Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ozyalandikaAvatar border
TS
ozyalandika
Mengapa Nyamuk Sering “Nging-nging” di Telinga Kita?

Nyamuk Nakal. Foto: WikiImages dari Pixabay

Musim hujan telah tiba. Tibalah pula kekesalan saya dengan sepak terjang nyamuk-nyamuk yang mulai nakal. 

Bagaimana tidak nakal. Obat nyamuk sudah dibakar, tapi nyamuknya masih sibuk nging-nging alias berdenging mencari telinga.

Sontak saja, sudah berpuluh kali saya tampar area wajah dekat telinga karena kesal dengan si nyamuk. Sekali dua kali nyamuk berdenging di telinga, masih saya anggap wajar. TAPI jika sudah berkali-kali? Kuat dugaan, mungkin saya terlalu manis! Hahaha

Tidak jarang, kelembutan hati seseorang bisa berubah jadi naik pitam hanya gara-gara nyamuk. Siapa yang tidak emosi jika serangga yang bernama ilmiah Culicidae ini akan menghantui kesepian dan kesenangan rebahan dalam kamar.

Ingin rasanya menyalahkan lubang angin, tapi apa iya gara-gara nyamuk kita malah berpikir tidak sehat?Hebatnya, nyamuk seakan lebih cerdas dari prakiraan kita. Coba kalau nyamuk singgahnya di tangan atau di betis, mudah saja kita tabok sampai ia jadi rata. 
"Telaaapuuuuk!"

Nyamuk mati, hati kita lega dan tidur kita jadi nyaman. Tapi kalau musim hujan sudah tiba, nyamuk malah tambah banyak dan beternak, sedangkan telinga kita Cuma dua saja. Siap-siap, Tlaaapuuuk!
Sibuk tangan ini mencari bantal dan guling untuk menyelamatkan telinga.

Entah apa maunya nyamuk. Walaupun nyamuk butuh darah untuk menunjang kehidupannya, mengapa tidak sedot darah dari sisi lain saja, ya kan? Telapak kaki misalnya, atau betis. Hehe, mungkin di daerah itu darahnya sepat-sepat asam kandis kali, ya!


Setelah diusut lebih jauh secara ilmiah, ternyata serangan nging-nging nyamuk ke telinga kita yang gagal sejak dasar.


Menurut Dr Cameron Webb selaku ahli kedokteran entomologi dari University of Sydney dan NSW Health Pathology, nyamuk sering aktif dan berdenging di daerah sekitar kepala karena di sanalah karbondioksida dikeluarkan.


Artinya, nyamuk senang dengan suhu tubuh yang sejatinya berpusat pada daerah di sekitar kepala. Berarti, pakai baju hangat dan penutup kepala masalah solusi yang tepat, kan?


Agaknya memang seperti itu. Salah satu solusi yang diminta oleh Dr Webb tadi adalah mengalirkan angin ke daerah atas kepala kita dengan menggunakan kipas angin. Semakin deras angin, semakin susah nyamuk mengepakkan sayapnya. Tapi, semakin mudah kita masuk angin. Ha ha ha


Selain itu, perilaku perilaku nyamuk berkeliling dan mondar-mandir di area kepala merupakan strategi untuk memastikan bahwa kita sudah tidur atau belum. Ya, nyamuk juga butuh keamanan dalam mengonsumsi darah, sama dengan hewan-hewan lainnya.


Belum selesai sampai di sana, ternyata nyamuk juga cenderung pilih-pilih dalam menentukan mangsanya. Seperti halnya manusia yang suka mengkategorikan lawan jenis berdasarkan ganteng, cantik, sholeh, serta sholehah, nyamuk pun demikian.


Hal ini tersimpul dari sebuah studi 2011 di jurnal PLOS ONE yang menerangkan bahwa pria dengan keragaman mikroba kulit yang lebih besar cenderung mendapatkan lebih sedikit gigitan nyamuk yang melayani pria dengan mikroba kulit yang kurang beragam.



Quote:


Untuk mengantisipasi serangan nyamuk lebih lanjut, agaknya kita perlu meningkatkan kebersihan diri, ruangan dan juga kebersihan area sekitar rumah.Apa lagi jika musim hujan sudah tiba, peluang nyamuk untuk menambah pasukan sangatlah besar.

Suka atau tidak masuk oleh nyamuk, semua orang akan diganggu oleh nyamuk. Maka dari hai kita juga harus siap dari segi kebersihan. Tidak terlalu perlu memakai olesan bahan kimia, tidak perlu pula membunuh nyamuk secara berlebihan.


Andai ada suatu masa masa kita sudah bersih, kamar kita sudah bersih, rumah kita sudah bersih, tapi nyamuk masih menyerang, maka anggap saja itu sedekah. Dan, siapa tahu kita memang terlalu manis. Upss


Salam.

yasyah81
isu152
tien212700
tien212700 dan 33 lainnya memberi reputasi
34
8.6K
200
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & TeknologiKASKUS Official
15.5KThread11.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.