Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ProtheusAvatar border
TS
Protheus
Keluh kesah pengguna fixed gear di 2020
Hi,

Udah lama banget gan ga bikin thread, mau cerita sedikit dan nanya sedikit. Maap kalau wall of text.

Saya ngga pernah suka sepeda, dulu pernah ikut ikutan beli MTB dipakai cuman 2x, road bike pun begitu, cuman dipakai kalau ada acara kantor, sampai pada akhirnya 2 bulan belakangan ini saya tergila gila sama fixie. Telat ya? Skrg eranya Bromptn, saya emang ga begitu ngikutin trend yang kayak gini.

Kl saya liat di socmed, anak anak fixie itu demen mejeng, ada beberapa komunitas bagus yang seneng gowes bareng, olahraga sama sama, kadang touring, tp mostly komunitas mejeng, kenapa saya bilang gt, soalnya saya ngga bs ngebayangin gowes jauh pake jeans, udah pasti puanas dan selangkangannya sakit, kalo saya, saya tipe yg naik fixienya lumayan proper, pake celana sepeda, sepatu cleat, helm sepeda, etc.

Fixed gear itu enak, tinggal gowes, low maintenance, ngga pusing overgear/undergear, dan fun, mungkin karena rasanya rodanya bener bener muter sesuai gowesan kaki, yang jelas, saya merasa lebih enak dibanding road bike, ini preferensi pribadi ya, no offense buat cyclist jenis lain.

Problemnya di 2020 saya udah telat bgt pindah ke fixed gear, ada beberapa problem yang saya hadapin, terutama karena saya newbie di persepedahan.
1. betapa sulitnya cari komunitas fixie, even dicari di google pun sudah ga ada, Last messagenya 2016 semua (rata-rata malah 2011) yg baru baru paling 2 biji.
2. Saya tinggal di BSD, cari bengkel yang ramah fixed gear juga susahnya minta ampun di daerah saya, boro boro bengkel khusus fixie, yang “ramah” barang fixie udah ga ada, hampir semua bengkel di daerah saya nanya “road apa mtb mas?” Saya jawab “fixie”, “oooh udah ga ada kalo itu mas.”

Ada contoh paling gampang, saat ini saya pake sram torpedo, saya kepingin banget ganti flip flop hub wheelset yang ada brakeline nya, ini nyari di toko sepeda offline susahnya minta ampun, yes kl di fjb banyak hubnya, tp berhubung newbie, i have no idea harus beli spoke yg mana, rim yang mana. Pengen belajar tp ga ada bengkel yg bs saya tongkrongin buat belajar fixed gear dan atribut2nya.

Jadi pertanyaan saya, apakah masih ada enthusiast fixed gear yang emang pake fixed gear buat olahraga dan sesekali mejeng? Lalu ada yang tau kah bengkel ramah fixie di BSD dimana? Atau mungkin orang bengkel yg bs dipanggil ke daerah BSD?

Sebelumnya terima kasih banyak yang udah baca, apalagi udah bantu jawab, GBU.

Cheers!
nona212
nona212 memberi reputasi
1
1.9K
9
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sepeda
SepedaKASKUS Official
2.6KThread1.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.