ekosisimbahAvatar border
TS
ekosisimbah
Wisata Umbul Ponggok, Merasakan Sensasi Berfoto di Bawah Air.
Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Hai agan sista ketemu lagi sama ane, ekosisimbah
Kali ini ane ingin membahas salah satu tempat wisata ter-epic yang ada di daerah Klaten yaitu Wisata Umbul Ponggok. Penasaran? SO, CHECK THIS OUT!




Di Kab. Klaten terdapat banyak tempat wisata yang indah, mulai dari Candi Sewu, Candi Plaosan, Candi Lumbung, hingga wisata air seperti Umbul Cokro dan Umbul Ponggok. Diantara banyaknya pilihan wisata di Klaten, menurut ane wisata Umbul Ponggok harus masuk dalam salah satu daftar list agan sista jika berlibur ke Kab. Klaten.

Kenapa ane bilang Umbul Ponggok jadi salah satu tempat recommended untuk liburan? karena di Umbul Ponggok kalian bisa berenang, menikmati wisata snorkling dan juga bisa berfoto di bawah air. Atau cuma sekedar nyebur atau basah basahan aja? Bisa bangeeett..


Umbul Ponggok sendiri pada awal mulanya adalah mata air yang dijadikan water reservoir yang berfungsi sebagai tampungan air untuk kebutuhan operasional pabrik gula. Dulu memang di kawasan ini terdapat pabrik gula. Setelah pabrik tersebut tidak beroperasi, oleh warga sekitar kawasan air mata ini disulap menjadi objek wisata.


Snorkling dan poto poto di bawah air menjadi favorit utama pengunjung di Umbul Ponggok ini. Ada banyak properti yang bisa kamu gunakan ketika berpoto di bawah air, seperti  laptop, tv, bangku meja, bahkan sampai sepeda motor pun bisa dijadiin properti ketika agan berfoto. Fantastis bukan?



Tapi, jika kamu hanya ingin snorkling tanpa poto poto pun tak masalah. Karena di Umbul Ponggok ini airnya sangat jernih dan juga terdapat beragam jenis ikan cantik yang bisa menemanimu ketika bersnorkling ria.


Untuk biaya masuk ke Umbul Ponggok, pengunjung cukup dikenakan tarif sebesar Rp 15.000 rupiah. Disini juga disediakan penyewaan alat snorkling dengan tarif Rp. 15.000. Selain alat snorkling, ada juga pelampung dan kaki katak yang bisa disewa dengan tarif yang cukup terjangkau, yaitu Rp 10.000 rupiah.



Lokasi Umbul Ponggok berada di Desa Ponggok, Kec. Polanharjo, Kab. Klaten. Jika agan sista datang dari arah Yogyakarta, agan sista bisa langsung ambil jalan yang ke arah GOR Klaten. Setelah itu tinggal mengikuti jalan yang ke arah Karanganom.

Kalau agan sista datang dari arah Solo, maka agan sista bisa melewati jalan Solo-Jogja hingga sampai ke arah Pasar Delanggu. Setelah itu jalan ke arah Polanharjo dan terus sampai ke arah Karanganom. Setelah sampai di Karanganom, kamu bisa ambil jalan utama sampai menemukan Gapura Desa Ponggok.




Buat kamu yang suka menyelam sambil foto foto, Umbul Ponggok lah tempat yang cocok. Selain snorkling, sensasi berfoto dibawah air memang cukup menyenangkan. Dengan fasilitas yang cukup lengkap dan biaya yang cukup terjangkau, maka tidak ada lagi alasan agan sista tidak datang liburan ke tempat yang fantastis ini.

Tapi perlu diingat, untuk selalu menjaga kebersihan dimana pun kita berada. Jangan pernah meninggalkan sampah dan merusak fasilitas yang sudah ada.

***


Sumber Referensi :
ini

Sumber Gambar :
- Instagram umbul_ponggok

Original thread by ekosisimbah

17 Februari 2021



agungdar2494
bedypop
tien212700
tien212700 dan 32 lainnya memberi reputasi
33
5.2K
197
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
TravellersKASKUS Official
23.1KThread11.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.