News
Batal
KATEGORI
link has been copied
224
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/602a36e04c13722a071a9ee0/utang-luar-negeri-indonesia-kini-capai-rp5803-triliun
Bank Indonesia mencatat utang luar negeri Indonesia akhir triwulan IV-2020 mencapai 417,5 miliar dolar AS atau Rp5.803,2 triliun (kurs Rp13.900 per dollar AS). Utang itu terdiri dari utang pemerintah dan bank sentral sebesar 209,2 miliar dolar dan swasta termasuk BUMN sebesar 208,3 miliar dolar AS.
Lapor Hansip
15-02-2021 15:54

Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun

Past Hot Thread

Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 TriliunIlustrasi Utang. (Foto: Pinterest)


Pantau.com - Bank Indonesia mencatat utang luar negeri Indonesia akhir triwulan IV-2020 mencapai 417,5 miliar dolar AS atau Rp5.803,2 triliun (kurs Rp13.900 per dollar AS). Utang itu terdiri dari utang pemerintah dan bank sentral sebesar 209,2 miliar dolar dan swasta termasuk BUMN sebesar 208,3 miliar dolar AS.

“Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia akhir triwulan IV-2020 tumbuh sebesar 3,5 persen (yoy), menurun dibandingkan dengan pertumbuhan triwulan sebelumnya sebesar 3,9 persen,” demikian keterangan tertulis Bank Indonesia (BI) di Jakarta, Senin (15/2/2021).

BI mencatat pertumbuhan ULN Indonesia itu melambat terutama disebabkan perlambatan pertumbuhan ULN swasta. Pada triwulan IV-2020, ULN pemerintah tercatat sebesar 206,4 miliar dolar AS atau tumbuh 3,3 persen secara tahunan atau (yoy), lebih tinggi dibandingkan triwulan III-2020 sebesar 1,6 persen (yoy).

BI mengungkapkan meningkatnya ULN pemerintah karena terjaganya kepercayaan investor sehingga mendorong masuknya aliran modal asing di pasar Surat Berharga Negara (SBN). Selain itu, penarikan sebagian komitmen pinjaman luar negeri untuk mendukung penanganan pandemi dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Baca juga: Pemulihan Ekonomi Nasional Itu Berasal dari Ibu-ibu, Nggak Percaya?

BI menyebutkan ULN pemerintah tetap dikelola secara hati-hati, kredibel, dan akuntabel untuk mendukung belanja prioritas, yang di antaranya mencakup sektor jasa kesehatan dan kegiatan sosial 23,9 persen dari total ULN pemerintah.
Kemudian, di sektor konstruksi (16,7 persen), sektor jasa pendidikan (16,7 persen), dan sektor administrasi pemerintah, pertahanan, dan jaminan sosial wajib (11,9 persen), serta sektor jasa keuangan dan asuransi (11,1 persen).

Sementara itu, ULN swasta pada akhir triwulan IV-2020 tercatat 3,8 persen (yoy), lebih rendah dibandingkan dengan pertumbuhan pada triwulan sebelumnya sebesar 6,2 persen (yoy). Perlambatan ini, lanjut BI, karena ULN perusahaan bukan lembaga keuangan (PBLK) serta kontraksi pertumbuhan ULN lembaga keuangan (LK) yang lebih dalam.

Pada akhir triwulan IV-2020, ULN PBLK tumbuh sebesar 6,4 persen (yoy), melambat dari pertumbuhan triwulan sebelumnya sebesar 8,4 persen (yoy). Selain itu, kontraksi ULN LK tercatat sebesar 4,7 persen (yoy), lebih besar dari kontraksi pada triwulan sebelumnya yang tercatat 0,9 persen (yoy).

Baca juga: Kemenkeu Serahkan Pengelolaan Piutang ke Tiap Kementerian Lembaga

Berdasarkan sektornya, ULN terbesar dengan pangsa mencapai 77,1 persen dari total ULN swasta bersumber dari jasa keuangan dan asuransi, pengadaan listrik, gas, uap/air panas dan udara dingin, industri pengolahan, dan pertambangan dan penggalian.

BI menambahkan struktur ULN Indonesia tetap sehat, didukung penerapan prinsip kehati-hatian dalam pengelolaannya. Struktur ULN yang sehat tercermin dari rasio ULN Indonesia terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) pada akhir triwulan IV-2020 yang tetap terjaga pada kisaran 39,4 persen, meski meningkat dibandingkan rasio pada triwulan sebelumnya sebesar 38,1 persen.

Selain itu, besarnya pangsa ULN berjangka panjang yang mencapai 89,1 persen dari total ULN menjadikan struktur ULN Indonesia sehat. Dalam rangka menjaga agar struktur ULN tetap sehat, Bank Indonesia dan pemerintah terus memperkuat koordinasi dalam memantau perkembangan ULN, didukung dengan penerapan prinsip kehati-hatian dalam pengelolaannya.

Sumber: https://www.pantau.com/topic/ekonomi...rp5803-triliun

profile-picture
profile-picture
profile-picture
fc88 dan 30 lainnya memberi reputasi
27
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 6
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
15-02-2021 18:10
ntu duit buap apaan sih segitu banyak
profile-picture
profile-picture
ARShecca dan VanillaDark memberi reputasi
1 1
0
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
15-02-2021 18:14
Meroket dong
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ARShecca dan 3 lainnya memberi reputasi
2 2
0
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
15-02-2021 18:16
Start dari jaman peninggalan sby 2400 triliun kalu gk salah.... Gileeeee itu duit hampir 3500 T jaman jokowi di buat apa ajaaa??? emoticon-No Hope
Diubah oleh laziale.id
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adipati.pinokio dan 4 lainnya memberi reputasi
3 2
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
15-02-2021 18:17
Valentine' Day https://bit.ly/2ZgMH3t
profile-picture
profile-picture
VanillaDark dan private13 memberi reputasi
0 2
-2
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
15-02-2021 18:18
Pemerintah tidak akan stop untuk pinjam uang terus. Kan urusan nya rezim berikutnya yg nanggung...
profile-picture
profile-picture
ARShecca dan VanillaDark memberi reputasi
1 1
0
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
15-02-2021 18:19
meroket ya akhi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ARShecca dan 3 lainnya memberi reputasi
2 2
0
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
15-02-2021 18:26
Banyak bener ya. Semoga gak makin bertambah lagi deh
profile-picture
profile-picture
ARShecca dan VanillaDark memberi reputasi
1 1
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
15-02-2021 18:29
Ane baca dulu gan

emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
setiabukanvanto dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
15-02-2021 18:37
Minta bantuan lah sm para sultan sultan.. di utube banyak noh para sultan 62 emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
ARShecca dan VanillaDark memberi reputasi
1 1
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
15-02-2021 18:42
emoticon-Matabelo
Sebanyak itu
profile-picture
profile-picture
ARShecca dan VanillaDark memberi reputasi
1 1
0
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
15-02-2021 18:42
bnyak amaatt
profile-picture
profile-picture
ARShecca dan VanillaDark memberi reputasi
1 1
0
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
15-02-2021 18:43
Ealaaaaahhhh duit semua tuh?
profile-picture
profile-picture
ARShecca dan VanillaDark memberi reputasi
1 1
0
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
15-02-2021 18:47
Ada gak manfaat yang dirasakan dari hutang segitu...?? Khususnya ente2 pribadi dengan penuh kesadaran...ada gak manfaatnya?
profile-picture
profile-picture
ARShecca dan VanillaDark memberi reputasi
1 1
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
15-02-2021 18:51
masih aman koq
profile-picture
VanillaDark memberi reputasi
1 0
1
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
15-02-2021 18:53
Klo bs smpe 11rbu triliun, biar impas
0 0
0
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
15-02-2021 18:57
Klo gk paham ilmu ekonomi & politik gk usah ngebahas hutang2 negara emoticon-Wow
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ambarawan dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
15-02-2021 18:57
Meroket karena seluruh pasien corona yg dirawat di RS d tanggung pemerintahemoticon-Big Grin

Stay safe guys
profile-picture
VanillaDark memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
15-02-2021 18:58
Boleh mengkritik, habis tu tangkap emoticon-Traveller

Setau ane ngutang itu untuk bangun tol langit bray, biar langsung tembak ke negara" besar di asia dan eropa emoticon-Traveller
Diubah oleh trangganu
profile-picture
profile-picture
rizaldi.sarpin dan rudisuriansyah memberi reputasi
2 0
2
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
15-02-2021 19:01
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
profile-picture
profile-picture
rizaldi.sarpin dan ARShecca memberi reputasi
2 0
2
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
15-02-2021 19:01
Astaqfirullah... bener bener kaget nih gan tp ya kita sebagai warga masyarakat yang baik hanya bisa berdoa saja biar utangnya cepat terselesaikan. Memang akhir2 ini Indonesia sangat sangat lumpuh diuji dengan adanya pandemi corona ini yg efeknya sangat signifikan terutama dalam bidang ekonomii
profile-picture
VanillaDark memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 2 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia