arieputralabuanAvatar border
TS
arieputralabuan
Kampung Adat Todo dan Petualangan Mengenal Adat Nusantara

Kampung adat Todo terletak di Pulau Flores, tepatnya di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Jaraknya sekitar 3 jam perjalanan darat dari Labuan Bajo. Anda bisa memilih mengendarai motor sendiri atau menggunakan mobil plus seorang pemandu yang akan membantu perjalanan Anda untuk lebih terarah.

Kampung ini memiliki sekitar 7 buah Rumah Adat berbentuk kerucut. Berdiri kokoh di sekitar 'Compang' atau tempat menyimpan sesajian untuk nenek moyang dan Tuhan yang Mahakuasa, rumah-rumah ini berhimpun dengan pola artistik.



Di pintu masuk, Anda akan merasakan aura magis berkat atmosfer dan bentuk lingkaran compang serta beberapa batu kubur leluhur di dalamnya.

Karena itu, bila mengunjungi Kampung Todo Anda harus mengikuti prosedur yang dijelaskan oleh petugas di tempat tiket. Mereka akan membantu Anda untuk mengenakan pakaian adat masyarakat Todo agar diterima baik oleh nenek moyang orang Todo.

Setelah mengenakan pernak-pernik adat, pemandu lokal akan menemani Anda untuk berjalan menuju halaman Kampung Todo. Ada bebatuan yang tersusun rapi menyerupai tangga alam. Tepat di tangga depan, Anda akan menemukan dua meriam kecil peninggalan bangsa Eropa. Sayangnya, meriam besi ini tak memiliki angka tahun.

Rumah pertama yang menerima Anda adalah Mbaru Niang. Di dalam rumah ini, akan diadakan upacara kecil yang pada intinya bertujuan untuk meminta ijin kepada leluhur serta meminta doa mereka untuk kehidupan kita yang masih hidup.



Tetua kampung akan menyampaikan permintaan itu dalam bahasa Manggarai. Pengunjung akan memberi sedikit uang untuk prosesi ini. Nominalnya tidak ditentukan tetapi seturut keiklasan saja.

Di dalam rumah itu juga akan disampaikan beberapa informasi seputar sejarah dan sistem kekerabatan di dalam Kampung ini. Setelah semua selesai, Anda dipersilahkan untuk berputar-putar keliling Compang untuk mengambil foto atau video.



Spot foto terbaik ada di sekitar sisi kiri Compang. Latar belakang foto Anda adalah Mbaru Niang yang kokoh berdiri. Bila langit sedang cerah, pemandangan sisi belakang kampung begitu mempesona.

Mengunjungi Kampung Adat Todo adalah bagian dari petualangan mengenal adat nusantara. Ada persinggungan antara budaya Minangkabau, Gowa, dan Bima dalam sejarah Todo. Yang pasti tapak-tapak sejarah ini tersimpan di Todo baik lisan maupun tulisan.

Jika Anda penasaran, Ayo ke Kampung Todo - Flores, setelah pandemi ini berlalu untuk mengenal sejarah petualangan leluhur nusantara sebagai bangsa pelaut.*

Salam wisata.
Diubah oleh arieputralabuan 15-02-2021 07:30
turkusuma
lubangkaca
tien212700
tien212700 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
7.4K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cerita Pejalan Domestik
Cerita Pejalan Domestik KASKUS Official
2.1KThread2.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.