Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Heboh Sosok Pocong Tertangkap Kamera CCTV di Jeneponto! Ini Fakta Ilmiah Penampakan

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Heboh Sosok Pocong Tertangkap Kamera CCTV di Jeneponto! Ini Fakta Ilmiah Penampakan
Heboh Sosok Pocong Tertangkap Kamera CCTV di Jeneponto! Ini Fakta Ilmiah Penampakan

Mengerikan, viral sosok pocong dikejar anjing tertangkap kamera CCTV di daerah Jeneponto, Sulawesi Selatan!


Pocong, adalah sosok makhluk halus khas Indonesia yang berbentuk menyerupai guling dan berpindah temoat dari satu tempat ke tempat lain dengan cara melompat dan terbang.
Menurut beberapa orang yang pernah melihat secara langsung penampakan pocong, wujud dari pocong ini memiliki wajah yang rusak parah dan mengerikan. Muncul disertai dengan bauh busuk yang menyengat hidung!

Jika membahas tentang makhluk ghaib, memang manusia wajib untuk mengimaninya. Karena memang meskipun makhluk-makhluk ghaib tersebut tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, namun memang keberadaan mereka ada di sekitar manusia.

Namun untuk hantu atau setan, ane pribadi belum pernah melihatnya secara langsung GanSis. Dan tidak pernah terbayang sedikitpun di benak ane untuk bertemu dengan mereka apa lagi sampai disapa oleh hantu di jalanan. Hal yang sangat mengerikan meskipun sekedar hanya untuk dibayangkan!


Heboh Sosok Pocong Tertangkap Kamera CCTV di Jeneponto! Ini Fakta Ilmiah Penampakan


Keberadaan pocong yang tidak kasat mata bukan berarti tidak pernah ada yang melihat penampakannya secara langsung atau melalui sebuah media ya GanSis.
Beberapa kali beredar sebuah video yang beredar di media sosial yang memperlihatkan sosok hantu terekam kamera CCTV.
Tidak hanya pocong, tapi juga kuntilanak, tuyul dan genderuwo merupakan beberapa jenis hantu yang paling sering menampakkan diri dihadapan manusia.

Salah satu kejadian penampakan diduga pocong yang sedang viral di media sosial minggu ini yaitu sebuah kejadian yang terjadi di Sulawesi Selatan yang di bawah ini!


Spoiler for Penampakan Pocong di Jeneponto Sulawesi Selatan:


Video yang dibagikan oleh akun Instagram @makassar_iinfo di atas adalah sebuah kejadian yang sedang heboh terjadi di Kampung Balangberu, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan.
Penampakan pocong dikejar anjing tersebut terekam kamera CCTV salah seorang warga yang bernama H. Karim, pada tanggal 9 Februari 2021 pada pukul 02:30.

Menurut Pak H. Karim, kejadian tersebut berawal dengan lolongan beberapa ekor anjing di halaman rumah.
Mendemgar suara anjing tersebut, akhirnya istri dari Pak Haji memutuskan untuk melihat rekaman CCTV, karena takut kucing peliharaannya diterkam anjing.
Ternyata saat melihat rekaman CCTV, didapati sosok pocong tengah berlari karena dikejar anjing.
Video tersebut pun heboh dan viral setelah ditunjukkan kepada para warga sekitar!


Heboh Sosok Pocong Tertangkap Kamera CCTV di Jeneponto! Ini Fakta Ilmiah Penampakan


Melihat dan mendengar berita yang beredar di media sosial dan televisi tentang penampakan pocong yang menghebohkan warga masyarakat Jeneponto, Sulawesi Selatan ini, sebenarnya ane sendiri masih kurang percaya dengan kebenaran beritanya.
Sebab kasus penampakan yang semacam ini tidak hanya kali pertama kita temui. Beberapa kali sempat viral berita yang sama dan ternyata setelah dicari tahu lebih dalam ditemukan bahwa faktanya bukan hantu, melainkan hanya bias cahaya atau memang manusia yang melakukan prank saja!

Mungkin Agan dan Sista pun juga sulit untuk percaya dengan fenomena penampakan hantu seperti di atas.
Karena memang kodratnya hantu yang merupakan makhluk ghaib, maka tipis kemungkinan mereka menunjukkan wujudnya di hadapan banyak orang apa lagi sampai terekam kamera atau CCTV.

Usut punya usut berawal dari rasa penasaran ane terhadap fakta ilmiah penampakan hantu yang terekam kamera, ane menemukan banyak fakta menarik seputar penampakan hantu.
Di bawah ini fakta-faktanya!


Heboh Sosok Pocong Tertangkap Kamera CCTV di Jeneponto! Ini Fakta Ilmiah Penampakan


1. Sejarah Penampakan Hantu
Penampakan hantu awal kali terekam kamera adalah pada tahun 1860 oleh seorang fotografer bernama William Mumler, seorang fotografer berkebangsaan Amerika Serikat.
Penampakan hantu yang terekam kamera berkualitas rendah pertama kali inilah yang mempelopori munculnya komunitas Ghost Photography di Amerika.

2. Hanya Terekam Kamera Kualitas Rendah
Fakta berikutnya, penampakan hantu tidak pernah dapat tertangkap kamera HD.
Hanya pada kamera-kamera dengan kualitas rendah lah sosok yang diduga hantu tersebut dapat terekam.
Sehingga tidak dapat dipastikan apakah sosok yang terekam kamera tersebut benar-benar hantu atau hanya sebuah biasan cahaya yang membentuk sebuah objek menyerupai hantu!

3. Muncul karena Imajinasi
Munculnya sosok diduga hantu yang tertangkap kamera, menurut beberapa ilmuwan dan pengamat adalah hasil dari imajinasi fotografer ataupun orang yang melihat rekaman.
Karena sosoknya yang tidak jelas, seseorang mengambil kesimpulan dan mengaitkan bahwa penampakan tersebut adalah penampakan hantu!

4. Tidak Dapat Diteliti
Hasil rekaman penampakan sosok yang yang diduga hantu, baik itu video atau foto, tidak dapat diteliti karena terbatas dengan perbedaan alam antara manusia dengan sosok makhluk ghaib (hantu).
Kesusahan untuk membuktikan kebenarannya inilah yang membuat kepercayaan masyarakat terhadap sosok penampakan hantu masih terus terpelihara dari dulu hingga sekarang.


Nah, seperti itulah GanSis fakta ilmiah yang ane dapatkan tentang sosok yang diduga hantu terekam kamera yang kerap kita lihat beredar di dunia maya atau media sosial.
Memang kepercayaan seseorang terhadap suatu hal itu tidak dapat kita paksakan.
Semua orang berhak memiliki kepercayaan terhadap suatu hal meskipun hal tersebut tidak dapat dibuktikan!

Semoga dari thread ini kita dapat mengambil pelajaran baik, terutama tentang kehidupan manusia yang berdampingan dengan makhluk lain yang tidak boleh saling mengganggu dan melampui batasannya masing-masing.


Heboh Sosok Pocong Tertangkap Kamera CCTV di Jeneponto! Ini Fakta Ilmiah Penampakan


Penulis: @masnukho©2021
Narasi: Ulasan dan opini pribadi
Referensi: Klik
Sumber video: di sini
jicho22
muyasy
tien212700
tien212700 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
28.5K
95
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.