Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
173
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60203e2c267d753fe0587df5/congo-dandies-tetap-gaya-walaupun-di-tumpukan-derita
Merekalah para dandies dari Congo, atau lebih dikenal dengan sebutan Sapeurs, atau kalo cewek dipanggil Sapeuse. Mereka tergabung dalam komunitas La Sape, kepanjangan dari Société des ambianceurs et des personnes elegantesyang artinya Komunitas Pencipta Suasana dan Orang-orang Elegan. Para anggota komunitas ini biasanya nongkrong di jalanan kumuh kota Kinshasa di Republik Demokrat Kongo dan kota
Lapor Hansip
08-02-2021 02:23

Congo Dandies, Tetap Gaya Walaupun di Tumpukan Derita

Past Hot Thread
Agan dan Sista di sini sering pake baju-baju mehong macam Christian Dior, Prada, Giorgio Armanidan sebangsanya nggak? Kalo sering berarti alhamdulilah, ane doain rezekinya lancar terus. Kalo nggak... Kasian deh loe. emoticon-Wakaka

 Masa kalah sama orang-orang rupawan ini.
Awas ngiri gan


Merekalah para dandies dari Congo, atau lebih dikenal dengan sebutan Sapeurs, atau kalo cewek dipanggil Sapeuse. Mereka tergabung dalam komunitas La Sape, kepanjangan dari Société des ambianceurs et des personnes elegantesyang artinya Komunitas Pencipta Suasana dan Orang-orang Elegan. Para anggota komunitas ini biasanya nongkrong di jalanan kumuh kota Kinshasa di Republik Demokrat Kongo dan kota Brazzenville di Republik Kongo sambil bergaya dan memamerkan baju-baju mereka yang warna-warni (dan mahal, orang baju-baju mereka itu ori semua kok) ke orang-orang sekitar. Setiap mereka ngumpul akan diadakan polling untuk menentukan siapa Sapeur dan Sapeuse yang memiliki baju terbaik. 


Ketika Sapeur nongkrong



Terus gan


Agan dan Sista pasti bertanya-tanya, kok budaya kayak gini bisa ada di negara miskin di Afrika?Well, semua bermula ketika para pekerja kolonial, yang disebut Orang Pesisir oleh penduduk Kongo, datang dari Afrika Barat ke Congo. Kebetulan orang-orang pesisir ini, yang kebanyakan merupakan orang Inggris dan Perancis golongan menengah ke bawah bergaya seolah-olah status mereka lebih tinggi. Hal itu ditunjukkan dengan gaya pakaian, postur dan gaya bicara mereka. Penduduk Kongo kemudian meniru gaya para kolonial dan memadukannya dengan karakteristik pakaian tradisional Kongo, Liputa, yang dikenali dengan warna-warnanya yang ngejreng. 

Mungkin bagi kita tindakan mereka sangat tidak masuk akal. Makan aja susah tapi bela-belain beli baju mahal yang cuma buat dipamerin ke tetangga. Maklum, kebanyakan para dandies ini merupakan orang-orang berpenghasilan rendah. Untuk membeli baju dan aksesoris mahal mereka seringkali meminjam uang hingga ratusan juta. Dari mana mereka dapet duit buat balikinnya hanya Tuhan yang tau. Semoga aja debt collector di sana nggak sekejam debt collector pinjol dimari.

Orang-orang Kongo masa sekarang mengangap La Sape sebagai simbol harapan akan kembalinya stabilitas dan perdamaian setelah bertahun-tahun dilanda perang saudara. Bagi penggunanya, La Sape merupakan bentuk dari ekspresi diri dan menunjukkan bahwa mereka tidak kalah dari orang-orang barat.

Mungkin kita belum bisa memahami logika pada Sapeur dan Sapeuse ini, tapi tidak bisa dipungkiri seni tersendiri di balik Sapourisme ini. 
La Sape lainnya gan



Nah, itulah sekelumit cerita dari Kongo. Lumayan buat nambah-nambah wawasan ya gan sis emoticon-Big Grin

Sekian dari ane. Kalo gan sis merasa informasinya berguna bolehlah ane dikasih rate dan sesajen cendol emoticon-Embarrassment


Sumber [url=https://en.wikipedia.org/wiki/La_Sape#:~:text=An%20adherent%20of%20La%20Sape,manners%20of%20colonial%20predecessor%20dandies.]dari sini[/url], sinisini dan sini


profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 44 lainnya memberi reputasi
45
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 5
Congo Dandies, Tetap Gaya Walaupun di Tumpukan Derita
08-02-2021 20:46
Yg dipakai barang ori ber-merk?

Sebagian besar duitnya ngalir ke negara2 kaya macam Perancis, Italia, dll gitu donk ya?

Mendingan dipakai buat menopang ekonomi dlm negeri sih kl ane bilang.

Jgn beli yg ber-merk luar, beli hasil desainer dan penjahit dalam negeri aja.
emoticon-Shakehand2
profile-picture
dregqueen memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Congo Dandies, Tetap Gaya Walaupun di Tumpukan Derita
08-02-2021 20:48
Gokil,panas2 pk jas...pasti keteknya burket
profile-picture
dregqueen memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Congo Dandies, Tetap Gaya Walaupun di Tumpukan Derita
08-02-2021 20:51
Setidaknya meski mereka hidup susah tp berusaha bahagia, drpd di Indonesia... pengangguran jas jes jos modal bacot doang kerjaannya demo mulu.
emoticon-Wkwkwk
profile-picture
dregqueen memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Congo Dandies, Tetap Gaya Walaupun di Tumpukan Derita
08-02-2021 20:52
Makan mah bisa minta ke tetangga, tapi soal gaya nomor satu emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Demonaz666 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Congo Dandies, Tetap Gaya Walaupun di Tumpukan Derita
08-02-2021 20:53
Gak ada bedanya sama org sini
profile-picture
dregqueen memberi reputasi
1 0
1
Congo Dandies, Tetap Gaya Walaupun di Tumpukan Derita
08-02-2021 21:12
Bawah ane kek gitu
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan dregqueen memberi reputasi
2 0
2
Congo Dandies, Tetap Gaya Walaupun di Tumpukan Derita
08-02-2021 21:31
becekan make sepatu CL or LV apa ga syg ya?
profile-picture
dregqueen memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Congo Dandies, Tetap Gaya Walaupun di Tumpukan Derita
08-02-2021 21:35
pake pipa cangklong tapi ga diisi tembakau & dibakar apa enaknya coba
emoticon-Cape d...
profile-picture
dregqueen memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Congo Dandies, Tetap Gaya Walaupun di Tumpukan Derita
08-02-2021 21:36
Pdhl orang baratnya pun ga gitu2 amat gaya nya
profile-picture
dregqueen memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Congo Dandies, Tetap Gaya Walaupun di Tumpukan Derita
08-02-2021 21:37
Yang paling atas udah kaya mafia2 di film the equalizer anjay .emoticon-Hansipemoticon-Takut
Diubah oleh kadrunslayer
profile-picture
dregqueen memberi reputasi
1 0
1
Congo Dandies, Tetap Gaya Walaupun di Tumpukan Derita
08-02-2021 21:40
Kok lucu ya ngeliatnya🤔
profile-picture
dregqueen memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Congo Dandies, Tetap Gaya Walaupun di Tumpukan Derita
08-02-2021 21:50
BPJS : Budget Pas-pasan Jiwa Sosialita
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan dregqueen memberi reputasi
2 0
2
Congo Dandies, Tetap Gaya Walaupun di Tumpukan Derita
08-02-2021 21:54
Ane akuin deh ane kalah gaya ama mereka.. Walopun mungkin nasib sama, tp soal nekad ane kalah jauh dah hehe..
profile-picture
profile-picture
mr.kevin95 dan dregqueen memberi reputasi
2 0
2
Congo Dandies, Tetap Gaya Walaupun di Tumpukan Derita
08-02-2021 22:19
ya sama kayak beberapa orang sini, namanya hypebeastemoticon-Leh Uga

beli sepatu 1,5 juta masih mikir 1000X ane apalagi di masa covid gini
Diubah oleh mr.kevin95
profile-picture
profile-picture
dregqueen dan mr.croovooc memberi reputasi
2 0
2
Congo Dandies, Tetap Gaya Walaupun di Tumpukan Derita
08-02-2021 22:26
fisika : gaya adalah beban hidup
profile-picture
dregqueen memberi reputasi
1 0
1
Congo Dandies, Tetap Gaya Walaupun di Tumpukan Derita
08-02-2021 22:33
Keren gan emoticon-Cool
profile-picture
dregqueen memberi reputasi
1 0
1
Congo Dandies, Tetap Gaya Walaupun di Tumpukan Derita
08-02-2021 22:59
Hidup cuma sekali gan, mereka menikmati momen dgn sebaik2nya walau keadaan ekonomi berbanding terbalik. Mungkin mereka sadar klo nunggu kaya dulu bakal kagak kesampean, karena kondisi negaranya kyk gitu.
profile-picture
dregqueen memberi reputasi
1 0
1
Congo Dandies, Tetap Gaya Walaupun di Tumpukan Derita
08-02-2021 23:28
Menurut ane ini kelompok sakit jiwa, klo di mari namanya okb butuh pengakuan.
Ya buat apa, semacam maksa sampe pinjam uang segala demi baju yg mahal lalu pamer, adakah kebanggan dari pamer tp pinjam uang? Mending beli makan.
profile-picture
dregqueen memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Congo Dandies, Tetap Gaya Walaupun di Tumpukan Derita
08-02-2021 23:32
Biar tekor asal kesohor emoticon-Cool
profile-picture
dregqueen memberi reputasi
1 0
1
Congo Dandies, Tetap Gaya Walaupun di Tumpukan Derita
08-02-2021 23:34
Hidup sesuai kemampuan jangan sesuai kemauan.
profile-picture
dregqueen memberi reputasi
1 0
1
Halaman 3 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia