Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
145
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/602211e8c9ab4741903e8543/apa-bener-kalo-kita-berhutang-kepada-orang-tua-menurut-agan-gimana
disclaimer sebelumnya ya gan, disini ane cuman pengen diskusi ringan aja. karena ini jg masih pendapat alami ane pribadi sebagai anak dan orang tua baru ya gan, bila ane ada salah kata dan salah tindakan ane minta maaf, dan ane berharap ini bisa menjadi hikmah buat ane dan buat agan2 yg baca. 
Lapor Hansip
09-02-2021 11:39

Apa Bener Kalo Kita Berhutang Kepada Orang Tua? Menurut agan gimana?

Past Hot Thread
Assalamualaikum Wr, Wb.

disclaimer sebelumnya ya gan, disini ane cuman pengen diskusi ringan aja. karena ini jg masih pendapat alami ane pribadi sebagai anak dan orang tua baru ya gan, bila ane ada salah kata dan salah tindakan ane minta maaf, dan ane berharap ini bisa menjadi hikmah buat ane dan buat agan2 yg baca. 

sesuai dengan judul ane yg di atas gan, menurut agan semua apa bener kalo kita itu berhutang sama orang tua kita sendiri gan? karena menurut ane pribadi ya, ga ada yg namanya kita berhutang sama orang tua, tp sebaliknya. kenapa? karena menurut sudut pandang ane pribadi ya gan, kita itu di lahirkan atas kuasa Allah SWT, kita (sbg orang tua) di berikan amanah oleh yg kuasa utk membesarkan, mendidik, menafkahi, dan merestui anak kita. 


menurut ane pribadi, berhutang itu adalah sesuatu hal yg harus dibayar kontan atau serupa dengan apa yg sudah di keluarkan, tp apa iya kalo kita di lahirkan kita jg harus membayar dengan melahirkan (?) atau kita di berikan pendidikan oleh orang tua lalu kita harus mendidik orang tua kita sendiri (?) atau bila orang tua merestui pernikahan kita, kita harus pula merestui pernikahan mereka sebelum ane di lahirkan (?) 

atau malah sebenarnya kita (sbg orang tua) yg berhutang  kepada anak kita sendiri? kenapa ane bisa bilang spt itu, mungkin ini akan menjadi jawaban serupa dengan statement ane di atas, ane befikir bahwa kita berhutang sama anak itu sebenernya valid gan, karena dimana mereka bergaul, kita sebagai orang tau menjadi pelopor si anak akan berkembang. kalo kita tipe yg pemabuk, maka mungkin anak kita akan menjadi pemabuk jg spt orang tua nya dan mengangaap pemabuk itu adalah hal wajar dalam pandangan mereka dalam pergaulannya, bila kita adalah orang tua yg pemurah dan mengikuti ajaran agama, mungkin si anak akan menjadi pribadi yg sebaliknya dgn orang tua yg mempunyai kebiasaan mabuk2an di rumahnya.

dalam POV ane ya gan, ane jg tumbuh bukan dari keluarga yg kalo di bilang ada ya ada, di bilang cukup ya cukup, di bilang ga ada ya bisa iya bisa engga, hehe binggung kan tp ya ini yg ane bisa kasih liat. gini cerita nya.

dulu orang tua ane sering kali anggap ane itu spesial ke orang banyak, di bilang nya lah ane sekolah di luar negeri. padahal ane sekolah di dalam negeri yg sejujur nya biasa aja pendidikannya ga bagus-bagus amat. ga pinter-pinter amat juga. suatu saat ada tetangga datang kerumah dan ngomong "oh ini ya anak nya si pak A yg dapat beasiswa?" wauw~ padahal ane rangking aja ga pernah gan haha.. malu? iya. pasti. namun ketika ane balikin cerita itu ke orang tua ane, mereka reaksinya tentu ya marah besar. menurut ybs itu adalah sebenernya acuan buat ane bisa dapetin beasiswa itu gan, padahal ya kaya ane bilang td sekolah aja ga pernah dapet ranking. berjuang utk anak nya dapetin hal2 tsb aja nyaris ga pernah. apakah bisa ane sebut itu bluffing

jujur, setelah ane punya anak ane ga pengen ngerasa itu terulang lagi ke ane gan. ane sekarang kerja keras buat anak dan istri ane, ane sekarang berfikir sama diri sendiri. bahwa ane berhutang banyak kedepannya sama anak ane, karena ane yakin suatu saat anak ane akan meminta hal yg serupa dengan ane di masa lalu, dan ane sebisa mungkin pengen ngewujudin impian anak ane, biar ane dan istri yg capek, asal anak ane bahagia dengan cita-cita nya nanti. ane cuman ga pengen terjadi itu kejadian sama anak ane di masa depan. mungkin terdengar seperti balas dendam kali ya?

kalo menurut agan gimana?



Quote:Original Posted By Harlequinz
klo emg ngrasa ente / kita sbg anak punya hutang terhadap ortu, menurut ane sih simple aja, doain mrk selama kita mampu dan sebisa mungkin setiap hari .. krn gimana pun jg, kita tidak akan bisa ngebalas jasa / pun semua yg telah diberikan sama ortu ke kita .. skali lg itu menurut ane lho, ga tau klo yg laen ..


Quote:Original Posted By wiskey31
Kalo yg ane liat di islam... Kyknya ga ada yg namanya hutang piutang antara anak & ortu

Yg ada kewajiban anak terhadap ortu & kewajiban ortu terhadap anak


Quote:Original Posted By Zhendong.Wanmei
ane bisa merasakan vibrasi kekecewaan agan dari Isi tulisan emoticon-Big Grin

Hidup tiap orang berbeda2, jawabannya jadi subjekif. Dengan mempertanyakan hal semacam itu, intinya agan kecewa sama hidup agan..


Quote:Original Posted By anusbaubadan
anak itu bukan investasi,

ibaratnya tanam pohon, kalo rajin kasih pupuk trus dirawat baik-baik, disiram dengan telaten niscaya kita sendiri yang menikmati buahnya.

sama halnya dengan anak, kalo kita rawat dengan baik, disekolahin dengan baik, kasih pengertian, budi pekerti, tanamkan cinta orang tua, suatu saat nanti kalo udah tua ada yang merawat kita dengan sepenuh hati.

kalo invest disaham, loe kaya juga percuma, yang ada semakin banyak orang yang nyumpahin loe cepet mati biar cepet-cepet kebagian warisan, tarohlah loe banyak duit bisa gaji orang 10x lipat standar, loe cuma akan dikelilingi orang yang seperti lintah, cuma ngarepin duit loe doang.


Quote:Original Posted By doobey
Kalo menurut ane, berhutang ke orang tua sih engga.. Karena pada dasarnya kita lahir emang karena keinginan ortu kita akan kehadiran buah hati dan pasti siap menanggung segala beban yg menyelimutinya.. Cuma kita yg lahir dinegara yg punya adat sopan santun yg tinggi.. Kita diajarkan sedari kecil untuk membalas kebaikan yg orang lain berikan kepada kita termasuk orang tua kita..


Quote:Original Posted By richardus96
ane sendiri tidak setuju sih dengan anggapan kita lahir sebagai anak langsung dijadikan "hutang" buat orang tua, kalo dalam akuntansi berasa dianggap biaya alias beban. atau bisa dibilang di investasikan. tanpa orang tua suruh, kalo ortu all out ke kita, respect ke kita, ane yakin sebagai anak yang bener pasti bakal ngusahain "mengembalikan"nya tanpa perlu diungkit sebagai "beban/investasi" selama mereka hidup. jujur aja soalnya ane sendiri juga sakit hati kalo dijadiin investasi atau beban dalam hidup mereka. bukannya nggak tau diri, tapi rasanya hidup ini cuma buat muasin mereka aja nggak mikirin diri sendiri dan yang lain lain


Quote:Original Posted By hhendryz
balikin aja sekalian berarti si orang tua juga punya hutang ke kakek dan leluhur , mereka udah bayar belum? bukti mereka udah lunasin utangnya apa?


istilahnya maling ga usah teriak sama maling emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By gesundheit
Ciri ortu toxic tuh, bikin anaknya merasa berutang ke die....seolah kita yang minta dilahirkan dari sperma dan ovum mereka... emoticon-Matabelo


Quote:Original Posted By lonelylontong
Sorry ya gan, pendapat pribadi aja juga nih.

Kalau menurut ane sih kacau aja semua kalau cara berpikirnya begitu. Jatuhnya bisa saja (bisa saja artinya bisa jg nggak) manusia tsb jadi ga punya rasa terima kasih pada orang lain yang berbuat baik buat dirinya. Entah itu orang tua, guru, sahabat, saudara, atasan, pemerintah, dst.

Orang baik2 ama dia, dia ga merasa orang itu berbuat baik kepada dirinya, tapi merasa, "Ya itu kewajiban kamu kok."

Kalau orang berbuat baik, dianggap sudah kewajiban dia.

Kalau orang gagal, atau kurang mampu "menyenangkan" dirinya, dianggap gagal, atau bahkan jahat, dst.

Jatuhnya jadi menuntut haknya terus, dan jadi susah bersyukur pada kebaikan yg dia terima.


Quote:Original Posted By multilayer
Mungkin namanya hutang estafet ya. Ortu kita "berhutang" dari ortu mereka. Lalu kita "berhutang" pada ortu kita dan anak2 kita akan "berhutang" kepada kita. Seterusnya demikian.

Menurut ane, pembayaran hutangnya pun berbeda. Kita bukan membayar ke ortu seperti ortu "memberi" ke anak karna sering kali tidak bisa mencapai cinta ortu kepada kita, tapi kita membayar sebagai "seorang anak" yg mencintai ortu.


Quote:Original Posted By simo86
Hemm.. cukup menarikemoticon-Coblos

Mungkin bisa disebut dengan mata rantai kehidupan, karena seorang anak pada akhirnya akan dewasa kemudian menjadi orang tua,semua itu trs berlanjut entah sampai kapanemoticon-Cool

Eksistensi orang tua akan terlihat pada tumbuh kembang anak anak nya,emoticon-Coblos

Realisasi seorang anak akan terlihat setelah dewasa berdasarkan eksistensi orang tua saat mereka masih dalam pemeliharaan nyaemoticon-Cool

Kesampingkan dulu faktor lingkungan, teknologi, kemajuan informasi,yg pada dasarnya akan berubah setiap detik menuju menit jam hari bulan tahunemoticon-Cool

Mintak Bonus Gal Gadot polosan atas komentar saya yg bijaksana dan bermutu tinggiemoticon-Coblos



Quote:Original Posted By titoa.ja
Tergantung kurun masanya dan apa yg ente lakuin di kurun masa itu.
Kalo ente pada saat sdh menginjak dewasa msh "dihidupi" ortu mk sejak saat itu ente berhutang sampai ente bener2 hidup mandiri.
Selain dr kurun masa itu yg ada hanya kasih sayang.
Bukan hak, bukan kewajiban. Hak anak untuk mendapat pengasuhan yg baik, ini didapat dr hukum negara. Kewajiban ortu mengasuh anak dgn baik, ini jg dr hukum negara.

Hanya kasih sayang. Ini tdk perlu lagi dijabarkan lebih lanjut. Semua org yg punya kasih sayang sdh paham.
Yg blm paham berarti mmg blm punya kasih sayang, tp lakukan saja hak/kewajiban menurut hukum negara ... no problem, dan berharap kasih sayang itu bakal timbul seiring waktu.


Quote:Original Posted By yonatan.ph
bukan utang dong... kita kan ga minta dilairin, mreka yg pilih buat punya anak, ya bertanggung jawab buat jamin hidup anak sampai dewasa... gitu juga ane ke anak2 ane
tp sebagai anak juga punya tanggung jawab ke orang tua kita waktu dia tua nanti, wajib hormati, dll.. kurang tepat istilah utang itu


Quote:Original Posted By profesorlucu
Berhutang dan berbakti ke ortu?
Lah mereka yang ingin punya anak buat gengsi.
Masih untung gak ada pengadilan anak menuntut ortu karena sudah melahirkan.
Miara anak itu 50:50. Kalo hoki, jadi anak baik. Yg apes udah dididik yg baik eh jadi ampas.

Di islam kan ada 3 perkara yg tidak putus setelah mati yaitu ilmu, sedekah, dan doa anak. Jangan berharap doa anak. Lebih baik fokus ke ilmu dan sedekah karena usaha sendiri.
Mereka yg tidak berilmu dan tidak bersedekah pasti jalan satunya berharap doa anak.


Quote:Original Posted By ramirez96
baru aja ini ane bahas sama orang tua ane bbrp hari lalu , sebenernya sih gaada namanya hutang piutang antara ortu sama anak, yang ada saling berkewajiban satu sama lain aja sih gan dan tergantung dari didikan orang tuanya juga emoticon-Blue Guy Smile (S)


Quote:Original Posted By Muktiddoank
CMIIW, tergantung diskusi anak sama orang tuanya gimana, cerita dikit, saya pernah nemu anak sama orang tua yang beda banget mindset dan goalnya, tapi karena dia (si anak) ngerti masa depannya sendiri, dia hadepin aja orang tuanya berhubung dia juga perlu dengan masa depannya, akhirnya si anak sama orang tua dapet jawaban, pake jalan si anak, apapun hasilnya bisa win-win solution dengan orang tuanya, dan orang tuanya sadar kalau si anak bukan investasi, tapi amanah yang dilahirkan dikarenakan mereka yang memilih buat punya anak, otomatis kalau ga ngerti buat punya anak, konsekuensi harus mereka terima apapun itu, di sisi lain si anak juga perlu ngasih kebahagiaan juga, tapi bukan berarti berhutang, tapi untuk menerima realita kalau si anak lahir dari mereka dan si anak bisa hidup di jalan yang dia mau karena orang tuanya walaupun terlambat


Quote:Original Posted By valex88
Ane waktu bujang dulu duit kepake ortu dah gak keitung gan, Buat kebutuhan sehari-hari dsb. Sekarang udah merid hampir sama tapi nominal nya beda.

Kalau kita nya ikhlas ngasih ataupun orang tua kita ngasih nya ikhlas ya gak ada yang namanya hutang.

Ama orang tua mah gak ada yang namanya itung itungan hehehe....


Quote:Original Posted By payungpromo2012
Kalau kita anggap yang kita terima dari orang tua adalah hutang, saat sudah lunas selesai donk hubungannya, menurut gw ga sesimpel itu, bahkan kita dilahirin di orang tua seperti apa aja ga bisa milih, jadi saat kita belum mampu menghasilkan sendiri dengan batasan usia tertentu, itu adalah kewajiban orang tua, bukan berhutang.


Quote:Original Posted By margareth23
Ane kadang bingung, ada ortu yang suka bilang durhaka ke anaknya, padahal dia(ortu) sama sekali ga pernah ngurus tuh anak dari kecil sampe dewasa, giliran anaknya ngomong agak keras ke dia(ortu) dia(ortu)bilang durhaka ke anaknya...durhakanya dimana ?!


Quote:Original Posted By takseindahnama
Gue mau cerita nih..

Untuk2 tmn2...


Anak bukanlah investasi, bukan emas yang ada nilai rupiahnya. Krna kl kalian mikirnya gtu, kl Tuhan manggil anak kalian duluan.. sedih campur rugi..


Krna rasa batin dicampur investasi hidup itu bisa susah nyembuhinnya..


Padahal Tuhan sang pencipta, jd maut bisa dateng kpn aja.


Mertua ane sedih bgt ditinggal suami ane atau anaknya si bapak meninggal, udah sedih trus keknya bpk mertua ane kaya ngerasa rugiii bgt udah ngeluarinn modal bnyak, buat biaya pendidikan sama punya gelar, nikahin di rame2in dibela2in pke gedung.. padahal hidup jg pas2an bgt

tiba2 sang anak dipanggil Tuhan duluan diusia muda, disaat anak blm bisa ngasih2 apa2 ke orang tuanya

Si bapak ini keknya masih mikir anak adalah investasi, jd pas ditinggal dan ga sesuai ekspektasi sedihnya luar biasa...


Ane bingung gan, ngadepinnya

Suaah bgt kl apa apa serba duit
Diubah oleh DikaMonster
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 13 lainnya memberi reputasi
14
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 4
Apa Bener Kalo Kita Berhutang Kepada Orang Tua? Menurut agan gimana?
11-02-2021 16:21
CMIIW, tergantung diskusi anak sama orang tuanya gimana, cerita dikit, saya pernah nemu anak sama orang tua yang beda banget mindset dan goalnya, tapi karena dia (si anak) ngerti masa depannya sendiri, dia hadepin aja orang tuanya berhubung dia juga perlu dengan masa depannya, akhirnya si anak sama orang tua dapet jawaban, pake jalan si anak, apapun hasilnya bisa win-win solution dengan orang tuanya, dan orang tuanya sadar kalau si anak bukan investasi, tapi amanah yang dilahirkan dikarenakan mereka yang memilih buat punya anak, otomatis kalau ga ngerti buat punya anak, konsekuensi harus mereka terima apapun itu, di sisi lain si anak juga perlu ngasih kebahagiaan juga, tapi bukan berarti berhutang, tapi untuk menerima realita kalau si anak lahir dari mereka dan si anak bisa hidup di jalan yang dia mau karena orang tuanya walaupun terlambat
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apa Bener Kalo Kita Berhutang Kepada Orang Tua? Menurut agan gimana?
11-02-2021 16:25
Kalo ane sama siapa aja termasuk orang tua, kalau bilangnya minjem ya pasti dibayar. Kecuali kalau minta. Tapi alhamdulillah sih, sejak nikah belom pernan minta sama orang tua
profile-picture
caerbannogrbbt memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Apa Bener Kalo Kita Berhutang Kepada Orang Tua? Menurut agan gimana?
11-02-2021 16:33
Ane waktu bujang dulu duit kepake ortu dah gak keitung gan, Buat kebutuhan sehari-hari dsb. Sekarang udah merid hampir sama tapi nominal nya beda.

Kalau kita nya ikhlas ngasih ataupun orang tua kita ngasih nya ikhlas ya gak ada yang namanya hutang.

Ama orang tua mah gak ada yang namanya itung itungan hehehe....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apa Bener Kalo Kita Berhutang Kepada Orang Tua? Menurut agan gimana?
11-02-2021 16:44
Kalau menurut ane, anak2 nggak berhutang sama orangtuanya. Memenuhi semua kebutuhan si anak adalah kewajiban orangtua. Sampai si anak mampu menghidupi dirinya sendiri. Khusus anak cowok. Kalau anak cewek, setahu ane di agama ane, masih tanggung jawab ortunya sampai dia menikah. CMIIW.

Nah, sebagai anak, kewajiban kita berbakti sama ortu. Caranya gimana? Bisa macam2. Bantu ngerjain pekerjaan rumah, ngunjungin mereka (bagi yg udah pisang), nggak ngerepotin mereka sama urusan kita, bantu bayar tagihan2 bulanan (semampunya), dll. Bukan buat balas jasa atau bayar utang karena ga mungkin bisa sampai kapan pun.

Diubah oleh mypurplesaturn
profile-picture
valex88 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apa Bener Kalo Kita Berhutang Kepada Orang Tua? Menurut agan gimana?
11-02-2021 16:45
kalo ane besarin anak, maksimal berharap didoain setelah meninggal
profile-picture
valex88 memberi reputasi
1 0
1
Apa Bener Kalo Kita Berhutang Kepada Orang Tua? Menurut agan gimana?
11-02-2021 16:46
menurut ane sih ... gak ada anak yg minta dilahirkan. Anak lahir karena keinginan / perbuatan orang tua. Membesarkan anak adalah tanggung jawab dan cinta kasih.

tentang anak ke orang tua tidak ada balas jasa / utang, yang ada adalah cinta kasih. Cinta kasih gak bisa dipaksa dan gak bisa ada ukuran.

menurut ane sih ... beda orang beda urut menurut nya emoticon-Big Grin
0 0
0
Apa Bener Kalo Kita Berhutang Kepada Orang Tua? Menurut agan gimana?
11-02-2021 16:48
kalaupun kita utang gak bakal bisa nglunasin bro
0 0
0
Apa Bener Kalo Kita Berhutang Kepada Orang Tua? Menurut agan gimana?
11-02-2021 17:11
Klo menurut ane sih kita gak berhutang pada mereka, karena meeka melakukan yang terbaik buat kita itu adalah kewajiban. Sama halnya kita juga melakukan yg terbaik buat mereka juga karena kewajiban. emoticon-Traveller
0 0
0
Apa Bener Kalo Kita Berhutang Kepada Orang Tua? Menurut agan gimana?
11-02-2021 17:12
Kalau kita anggap yang kita terima dari orang tua adalah hutang, saat sudah lunas selesai donk hubungannya, menurut gw ga sesimpel itu, bahkan kita dilahirin di orang tua seperti apa aja ga bisa milih, jadi saat kita belum mampu menghasilkan sendiri dengan batasan usia tertentu, itu adalah kewajiban orang tua, bukan berhutang.
profile-picture
caerbannogrbbt memberi reputasi
1 0
1
Apa Bener Kalo Kita Berhutang Kepada Orang Tua? Menurut agan gimana?
11-02-2021 17:13
Kadang juga orang tua harepin kita buat sukses agar mereka di hari tua bisa enak, cuman kan karna emg mereka udah besarin kita ksi makan dll sih fine fine aja
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apa Bener Kalo Kita Berhutang Kepada Orang Tua? Menurut agan gimana?
11-02-2021 17:17
Kita kok samaan gan. Tos dulu
profile-picture
DikaMonster memberi reputasi
1 0
1
Apa Bener Kalo Kita Berhutang Kepada Orang Tua? Menurut agan gimana?
11-02-2021 17:46
Kalo anaknya maniak duit durhaka nih, udah tau susah nyari eh di pake,beli diamond
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apa Bener Kalo Kita Berhutang Kepada Orang Tua? Menurut agan gimana?
11-02-2021 17:53
Dalam hidup sebuah hubungan adalah sebab akibat, kita bisa bertemu karena di masalah lalu kehidupan yang dulu kita ada janji yang belum di bayar maka dari itu kita akan membayarnyabdi kehidupan ini kadang orang tua punya anak dan rejekinya jadi belimpah dan ini adalah kasus anak ini berhutang/ memiliki janji kepada orang tua sehingga di kehidupan ini dia harus berkerja keras dan membahagiakan orang tuanya untuk membayar hutang di masa lalu
Dan ada juga kasus di mana ketika anak lahir sangat menyusakan orang tua sehingga orang tua tersebut harus banting tulang dan membesarkan anak tersebut dengan susah payah dan banyak nemuntut ini itu dalam kasus ini orang tua memiliki janji atau hutang yang harus di bayar kepada orang tua. Jafi dalam hidup ini jangan banyak mengeluh lakukan yang terbaik untuk orang lain dan buatlah kebajikan sebanyak2nya sehingga di kehidupan yang akan datang kita tidak memiliki banyak hutang dan janji2 kepada orang lain dan mencapai kebahagiaan sejati
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apa Bener Kalo Kita Berhutang Kepada Orang Tua? Menurut agan gimana?
11-02-2021 17:55
Boleh aja gan, asal sesuai kemampuan orang tua. Orang tua pasti ga keberatan kasih uang ke anaknya. Malah ibaratnya bukan kasih pinjaman, tapi kasih secara ikhlas. Ibarat kasih uang jajan ke anaknya
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apa Bener Kalo Kita Berhutang Kepada Orang Tua? Menurut agan gimana?
11-02-2021 17:55
Menurut ane si bukan berhutang gan, cuman ya gmn balas budi kita ama orang tua si, kalau dibilang utang si kita ga akan pernah bisa lunasin utang kita ke ortu bahkan sampai mereka tutup usia pun ga bisa lunasin utang
0 0
0
Apa Bener Kalo Kita Berhutang Kepada Orang Tua? Menurut agan gimana?
11-02-2021 18:05
Mungkin ortu ts termasuk tipe yg penuntut ya? Demanding? Kalo menurut ane sih utang anak ke ortu itu dalam bentuk merawat dan mendidik sejak kecil. Jadi pas anak udah dewasa, bisa cari duit sendiri, bisa mandiri, ya waktunya membalas jasa ortu. Caranya beda2 mungkin ya
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apa Bener Kalo Kita Berhutang Kepada Orang Tua? Menurut agan gimana?
11-02-2021 18:13
Antara setuju ga setuju aja sih disebut hutang2an... rasanya aneh
0 0
0
Apa Bener Kalo Kita Berhutang Kepada Orang Tua? Menurut agan gimana?
11-02-2021 18:20
Kalo ane ada hutang gan sama ortu lebih tepatnya si bokap. Ane udah minta korting total pembayaran sama doi eh ga dikasih.
profile-picture
DikaMonster memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Apa Bener Kalo Kita Berhutang Kepada Orang Tua? Menurut agan gimana?
11-02-2021 18:20
ya itu mah terserah ente mau balas jasa mereka atau gak...lagian gk ada yg masalahin kalo tu utang dibayar atau gakemoticon-Ngakak (S)

tapi sepertinya ente bener2 gak suka sama ortu ente...ya ortu emang suka overproud gitu...emang ente ini umur brp sih?
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Apa Bener Kalo Kita Berhutang Kepada Orang Tua? Menurut agan gimana?
11-02-2021 18:22
Definisi ane, hutang itu materi. Kalau orang tua kita ngasih kita materi gk ikhlas, ya jadinya hutang. Klo kita bilang, ma / pa pinjem uang 100, ya kita hutang. Diluar dari itu menurut ane Hak & Kewajiban.
0 0
0
Halaman 3 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia