Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

gabener.edanAvatar border
TS
gabener.edan
Demokrat: Jika Jokowi Minta Dikritik, UU ITE Harus Direvisi
TEMPO.CO, Jakarta - Penasihat Fraksi Demokrat Dewan Perwakilan Rakyat, Benny Kabur Harman mengatakan ada beberapa hal yang harus dilakukan Presiden Joko Widodo atau Jokowi jika memang ingin dikritik.

Pertama, kata Benny, Presiden harus berani menghapus semua hambatan legal penyampaian kritik. Salah satunya adalah Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

"Presiden harus mengajukan revisi UU ITE kepada parlemen dan mengubah agar aturan itu tak terlalu ketat," kata Benny pada Sabtu, 13 Februari 2021.

Kedua, jika UU ini tak direvisi, maka penerapannya harus diatur secara selektif. Benny berujar, yang menjadi masalah sekarang aturan ini menjadi pisau bermata dua dan diskriminatif. Yakni tajam kepada pengkritik atau lawan politik, tetapi tumpul kepada para pendukung pemerintah.

Pilihan lainnya, Benny bisa saja Presiden memerintahkan Kepolisian untuk tak menggunakan UU ITE demi komitmennya terhadap demokrasi. "Tergantung komitmen pemerintahnya. Kan banyak UU kita enggak dipake karena komitmen pemerintah terhadap demokrasi," ujar dia.

Selain itu, Benny mengatakan pemerintah juga tak boleh merepresi atau mengontrol pers. Ia menilai media massa saat ini, baik konvensional maupun nonkonvesional ditekan secara halus sehingga menyensor dirinya sendiri.

Ia menduga tekanan itu terjadi lantaran melihat banyak media massa yang kerap kali satu suara dengan pemerintah, jarang memunculkan pandangan berbeda.

Benny mengatakan Presiden Jokowi harus menunjukkan komitmennya terhadap hal-hal tersebut. Jika tidak, ia menilai ucapan Jokowi meminta kritik masyarakat itu hanyalah pernyataan bombastis dan populis yang sekadar menyenangkan rakyat, tetapi normatif. "Packaging yang bagus tapi substansinya tidak. Kalau memang beliau komitmen untuk itu ya dia harus masuk ke substansi-substansi itu tadi," kata Benny.

Revisi UU ini belakangan kembali disorot lantaran pernyataan Presiden Jokowi saat berpidato di acara Peluncuran Laporan Tahunan Ombudsman RI tahun 2020, Senin, 8 Februari lalu. Jokowi meminta masyarakat lebih aktif menyampaikan kritik atau potensi maladministrasi pelayanan publik.

https://nasional.tempo.co/read/14324...i/full?view=ok

Quote:


kalian yg buat skrg kalian pula yg kejang2 dgn UU ITE.
Aneh bener liat kelakuan nih parte dan sohibnya pksemoticon-DP

Lahir 2008 di era ketua kalian dan di sahkan ketua kalian.
Kini hasil karya kalian diributkan oleh kalian sendiri,sekonyong2 JKW lah yg membuat kegaduhan karna UU ITE ini.
Quote:


kog kalian diam2 saja saat itu dan di era JKW 2016 baru di revisi padahal ada rentang waktu 5 tahun dan saat itu kalian penguasa juga di parlemen bahkan pecahkan rekor pula pemenang pemilu dgn nilai 20% di 2009.
Kenapa tidak di revisi saat kalian berkuasa,toh uu ite sudah gaduh saat bru lahir emoticon-DP
PapayaPokpok
nomorelies
Proloque
Proloque dan 15 lainnya memberi reputasi
16
2.8K
52
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.6KThread41.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.