ih.sul
TS
ih.sul
Alasan Logis Mengapa Manga Boruto Tidak Menarik



[WARNING SPOILER]

Tahu Boruto? Itu loh, anaknya Naruto, bapaknya Saruto, kakeknya Narto dan kakek-kakeknya Uzumaki Bayu. Nah, manga Boruto adalah sekuel dari karya terkenal ciptaan Masashi Kishimoto yang berjudul "Naruto". Manga ini mengisahkan tentang seorang anak yang bercita-cita ingin menjadi Hokage.

Meski demikian Manga Naruto sudah tamat pada tahun 2014 lalu namun ternyata kisah dunia ninja ini diteruskan oleh anak Naruto yang bernama Boruto.

Meski demikian, kesuksesan Naruto ternyata tak bisa diulang oleh anaknya. Mungkin ada juga orang disini yang merasa manga Boruto itu populer jadi mari kita berpacu saja pada angka.



Lihat gambar diatas? Itu adalah data penjualan volume Boruto yang mana tingkat penjualannya selalu menurun dan menurun. Apa artinya? Itu artinya serial ini semakin dan semakin ditinggalkan pembaca.

Kenapa? Mari kita bahas alasannya satu persatu. Ingat ya, yang saya bahas disini adalah manga yang terbit setiap bulan, bukan anime.

Karakter yang tidak menarik



Pertama, karakter. Jika di manga Naruto kita diperkenalkan dengan seorang anak korban bully yang di dalam tubuhnya disegel siluman rubah maka di manga Boruto kita diperkenalkan pada seorang anak yang tidak tahu caranya bersyukur.

Coba bandingkan dua karakter bapak dan anak ini. Naruto berhasil membuat kita bersimpati pada dirinya dengan konsep Zero to Hero yang disukai banyak orang. Dia tidak punya orang tua, penduduk desa menjauhinya dan dia selalu gagal dalam ujian. Perjuangan dan kerja keras Naruto lah yang membuat kita terus mengikuti kisahnya.

Lalu mari kita lihat Boruto. Boruto ini sudah kuat sejak awal, dia populer sebagai anak hokage namun dia benci pada ayahnya. Sejujurnya karakter anak rebel seperti ini bukanlah karakter yang sama sekali tidak menarik namun karna dia adalah anak Naruto maka kita mengharapkan banyak hal darinya dan disitu, Boruto gagal memenuhi ekspektasi pembaca.

Lalu bagaimana karakter yang lain? Sama aja sih. Kebanyakan cuma hasil plagiat dari sifat bapak atau emaknya. Tak banyak hal baru yang bisa kita dapatkan dan itu malah membuat ceritanya rata.


Karakter lama yang di-nerf secara tak masuk akal



Ayo ngaku, siapa yang baca Boruto cuma buat ngelihat lagi karakter karakter lama? Nggak salah sih kalau penasaran dengan apa yang terjadi pada mereka setelah kisah Naruto selesai namun sayangnya karakter-karakter lama ini berpotensi besar untuk membayang-bayangi karakter generasi baru.

Lalu gimana? Orang orang baca cuma mau lihat Naruto tapi kalau ada Naruto karakter Boruto bakal kelihatan ampas. Hasilnya? Ya, karakter lama perlu di-nerf alias dikurangi kekuatannya.

FYI, umur Naruto di serial Boruto itu masih pertengahan 30-an yang mana belum bisa dibilang terlalu tua. Dunia shinobi yang damai mungkin memang membuat Naruto jarang berlatih namun Kalau Naruto tak mampu mengalahkan cecunguk tanpa cakra biju itu sih keterlaluan namanya.

Begitu juga dengan Sasuke. Di masa remajanya dia bahkan sanggup melawan 5 kage namun sekarang? Dia cuma bapak bapak yang selalu mengeluh kehabisan cakra.

Kecewa dengan karakter favorit mereka yang jadi bapak-bapak karatan, para penggemar Naruto pun berhenti mengikuti Boruto.


Villain yang tidak berkesan



Bagaimana kesan anda pada Madara Uchiha? Well, dia adalah karakter yang sanggup membunuh 5 kage saat ini dan juga menghadapi aliansi shinobi sendirian. Dia mampu membelah gunung dan memanggil meteor. Kurang greget apa coba?

Lalu ada Kaguya. Dia adalah emak-emak yang sanggup teleport antar dimensi dan satu tusukan dari tongkatnya sanggup mengirim seseorang ke alam baka.

Villain di Naruto itu keren dan OP. Lalu bagaimana dengan Boruto?

Well, saat ini kita tengah dikenalkan pada seorang otsutshuki baru yang bernama Isshiki. Apa kekuatannya? Mengecilkan benda.

............. Okay, singkatnya dia adalah ant man versi alien. Bukan berarti kemampuan itu benar benar buruk, hanya saja jika dibandingkan dengan pendahulunya tak ada hal berkesan apapun yang bisa dibanggakan.

Selain itu Isshiki ini juga belum melakukan hal spesial apapun yang bisa membuat kita berpikir bahwa dia benar benar ancaman. Pencapaian terbesarnya saat ini cuma mengalahkan Naruto dan Sasuke dengan cara yang... Well, tidak enak dibaca.


Klimaks yang rendah



Apa daya tarik utama Naruto? Bagi saya itu adalah scene aksi, ketegangan dan juga misteri. Sayangnya, Boruto tak bisa memberikan kepuasan yang sama.

Mari ambil contoh pertarungan Naruto dan Sasuke melawan Isshiki. Jujur saja saat melihat Ishhiki datang ke Konoha saya mengharapkan akan ada tensei shinra versi 2. Kan keren kalau Isshiki mengecilkan seluruh desa hingga menjadi debu.

Sayangnya hal itu tidak terjadi. Tak ada hype, tak ada karakter yang mati dan tentunya tak ada scene keren penggunaan susano atau kurama full body. Yang ada hanya dua bapak bapak yang kesulitan menangkap semut. Sungguh mengecewakan.

Lalu apa yang paling mengecewakan? Karakter memorable yang seharusnya bisa mati secara epik malah mati dengan cara yang membosankan. Tak ada hype, tak ada ketegangan, there is nothing at all.


Merusak konsep yang sudah ada



Ini yang paling tidak bisa dimaafkan. Di serial Naruto kita sudah diberitahu bahwa Kaguya adalah seorang wanita yang memakan buah dari pohon cakra sehingga mendapat kekuatan yang begitu besar. Nah, di Boruto cerita ini diklarifikasi dan kita diberitahu bahwa otsutshuki ternyata alien. The fucking alien.

Kenapa itu mengecewakan? Satu, di dunia yang bahkan teknologi untuk terbang masih terbatas kita malah diperkenalkan pada sesuatu yang jauh, jauh dari yang bisa kita terima yaitu luar angkasa. Nah, kalau udah begini itu artinya otsutshuki-otshutsuki lain akan datang terus menerus sampai akhirnya Saruto menciptakan roket dan pergi ke luar angkasa. Terjadilah pertarungan antar bintang yang menghancurkan seluruh alam semesta. Namun untungnya uzumaki bayu sudah mengumpulkan tujuh bola naga dan mengembalikan semua seperti semula sebelum akhirnya dia dikejar oleh malaikat dan dewa penghancur.

Masuk akal? Silahkan nilai sendiri.

Alasan kedua, bukannya Hagoromo dan Hamura itu anaknya Kaguya ya? Itu artinya manusia bisa ena-ena sama alien? Bukannya itu berarti semua ninja adalah keturunan alien? Ahsudahlah.

Yang ketiga, ada planet-planet diluar tempat mereka tinggal. Itu artinya cerita bisa dikembangkan mengenai penjelajahan luar angkasa, makhluk makhluk planet lain dan bahkan dewa. Potensi pengembangan yang terlalu luas ini sayangnya tidak menarik karna sampai sekarang pun dunia ninja belum memiliki roket emoticon-Cape d...

***

So, bagaimana menurut agan agan sekalian? Saya pribadi tidak suka jika serial ninja ini berkembang seperti dragon ball yang mana alien alien berkepala kotak akan masuk ke dalam cerita dan menginvasi bumi.

Well, keputusan untuk terus membaca atau tidak semua ada di tangan anda. Yang jelas jika kualitas cerita tidak meningkat serialisasi mengenai si bocah ninja ini akan berakhir dengan penuh noda dan sumpah serapah. Mari berharap masashi kishimoto yang sudah kembali menangani cerita mampu membawa Boruto agar sesukses Naruto.

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.



Spoiler for sumber gambar:
Diubah oleh ih.sul 01-09-2021 02:24
ancientforceSickmasterpakisal212
pakisal212 dan 63 lainnya memberi reputasi
60
66.1K
337
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Anime & Manga Haven
Anime & Manga Haven
icon
6.5KThread8.5KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.