Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ochezzAvatar border
TS
ochezz
Manis Pahit Memelihara Kucing
Manis Pahit Memelihara Kucing

Assalamu'alaikum wr wb. Pada kesempatan kali ini ane mau sharing pengalaman seputar perkucingan yang mungkin akan barguna untuk agan/sista.



Check This Out Now



Manis Pahit Memelihara Kucing

Kali ini admin hanya ingin share seputaran memelihara kucing ya gaes. Ini menurut pendapat pribadinya admin selaku Cat Lover.


Bagi kalian yang ingin sharing juga seputaran kucing, bisa tinggalkan pertanyaan di kolom komentar. Siapa tahu admin bisa membantu hehe.


Jadi, begini. Belakangan ini admin banyak membaca soal kucing yang di jagal dan di konsumsi dagingnya, kasus ini ada medan. Tentunya kalian yang Cat Lover kesampaian mendengar berita miris ini.


Selain itu, admin juga membaca mengenai seorang nenek yang memakan kucing karena di percaya akan mendapatkan khasiat untuk mengobati penyakit tertentu.

Tapi gaes, jangan dulu percaya ya soal kucing memiliki khasiat seperti itu. Kucing ataupun anjing itu sejatinya adalah hewan peliharaan. Mereka bukanlah hewan ternak yang memang lazim untuk di konsumsi. Mungkin, banyak yang berpikir jika makan kucing atau anjing tidak akan berpengaruh apa-apa ya. Untuk jangka pendek mungkin ngga yah.

Namun, kita perlu bercermin dari negara tetangga yang berhasil menyumbang virus yang udah bikin susah orang sebumi, cuman gara-gara makan hewan yang gak lazim kerepotannya ampe sedunia. Nah, apakah kita mau jadi negara penyumbang wabah selanjutnya?

Manis Pahit Memelihara Kucing
Chester (oren) salah satu sisa penghuni rumah dan Emak (Telon). Siapa sih yang tega makan mahluk imut gini? Gak abis pikir asli.

Disisi lain, admin yang memang penyayang kucing dari kecil, dengar berita di atas itu miris gaes. Orang rumah di sini itu menganggap kucing udah kaya keluarga sendiri. Tahu sendiri kan kalo kehilangan keluarga itu rasanya gimana?

Miara kucing itu banyak banget manis pahitnya gaes apalagi kalo yang mati itu kucing kesayangan loh. Admin bisa bayangin semana sedihnya si owner yang kucingnya mati gara-gara di jagal orang.

Manis Pahit Memelihara KucingFoto lama, kucing-kucing admin dulu. Dari litter yang ini hanya 1 (yang Hitam legam, sebelah tanggal) yang ada di rumah sekarang. Sumber: Dokumentasi Pribadi

Admin dan keluarga udah memelihara lebih dari 20 ekor kucing, dan keluarga juga emang senang banget piara kucing sejak admin usianya 5 tahunan. Kucing-kucing yang di pelihara dulu udah wafat rata-rata gara-gara kemakan umur, beberapa ada yang sakit, bahkan ada juga yang di racun sama orang. Tapi beberapa kucing emang ada yang hasil anakan dari kucing betina yang dulu di pelihara di rumah.

Dan ada mungkin 11 ekor anakan yang admin urus dari kecil dan akhirnya mati 6 ekor karena terkena virus Panleukopenia, 2 ekor di minta orang dan sekarang sisanya kini tinggal 3 ekor yang ada di rumah.

Aturan tahun ini tuh kucing-kucing anakan yang admin pelihara sudah masuk usia 2 tahunan Oktober tahun ini. Tapi Tuhan ternyata lebih sayang dengan mereka. Pedih banget, mana jeda wafatnya juga sehari dua hari. :”’) Ada juga kucing anakan yang tadinya dalam keadaan sehat walafiat, terus liat saudaranya satu persatu wafat besoknya drop, tiga hari kemudian dia mati. Yang survive ada, cuman empat ekor dari anakan si betina.

Beberapa kucing yang dulu admin dan keluarga pelihara rata-rata adalah hasil dari rescue karena pas di temukan kondisinya saat itu menyedihkan banget. Salah satunya, si kucing sepuh Leo. Dulu, Leo di temuin di got depan rumah. Kondisinya pas di temukan Leo sudah dalam keadaan sakit dan kayanya emang sengaja di buang ama owner lamanya gara-gara gak bisa ngurus. Gak pikir panjang, kita urus Leo, bawa dia ke dokter dan dia pun survive sampai sekarang.

Manis Pahit Memelihara Kucing
Leo, kucing sepuh. Masih ada sampe sekarang. Dokumentasi Pribadi

Dulu Admin juga sempet ngga melihara kucing selama setahun karena kucing ada yang mati kena FIP (Feline Infectious Peritonitis, infeksi rongga perut). Rasanya tuh sepi banget rumah, kek kuburan gak ada yang ngerusuh ngeang ngeong gaje :,) Ngga ada hiburan juga. Asli sepi banget.

Bagi admin, pelihara kucing itu udah komitmen seumur hidup. Ketika mereka sudah tinggal di rumah artinya mereka jadi tanggung jawab owner. Ada kucing juga jadi hiburan tersendiri buat keluarga.

Untuk kalian yang ingin memelihara kucing, pastikan kalian berkomitmen untuk membahagiakan mereka seumur hidup ya. Kucing peliharaan itu kalo bukan ownernya yang rawat siapa lagi yang bisa sih?

Kalo kalian lepas ke pasar pun, belum tentu mereka bisa bersaing sama kucing-kucing yang liar yang ada di sana. Makanya kalo mau piara, harus benar-benar mantap siap dana, siap lingkungan dan lain-lainnya.

Ingat ya gaes, hewan apapun kalo udah ada campur tangan manusia, bakal sulit lagi di lepas liar kan.

Akhir Kata


Itulah Manis Pahit Memelihara Kucing. Semoga bermanfaat ya untuk agan/sistaemoticon-Big Kiss


Quote:




Diubah oleh ochezz 18-02-2021 15:07
ogahruwet
tien212700
SalsaPermata
SalsaPermata dan 3 lainnya memberi reputasi
4
961
5
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hewan Peliharaan
Hewan PeliharaanKASKUS Official
6.9KThread2.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.