• Beranda
  • ...
  • Travellers
  • Mengenal Banten, Serta Adat Budaya Desa Wisata Baduy Luar Dan Dalam

andrerain5Avatar border
TS
andrerain5
Mengenal Banten, Serta Adat Budaya Desa Wisata Baduy Luar Dan Dalam


"WELCOME TO MY THREAD MY ADVENTURE"


Provinsi Banten memiliki ragam objek wisata alam, mulai dari pantai yang membentang dengan pasir putih dan birunya laut yang memukau. Sampai wisata religi yang penuh dengan nuansa sejarah islami.


Banten juga memiliki hewan yang tak dimiliki daerah lainnya. Apalagi kalau bukan Badak Cula Satuyang masuk daftar hewan yang dilindungi dan tercatat sebagai hewan yang langka.


Banyak hal Fantastisyang akan Agan dan Sista temukan bila sedang liburan di Banten, selain yang barusan ane sebutkan di atas, mungkin sebagian dari Agan Sista belum tahu jika Banten memiliki satu Suku yang sangat Epic dan masih terisolasi dari modernisasi. Belum mengenal kehidupan yang serba canggih dan rupiah.


Suku Baduyatau orang Baduy sendiri menyebutnya Urang Kanekes (nama kampung) ini memiliki kebudayaan yang sangat kental dengan adat dan norma-norma yang mereka pegang dengan sangat teguh secara turun temurun, tak sembarangan orang bisa masuk atau menjelajah daerah tersebut. Jika pun bisa, kita harus melepaskan keduniawian yang kita bawa, dan mengikuti adat yang berlaku disana.


Spoiler for Anak-Anak Baduy Dalam:


Kita tidak akan diijinkan membawa kamera dan handphone, bahkan memakai alas kaki pun tidak diperbolehkan. Mengapa demikian? Karena Suku Baduy tidak ingin daerahnya terkotori oleh keragaman duniawi.


Seperti yang diketahui oleh masyarakat luas pada umumnya. Suku Baduy terbagi menjadi dua bagian, yaitu Baduy Luar dan Baduy Dalam. Dalam membedakannya amatlah gampang, terlihat jelas dari pakaian yang mereka kenakan.


Baduy dalam menggunakan pakaian yang serba putih, mulai dari baju sampai ikat kepala, sementara Baduy luar memakai pakaian serba hitam dan ikat kepala yang berwarna biru, yang menandakan jika Baduy luar tidaklah suci lagi, karena sudah terkontaminasi kehidupan modern.


Spoiler for Rumah Penduduk Suku Baduy Luar:


Baduy luar, meskipun sudah banyak yang mengenal dunia modern, bukan tak juga harus meninggalkan aturan-aturan adat yang mereka anut. Mereka tetap mematuhi aturan adatnya, seperti tidak melakukan perjalan selama lebih dari tujuh hari, selalu bepergian dengan berjalan kaki tanpa alas kaki dan membangun sarana umum atau rumah hanya diperbolehkan menggunakan bahan dari alam.


Baduy dalam bisa dengan bebas keluar masuk ke daerah Baduy luar, namun tidak demikian dengan Baduy luar. Pun dengan cara berpakaian, Baduy dalam bisa dan sering memakai pakaian berwarna hitam, namun bila Baduy luar yang memakainya, itu menjadi Kualatatau kesialan untuk yang memakainya.


Spoiler for Leuit atau Lumbung Padi:


Baduy Dalam, hanya memiliki 40 rumah yang dibuat secara berdampingan satu dengan lainnya, menandakan kerukunan yang harus selalu dijaga. Suku Baduy Dalam menjalani kehidupan yang sederhana dan bergantung dari alam, hal yang wajar jika mereka sangat tidak ingin daerahnya terkontaminasi kehidupan dari luar.


Namun, hal demikian menjadi daya tarik yang akan memberikan kesan Fantastisbagi pengalaman bertravelling agan dan sista. Banyak tempat dan spot yang sangat Epic ketika berkunjung ke Desa Wisata Baduy.


Spoiler for Suasana Desa Baduy Luar:


Jika agan dan sista ingin mengunjungi kawasan Desa Wisata Baduy, persiapkan segala sesuatunya. Jangan sampai kurang satu pun. Setelah sampai, tetap patuhi aturan setempat dan hormatilah adat yang menjadi panutan kehidupan disana.


Untuk menuju kesana, jarak dari Jakarta kurang lebih 160km/5 jam perjalanan. Agan Sista bisa menggunakan mode transportasi kereta. Dari Stasiun Tanah Abang menuju Rangkas Bitung dan menyambungnya dengan angkutan umum yang akan mengantarkan agan sista ke Kampung Kanekes, gerbang menuju Desa Wisata Baduy.


Spoiler for Gadis Baduy Luar:


Selamat jalan-jalan, semoga perjalanan agan dan sista bisa menambah pengalaman yang berkesan dan fantastis, mengenal kehidupan yang sangat epic dengan budaya Suku Baduy yang masih kental akan adatnya.


Tetap jaga kebersihan, hormati tempat berpijakmu dengan bijak. Jangan membuang sampah sembarangan, berprilaku dan bertutur kata yang sopan adalah cerminan orang berpendidikan.


Spoiler for :


Salam Petualangan!
Jumpa lagi dilain Thread dan kesempatan.

:terimakasih:terimakasih:terimakasih


Narasi & Opini Pribadi

Sumber Referensi: Di Sini

Sumber Foto Sudah Tercantum
Diubah oleh andrerain5 14-02-2021 21:24
annaharry
rirandara
tien212700
tien212700 dan 25 lainnya memberi reputasi
26
4K
77
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
TravellersKASKUS Official
23.1KThread10.9KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.