Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

XinHua.NewsAvatar border
TS
XinHua.News
Umat Konghucu Ikut Imbauan Pemerintah Gelar Imlek Virtual
Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (Matakin) memastikan bakal mengikuti imbauan pemerintah dengan menggelar perayaan Imlek 2021 secara virtual untuk mencegah potensi penyebaran virus corona (Covid-19).




"Menyadari itu melihat bahayanya covid maka Matakin dari awal sudah mengimbau agar perayaan Imlek dilaksanakan dari runah," kata Ketua Umum Matakin, Xs. Budi Santoso Tanuwibowo saat dihubungi CNNIndonesia.com, Kamis (4/2).
[table][tr][td][/td]
[/tr]
[/table]
Budi mengaku telah berkoordinasi dengan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas terkait perayaan Imlek secara virtual.


Menurutnya, Matakin sejak awal telah memutuskan menggelar Imlek 2572 Kongzili yang jatuh tepat pada 12 Februari secara virtual. Sebab, katanya, selain berbakti kepada orang tua dan keluarga, Khonghucu juga mengajarkan untuk berbakti kepada bangsa dan negara.
"Nah, pada saat tanggal 12 (Februari) malam, itu harus ada, kan mau ke klenteng kan pasti rame. Kita himbau di rumah saja," katanya.
[table][tr][td][/td]
[/tr]
[/table]
Lebih lanjut, Budi juga mengimbau agar umat Khonghucu mengurangi aktivitas selama 22 hari perayaan Imlek. Dimulai sejak hari Persaudaraan pada 5 Februari hingga malam pergantian tahun pada 12 Februari mendatangi.
Di hari persaudaraan, umat Khonghucu biasanya akan berbagi santunan atau membantu keluarga atau kerabat yang tak mampu merayakan Imlek. Di hari itu, Budi menghimbau agar bantuan diberikan dari jarak jauh.
Budi pun mengimbau agar pertemuan keluarga jauh juga dilakukan secara virtual, untuk saling menjaga keselamatan sesama anggota keluarga terhadap potensi penularan Covid-19.
"Kalau mau makan bareng malem Imlek, ya makan malem, di satu rumah saja, kalau berlainan rumah biar makan sendiri. Kalau pengen tahu suasana tinggal di video call aja," ujarnya.
[table][tr][td][/td]
[/tr]
[/table]
Budi mengatakan puncak perayaan Imlek rencananya akan dipandu secara nasional pada 14 Februari serentak di sejumlah stasiun televisi. Pihaknya telah membuat rekaman sembahyang Imlek yang nantinya akan disiarkan langsung tersebut.
Meski lebih khusyuk sembahyang dilakukan di Klenteng, kata Budi, Tuhan ada di mana-mana. Lagi pula, Khonghucu juga mengajarkan untuk menjaga keselamatan dalam kondisi pandemi seperti saat ini.
"Tanggal 14 nanti kita acara sembahyang besar itu hanya dilakukan beberapa orang. Dan kemudian itu divideokan secara nasional lewat YouTube dan lewat video seperti itu," kata dia.
Menag Yaqut sebelumnya telah meminta umat Khonghucu merayakan Tahun Baru Imlek yang akan jatuh pada 12 Februari 2021 secara virtual dan sederhana karena masih dalam situasi pandemi virus corona (Covid-19).
[table][tr][td][/td]
[/tr]
[/table]
Yaqut menilai pemanfaatan teknologi informasi untuk bersilaturahmi saat pandemi tak akan mengurangi esensi dari perayaan Imlek tersebut.
"Indonesia dan dunia kini sedang menghadapi pandemi. Saya kira umat Konghucu harus mawas diri bahwa perayaan Imlek bisa dirayakan dengan cara sederhana," kata Yaqut dalam konferensi pers yang ditayangkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (4/2).

[url]https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210205010818-20-602518/umat-konghucu-ikut-imbauan-pemerintah-gelar-imlek-virtual [/url]


secara virtual gan
nomorelies
areszzjay
private13
private13 dan 2 lainnya memberi reputasi
1
890
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.