Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

RickyAdrAvatar border
TS
RickyAdr
Hobi Makan Pedas? Yakin Udah Cobain 6 Jenis Sambal Ini?


Mayoritas orang Indonesia umumnya selalu menyantap sebuah hidangan dengan tambahan sambal di dalam makanannya. Sambal memang menjadi salah satu makanan khas yang jadi primadona oleh banyak orang. Pasalnya, orang Indonesia umumnya perlu merasakan sentuhan rasa pedas agar nafsu makan jadi meningkat.

Namun, apakah Agan tahu kalau terdapat berbagai jenis sambal yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia?

Jika Agan memang punya hobi makan pedas, sebaiknya Agan menjadikan jenis-jenis sambal yang akan Ane bagikan sebagai referensi saat menyantap makanan di kemudian hari. Penasaran apa saja sambalnya? Simak terus thread ini sampai selesai, ya!



1. Sambal Terasi
Masyarakat Indonesia tentunya sudah familiar dengan jenis sambal terasi. Umumnya, jenis sambal ini bisa Agan temukan di berbagai Warung Tegal (Warteg) atau restoran lokal lainnya.


2. Sambal Cabe Ijo
Jika Agan mempunyai hobi menyantap hidangan nasi padang, mungkin lidah Agan sudah akrab dengan jenis sambal cabe ijo. Rasa yang dihasilkan oleh sambal ijo sebenarnya tidak terlalu terasa pedas, akan tetapi jenis sambal ini selalu menjadi favorit untuk menjadi pendamping makanan utama.


3. Sambal Matah
Kini banyak sekali restoran di Indonesia yang menyajikan jenis sambal matah dalam menu hidangannya. Kepopuleran sambal matah dikarenakan rasa unik yang dihasilkannya. Sambal yang berasal dari Bali ini mengandung rasa yang tidak hanya pedas, namun ada sentuhan rasa asam, serta wangi segar yang dihasilkannya.


4. Sambal Dabu-Dabu
Agan yang berasal dari Manado pasti sudah sangat familiar dengan jenis sambal dabu-dabu. Sekilas, sambal dabu-dabu memang mirip dengan sambal matah. Akan tetapi, sambal dabu-dabu menggunakan cabai merah besar, cabai rawit merah, tomat, jeruk, limau, garam, gula, dan minyak.


5. Sambal Andaliman
Di daerah Sumatera Utara terdapat jenis sambal khas asal tanah Batak yang bernama sambal andaliman. Apabila Agan suka terhadap varian rasa pedas yang terdapat aroma khas rempah, Ane merekomendasikan sambal andaliman untuk Agan konsumsi. Hal itu dikarenakan bahan-bahan yang digunakannya terbuat dari cabai rawit hijau, bawang merah, bawang putih, kemiri, serai, jeruk nipis, dan garam.


6. Sambal Colo-Colo
Jenis sambal colo-colo memang tidak terlalu familiar jika dibandingkan dengan berbagai sambal yang telah Ane sebutkan sebelumnya. Akan tetapi, sambal khas Maluku ini mempunyai rasa pedas yang unik, karena dalam proses pembuatannya disiram dengan perasan jeruk nipis dan umumnya juga ditambahkan kecap.



Nah, setelah membaca berbagai jenis sambal yang telah Ane sebutkan, apakah ada yang sambal yang jadi favorit Agan?

Apabila Agan ada tambahan jenis sambal yang biasanya Agan konsumsi, boleh banget untuk ditambahkan melalui kolom komentar di thread ini ya. Siapa tahu bisa menjadi referensi untuk Kaskuser lain yang punya hobi makan pedas.
fc88
annaharry
tien212700
tien212700 dan 10 lainnya memberi reputasi
11
3.2K
119
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Selera Nusantara (Indonesian Food)
Selera Nusantara (Indonesian Food)KASKUS Official
9KThread6.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.