lain dalam monitor atau tidak. Jika tidak ada indikasi warna lain, maka monitor laptop kemungkinan dalam kondisi yang baik.

Kedua adalah engsel monitor, Sahabat Gawai perlu memastikan apakah engsel monitor masih stabil atau tidak. Cara untuk mengeceknya cukup di goyang-goyangkan sedikit, kemudian buka tutup berkali kali secara pelan, jika tidak stabil atau layar monitor menjadi blank maka ada kemungkinan engsel monitor sudah tidak dalam kondisi prima.
 

4.  Baterai laptop

Salah satu komponen penting yang tidak boleh terlewat adalah baterai laptop.Sahabat Gawai harus benar-benar memastikan bahwa baterai dalam kondisi yang baik. Contoh dari kerusakan baterai adalah baterai drop atau laptop tidak bisa menyala jika hanya menggunakan baterai. Cara untuk mengecek baterai adalah Sahabat gawai dapat menggunakan laptop beberapa menit dengan membuka software yang cukup berat, kemudian cek level baterai laptop. Jika baterai berkurang dengan cepat, bisa jadi kondisi baterai sudah mengalami kerusakan.

Jangan lupa untuk memeriksa kondisi charger laptopnya juga ya, coba charge laptop bekas tersebut sebelum membeli. Periksa apakah pengisian daya dalam kecepatan normal atau lambat.
 

5.  Fungsi / Performa

Sebelum membeli, ada baiknya Sahabat Gawai mengecek performa laptop nya terlebih dahulu. Pastikan bahwa spesifikasi laptop sama dengan yang diberitahu oleh penjual dan laptop juga tidak lemot. Untuk mengeceknya Sahabat Gawai cukup membuka beberapa aplikasi sekaligus dan lihat apakah laptop tersebut lemot atau tidak. Penyebab laptop lemot bisa jadi karena sistem operasi yang sudah usang atau terdapat virus.
 

6.  Touchpad

Jangan lupa untuk mengecek touchpad laptop, biasanya ini adalah perangkat yang rawan rusak atau tidak berfungsi. Sahabat gawai dapat mengecek touchpad dengan cara cek tingkat sensitivitas nya, jika saat digerakan touchpad tidak ngelag atau lemot maka touchpad dalam keadaan baik. Namun jika touchpad tidak berfungsi, Sahabat Gawai dapat mengecek settingan atau drivernya terlebih dahulu. Setelah melakukan pengecekan ternyata masih belum berfungsi, ada kemungkinan jika touchpad memang rusak.
 

7.  Speaker

Seperti sayur tanpa garam, begitulah jika speaker laptop rusak. Ada baiknya jika Sahabat Gawai juga memeriksa speaker laptopnya. Apakah suara yang dikeluarkan cembreng atau tidak, jika cembreng ada kemungkinan speaker dalam kondisi yang tidak baik.
 

8.  Webcam

Saat ini webcam pun sudah menjadi kebutuhan utama dalam penggunaan laptop, karena hampir semua menggunakannya untuk meeting daring. Maka Sabahat Gawai perlu mengecek kondisi webcam nya apakah berfungsi dengan baik atau tidak.

Bagi Sahabat Gawai yang masih khawatir dimana bisa membeli laptop bekas yang terpercaya kondisinya, Gawaikita adalah solusi mu ! Tempat service laptop bandung terbaik. Tidak hanya menyediakan service laptop, Gawaikita juga menyediakan berbagai accesories laptop sesuai kebutuhanmu.  Bagi Sahabat Gawaikita yang mager keluar rumah buat service atau beli accesories laptop, tidak perlu bingung karena Gawaikita bisa datang ke rumahmu. Sahabat Gawaikita cukup buka website kami di www.gawaikita.comdan dapatkan konsultasi masalah laptopmu gratis. Ayo tunggu apalagi, laptop rusak, laptop mati, laptop butuh service? Gawaikita aja!

0
405
1
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Computer Stuff
Computer StuffKASKUS Official
50.5KThread9.2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.