Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

istie86Avatar border
TS
istie86
7 Kuliner Masakan Indonesia Yang Mendunia
Tak hanya budaya, adat istiadat, tempat wisata menarik, Indonesia memang kaya akan ragam kuliner yang menggoda selera. Cita rasanya yang enak, lezat dan gurih tak kalah dengan masakan negara lain. Bumbu rempah yang digunakan menambah ciri khas masakan Indonesia yang mendunia.

Apa saja masakan Indonesia yang sangat terkenal di negara lain, nah tentunya Anda pernah makan menu kuliner yang satu ini, bahkan menu kuliner ini menjadi favorit bagi Anda. Walaupun menu dan sajiannya sederhana tetapi menu kuliner ini dapat bersaing di level internasional loh!.

1. Soto


Sumber; Google Image/masakapahariini.com

Wah,  menu yang satu ini banyak digemari semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang tua pasti suka makan soto. Makan soto cocok banget apalagi cuaca dingin atau panas tetap saja nikmat. Kuahnya yang gurih dan aroma nya yang harum menambah selera ketika memakannya.

Cita rasa soto punya ciri khas dengan bumbu rempah-rempah Indonesia. Soto identik dengan warna kuning yang cerah dibarengi dengan suwiran ayam dan potongan telur serta taburang bawang goreng dan seledri menjadi ciri khasnya.

Di berbagai wilayah di  Indonesia memiliki varian soto yang berbeda-beda, mulai dari soto makassar, soto ayam, soto lamongan, soto betawi dan banyak jenis soto lainnya. Menu soto ini juga ikut terkenal di luar negeri loh, termasuk masyarakat  Ibaraki Jepang pun telah terbiasa makan menu yang satu ini.

2. Bakso

Sumber: Google Image/dream.co.id

Bakso menggiurkan lidah, belum saja memakannya sudah tergoda dengan aroma nya yang harum dan sajiannya yang menggoda selera. Bakso, tentu semua orang suka memakan menu yang satu ini, bahkan sudah menjadi incaran menu utama bagi pencinta kuliner. 

Bakso yang bahan dasarnya dari daging sapi ditambah dengan mie, sawi dan tetelan sapi serta sambal cocok dimakan saat panas, ternyata kuliner satu ini turut mendunia. Termasuk di negara Tiongkok menu bakso ini ternyata menjadi favorit warga sana loh!

3. Sate

Sumber; Google Image/Resepkoki.id
 
Siapa sih yang gak tau menu yang satu ini, yups menu sate ini juga ikut melejit di kanca internasional. Dengan tampilan dan sajian yang beraroma khas mampu menjadi menu favorit di sebuah restoran Satay Junction di New York. 

Bahan utama yang digunakan adalah daging sapi, daging kambing atau daging ayam yang dibakar atau dipanggang menjadi coklat kehitaman. Ciri khas kuliner ini dengan menggunakan tusuk sate dibarengi dengan bumbu acar, tomat, tak ketinggalan sambal sate kacang yang enak dan manis menambah selera tersendiri bagi penikmatnya.

4.  Nasi Goreng 

Sumber: Google Image/bola.com

Bahan dasar makanan utama Indonesia adalah beras, nah menu yang satu ini tentu Indonesia punya. Nasi goreng menjadi andalan menu yang tak kalah lezat dan enak loh.

Menu khas Indonesia yang sederhana ini juga ternyata terkenal di seluruh penjuru dunia. Padahal penyajian yang simple dengan bumbu rempah khas ditambah dengan udang atau daging serrta irisan daun bawang dan krupuk menjadikan kuliner ini khas dengan tampilannya.

5. Gudeg

Sumber: Google Image/nativeindonesia.com

Menu kuliner satu ini hanya terdapat di Yogyakarta,  ciri khas penampilan dari gudeg ini berwarna coklat gelap dan rasanya pun identik dengan rasa manis. Gudeg yang berbahan dasar buah nangka, tempe, tahu, telor serta ayam yang dibacemi ini menjadi daya tarik dan perhatian masyarakat di Indonesia bahkan di dunia loh. 

Walaupun tampilan kurang menarik, ternyata banyak negara yang suka dengan kuliner ini. Jika Anda berlibur ke negara Melbourne Asutralia dan ingin makan gudeg, datang saja ke restoran di Clayton Road.

6. Tempe

Sumber; Google Image/indoS E N S O Rdow.com

Tempe dibuat apapun tetap enak, tempe berbahan dasar kedelai ini ternyata juga menjadi favorit masyarakat Jepang. Masyarakat Indonesia biasanya suka dengan penyetan tempe goreng dengan nasi panas bahkan dijadikan menu favorit tiap hari.

7. Sop Buntut Sapi.

Sumber: Google Image/id.pinterest.com

Kuliner Indonesia yang satu ini juga banyak penggemarnya, aroma dan sajiannya yang khas dengan bumbu rempah-rempah mendapat tempat istimewa tersendiri bagi penikmat sop buntut. 

Tak heran dengan rasanya yang lezat sop buntut yang berbahan dasar buntut sapi ini juga terkenal di luar negeri, sejak Kedutaan Indonesia di Italia mengenalkan menu masakan Indonesia yang satu ini, alhasil ternyata penduduk Spanyol ikut menyukai menu sop buntut dan mereka terpuaskan akan rasa nan gurih bercita rasa khas.









gagan23
annaharry
tien212700
tien212700 dan 10 lainnya memberi reputasi
9
2.9K
82
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto GuideKASKUS Official
8.8KThread12.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.