• Beranda
  • ...
  • Aceh
  • [COC Reg. Aceh] 4 Fakta Menarik Masjid Baiturrahman yang Perlu Kamu Tahu

TaraAnggaraAvatar border
TS
TaraAnggara
[COC Reg. Aceh] 4 Fakta Menarik Masjid Baiturrahman yang Perlu Kamu Tahu
Sumber gambar

Assalamu'alaikum, Agan dan Sista! Jumpa lagi di COC regional Aceh. Pada kesempatan sebelumnya TS sudah membahas tentang aneka seduhan kopi khas Tanah Rencong yang menggugah selera. Nah, kali ini TS akan mengajak Gansist mengenal lebih dalam tempat beribadah kebanggaan warga Aceh.


Kalian pasti sudah tahu dong? Yup! Benar sekali, Masjid Raya Baiturrahman. Masjid di pusat kota Banda Aceh ini merupakan destinasi wisata favorit pelancong, baik lokal maupun mancanegara. Tidak heran sih, mengingat bangunan masjidnya yang begitu indah dan megah dengan gaya arsitektur dari berbagai negara. Namun selain indah, ternyata Masjid Baiturrahman juga memiliki sederet fakta menarik yang mungkin tidak diketahui banyak orang.



Penasaran, apa saja fakta-fakta tersebut? Berikut ini TS telah merangkumnya untuk Agan dan Sista. Mari kita simak bersama


4 Fakta Menarik Masjid Baiturrahman yang Perlu Kamu Tahu?


1. Memiliki Area Parkir Bawah Tanah

Sumber gambar

Bukan cuma mall saja yang punya area parkir bawah tanah, Masjid Baiturrahman juga punya. Tak tanggung-tanggung, area parkir bawah tanah masjid dapat menampung 254 unit mobil dan 343 motor yang ditempatkan secara terpisah. Biayanya pun cukup murah yaitu Rp. 2. 000,00 untuk motor dan Rp. 3. 000,00 untuk mobil. Meski biaya parkirnya murah, tapi soal keamanan dan kebersihan tidak perlu diragukan.

Ketika keluar dari kendaraan, pengunjung akan menemukan ruangan berdinding kaca. Untuk masuk ke dalam alas kaki harus dilepas dan diletakan dekat pintu masuk. Namun jika takut hilang, bisa juga menyimpannya di tempat penitipan sandal dan sepatu yang tersedia. Baru setelah itu pengunjung bisa masuk ke halaman masjid menggunakan eskalator atau tangga.

Kebayang kan, betapa nyamannya?

2. Pernah Menjadi Benteng Pertahanan Para Pejuang Aceh

Sumber gambar

Mungkin banyak dari kalian yang tidak tahu bahwa Masjid Baiturrahman, pernah menjadi benteng pertahanan para pejuang Aceh. Di masjid inilah Cut Nyak Dien dan Teuku Umar menyusun strategi dan taktik, ketika Belanda menyatakan perang pada 26 Maret 1873. Namun sayang sekali, 3198 pasukan Belanda yang dipimpin Jendral Johan Hermen Rudolf Kohler berhasil merebut masjid pada 5 April 1873. Lalu setelahnya para pejuang Aceh membuat serangan balasan dan berhasil membuat sang jendral tewas.

Pada agresi kedua 10 April 1873, tentara Belanda yang dipimpin Jendral Van Swieten membakar habis Masjid Baiturrahman. Hal tersebut membuat warga Aceh marah dan perang pun kembali meletus. Selang 4 tahun, Belanda kembali membangun masjid. Peletakan batu pertama dilakukan oleh Kadhi Malikul Adil. Saat itu yang menjabat gubernur sipil dan militer adalah Jendral K. Van Dee Heijden.

3. Mampu Menampung 30 Ribu Jemaah

Sumber gambar

Dengan luas 4. 760 meter persegi, Masjid Baiturrahman mampu menampung jemaah sekitar 10 ribu jemaah. Sementara jika digabungkan dengan halaman, masjid dapat menampung 30 ribu jemaah.

4. Tetap Berdiri Kokoh Saat Diterjang Tsunami

Sumber gambar


Kita semua tentu masih ingat, kedahsyatan tsunami yang menerjang kawasan Aceh pada 26 Desember 2004. Saat seluruh bangunan disekitarnya porak poranda hanyut terbawa arus, Masjid Baiturrahman tetap berdiri kokoh dan menjadi tempat berlindung sebagian warga. Masjid ini juga menjadi salah satu tempat pengungsian warga usai tsunami. Bisa dibilang, Masjid Baiturrahman adalah saksi bisu betapa dahsyatnya musibah yang menerjang Aceh sekitar 16 tahun lalu.



Itulah dia beberapa fakta menarik seputar Masjid Baiturrahman yang bisa TS sebutkan. Jika Gansist tahu lebih banyak, boleh kiranya bagikan di kolom komentar. Sekian perjumpaan kita, sampai jumpa di lain kesempatan.


Wassalam





Penulis: Tara Anggara
Refrensi: di sini dan di sini
Cilacap, 29 Januari 2021
yuki26
dhinyzfrn
tien212700
tien212700 dan 48 lainnya memberi reputasi
49
4.2K
104
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Aceh
AcehKASKUS Official
1.9KThread472Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.