Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

whitehatsAvatar border
TS
whitehats
Belajar Berorganisasi Lewat 5 Jabatan di Kelas
Kesempatan ini ingin mengajak Kaskuser flash back ke masa kita-kita duduk di bangku sekolah, terutama di kelas. Kelas memiliki struktur, dimana kedudukan paling tinggi biasa dipegang oleh Wali Kelas. Namun khusus ketika kita duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), seingat saya cuman ada pengurus kelas yang terdiri dari beberapa jabatan dalam struktur lalu guru kelas juga sekaligus selaku Wali Kelas. Kepengurusan kelas ini ada beberapa jabatan, dimana pangkat ini secara nggak langsung mengajarkan kita akan berorganisasi. 

Berorganisasi sendiri memiliki manfaat untuk kita agar dapat mengembankan kemampuan, keberanian, serta melatih kedisiplinan. Tentu kemampuan ini dari yang sederhana atau pun yang berat, dan mungkin tak dimiliki oleh kebanyakan orang.

Ketua Kelas
Orang nomor satu di kelas adalah dihuni oleh pejabat Ketua Kelas dengan disingkat KK, namun beberapa juga menyebut jabatan di kelas ini dengan singkatan KM. Kalau kelas di ibaratkan sebuah negara, so pasti Ketua Kelas adalah presiden. Ketua kelas memiliki tugas dan wewenang untuk memimpin, menghimpun, dan mengkoordinir seluruh warga kelas. 
Belajar Berorganisasi Lewat 5 Jabatan di Kelas

Sependek pengalaman TS, pernah dua kali menjabat Ketua Kelas dan kala itu jadi orang yang lumayan penting. Mulai dari memberi instruk memberikan salam ketika guru masuk kelas, jadi pribadi yang bawel harus mengingatkan akan tugas-tugas dari guru yang harus dikumpulkan, sampai dengan menginisiasi untuk menjenguk ketika ada teman yang sakit. Setidaknya dua kali menjabat Ketua Kelas memberikan pengalaman bagaimana memimpin, secuil orang meskipun saat itu tak tahu menau indeks kesuksesan seorang pemimpin di kelas emoticon-Malu (S)
Belum lagi kalau ada teman berantem atau ada masalah lain, sudah pasti seorang pemimpin kelas akan turun tangan berusaha menyelesaikannya, yang tentunya juga berkoordinasi dengan Wali Kelas. 

Wakil Ketua Kelas
Belajar Berorganisasi Lewat 5 Jabatan di Kelas
Credit Image Wordpress.com


Melihat dari namanya, sudah pasti jabatan satu ini memang memiliki peran membantu ketua kelas dalam memimpin kelas tersebut. Pembagian tugas jadi jurus mudah dalam memimpin sebuah kelas, seorang ketua kelas akan berdiskusi dengan wakilnya tentang tugas mana yang akan ia emban, dan job desc mana yang akan dilakukan oleh wakil ketua kelas.

Sekretaris
Belajar Berorganisasi Lewat 5 Jabatan di Kelas
Credit Forum KASKUS

Ohhh,, terima kasih kepada pengalaman, atas peran ini saat di bangku kelas sehingga sampai sekarang TS pun masih memiliki minat akan menulis. Jujur, TS pernah menjadi sekretaris saat duduk di bangku kelas 2 SMP. Semua itu berkat tulisan ane yang dirasa bagus, dan gampang dibaca emoticon-Big Grin. Sekretaris kelas memang memiliki peran menulis di papan tulis, ketika ada jam kosong atau pun ada instruksi dari seorang guru. Selama setahun menjabat sekretaris kelas, tentu tangan pegal ini pun saat ini kerasa manfaatnya. Buktinya, hingga sekarang sudah puluhan tahun momen itu berlalu tapi semangat menulis di Kaskus tetap ada emoticon-Cool.

Bendahara
Belajar Berorganisasi Lewat 5 Jabatan di Kelas
Credit Blogspot.com

Ayo tebak, biasanya siapa yang kerap ketiban jabatan ini?. Kalau sepengalaman saya sih teman yang dirasa anak orang berkecukupan. Sosok anak orang tajir ini biasanya memang kerap jadi andalan menduduki posisi penting ini di kelas. Memilik job desc utama mencatat, mengurusi keluar masuk uang kelas, dan biasanya beliau lah yang akan muter tiap bangku untuk meminta iuran patungan apabila terjadi suatu kegiatan. 

Piket Kelas 
Belajar Berorganisasi Lewat 5 Jabatan di Kelas
Credit Docplayer.info


Meskipun ini bukanlah jabatan terseksi di kelas, namun bagaimanapun juga ini adalah bagian kelas yang sudah mengajarkan kita bagaimana berorganisasi di kelas. Piket kelas memang kerap identik dengan 'Tukang Bersih-bersih Kelas', padahal ini jabatan penting di kelas dimana para pemegang jabatan ini memiliki peran bertanggung jawab dengan kebersihan di kelas itu sendiri. 

Pada dasarnya semua memiliki peran penting demi kemajuan kelas, tak khayal demi kemajuan kelas pun biasanya seorang sekretaris atau bendahara juga dibantu oleh Bendahara 1, 2... dan Sekeretaris 1,2,... . 

Ayukkk, mari posting opini atau komentar kalian.. kita kenang masa-masa berorganisasi di kelas / sekolah melalui thread ini. Sharing pengalaman juga boleh, komentar terindah pasti ts angkut ke laman pertama . emoticon-2 Jempol

Diubah oleh whitehats 16-02-2021 03:37
0
1.8K
5
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.