sofiayuanAvatar border
TS
sofiayuan
Gemar Menunda Sama Dengan Membuang Waktu Percuma


Menunda sama dengan membuang waktu percuma.

Dalam kehidupan sehari-hari kita pasti memiliki kesibukan, mulai dari bangun tidur hingga menjelang tidur kembali.
Namun hal demikian tidak harus menjadi senjata atau alasan sehingga kita senang menunda suatu pekerjaan atau rutinitas yang biasa kita lakukan karena semakin sering menunda maka semakin banyak beban yang menunggu untuk diselesaikan. Benar atau benar sekali? (anda semua lebih tahu jawabannya).

Bukan omong kosong, namun saya sendiri juga pernah mengalami posisi seperti itu. Saat harus menulis tetapi saya tunda karena ide yang klik belum juga muncul, sedangkan deadline sudah di depan mata akhirnya belum bisa merampungkannya, sampai pada waktu itu jatuh sakit dan pengiriman naskah sudah berlalu. Apa yang saya lakukan?. Yaps gigit jari deh. Menyesal tentunya.

Padahal jika saya mau berusaha lebih keras lagi, tidak mungkin akan terbegkalai dan sekali lagi saya mengkambing hitamkan "ide" yang tak kunjung ok sehingga membuatnya mengulur waktu. Waktu tak akan menunggu siapapun. Dia akan tetap berjalan semestinya dengan atau tanpa diri kita melakukan sesuatu dalam menit itu.

So, membiasakan diri serta sedikit memaksakan untuk melakukannya adalah bentuk usaha yang bisa di lakukan, setidaknya jika benar-benar sudah tidak mampu kita tak akan menyesalinya karena sudah berusaha semaksimal mungkin dalam melakukan hal tersebut.

Dengan membiasakan diri kita sudah melatih kedisiplinan serta tanggung pada diri sendiri.

Bisa juga dengan cara give and punishment, jika mampu menyelesaikan suatu target berikan hadiah pada diri sendiri. Pun sebaliknya jika melanggar apa yang sudah menjadi target maka menghukum diri sendiri juga perlu meski bukan hal yang berat.

Contoh sederhana, anda lupa untuk membaca dikarenakan kesibukan atau hal lain, maka menambah jatah membaca menjadi dua kali lipat mungkin bisa di jadikan sebagai hukuman.Tentu kita akan merasa keberatan jika tak terbiasa, namun tujuannya agar supaya muncul rasa tanggung jawab dan disiplin pada diri sendiri.

Mari melatih diri untuk disiplin dan bertanggung jawab dengan hal-hal yang sudah kita pilih agar kita tak terlatih menjadi generasi gemar menunda dan membuang waktu dengan percuma.

Jangan lupa bahagia dan Belajar Bersama Bisa :terimakasih

Oleh : @sofiayuan
Sumber tulisan : Opini pribadi
Sumber gambar : ini
Diubah oleh sofiayuan 08-10-2020 04:02
irhayuayank
ukhtyfit81
Indriaandrian
Indriaandrian dan 8 lainnya memberi reputasi
9
945
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.