Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
33
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/601d6f1d3b26aa0a4e76cf09/budaya-liliuran-kearifan-lokal-masyarakat-sunda-yang-makin-tergerus-zaman
Liliuran makin tergerus zaman Negara Indonesia memiliki begitu banyak kearifan lokal yang telah turun temurun dilakukan. Baik yang berupa seni, budaya, ataupun kebiasaan baik dalam masyarakat pada umumnya. Seperti pada kebiasaan yang sudah menjadi adat istiadat di daerah Sunda yang meliputi tatar parahiangan hingga Banten. Keseharian masyarakat setiap kampung yang memiliki kesatuan budaya selalu m
Lapor Hansip
05-02-2021 23:15

Budaya Liliuran: Kearifan Lokal Masyarakat Sunda Yang Makin Tergerus Zaman

icon-verified-thread
Liliuran makin tergerus zaman

Budaya Liliuran: Kearifan Lokal Masyarakat Sunda Yang Makin Tergerus Zaman

Negara Indonesia memiliki begitu banyak kearifan lokal yang telah turun temurun dilakukan. Baik yang berupa seni, budaya, ataupun kebiasaan baik dalam masyarakat pada umumnya.

Seperti pada kebiasaan yang sudah menjadi adat istiadat di daerah Sunda yang meliputi tatar parahiangan hingga Banten. Keseharian masyarakat setiap kampung yang memiliki kesatuan budaya selalu memiliki ciri khas berupa kearifan lokal yang mengakar.

Salah satu kebiasaan baik itu adalah istilah Liliuran. Kata dasar liur artinya membantu tanpa pamrih Sedangkan liliuran artinya saling membantu pekerjaan seseorang dengan dilakukan oleh sekelompok orang atau sekelompok warga tanpa upah.


Jadi, ketika ada suatu pekerjaan yang memerlukan tenaga banyak orang. Liliuran akan dilakukan untuk saling meringankan beban. Dalam hal ini istilah liliuran sudah kita kenal sebagai istilah gotong royong yang menjadi ciri khas warga Indonesia sejak zaman dahulu kala.

Selamat datang di Thread terbaru saya, Gansis. Kali ini kita akan mengulas tentang kebiasaan gotong royong dalam masyarakat Sunda yang dikenal sebagai Liliuran.

Quote:Apa saja jenis pekerjaan yang dikerjakan dalam liliuran?

1. Liliuran persiapan lahan tani

Budaya Liliuran: Kearifan Lokal Masyarakat Sunda Yang Makin Tergerus Zaman
liliuran di ladang


Dalam kebiasaan bermasyarakat para petani, ketika musim penghujan tiba. Setiap warga akan sibuk menyiapkan lahan untuk ditanami. Baik ladang atau sawah yang dipenuhi rumput atau membuka lahan baru, mereka akan mengadakan gotong royong sehingga pekerjaan setiap warga bisa terselesaikan. Pihak pemilik ladang atau sawah hanya perlu menyediakan makanan saja.

2.Liliuran tandur

Budaya Liliuran: Kearifan Lokal Masyarakat Sunda Yang Makin Tergerus Zaman
Dokpri


Bagi yang memiliki sawah. Pekerjaan tandur alias menanam bibit padi di sawah ini memang membutuhkan banyak pekerja. Jika tidak punya modal besar untuk memberi upah tentunya tandur sangat lah berat. Namun, pada masyarakat yang masih memegang teguh adat istiadat sunda. Mereka akan mengerjakan tandur ini dengan sistem liliuran. Selain indahnya kebersamaan, rasa saling menghargai bisa lebih dirasakan.

3. Liliuran ngaseuk

Budaya Liliuran: Kearifan Lokal Masyarakat Sunda Yang Makin Tergerus Zaman
Dokpri

Untuk wilayah yang terdiri dari perbukitan biasanya lebih dipakai sebagai ladang. Baik otu padi, jagung atau kacang tanah. Teknik ngaseuk memang menjadi teknik pertanian paling kuno yang masih dilakukan hingga sekarang. Indahnya sukacita dan kebersamaan akan terpancar dari hiruk pikuk suara para warga yang saling melempar guyonan demi mengusir lelah. Selepas ngaseuk mereka akan menikmati santapan dari pemilik lahan berupa cendol atau disebut rujak. Tak lupa juga nasi ketan dan colenak.

4. Liliuran panen

Budaya Liliuran: Kearifan Lokal Masyarakat Sunda Yang Makin Tergerus Zaman
klik

Masa paling ditunggu para petani adalah saat tiba panen. Panen ini pun sama, akan dilakukan dengan cara liliuran alias gotong royong dari satu warga ke warga yang lain. Terutama untuk panen padi huma yang dipotong dengan etem. Kebersamaan lebih terasa walau hanya mendapatkan upah padi beberapa ikat yang disebut gedeng.

5. Liliuran ngaruag imah

Budaya Liliuran: Kearifan Lokal Masyarakat Sunda Yang Makin Tergerus Zaman
Budaya Liliuran: Kearifan Lokal Masyarakat Sunda Yang Makin Tergerus Zaman
Dokpri.

Membangun rumah adalah tugas yang berat. Bahkan untuk yang masih memakai rumah panggung ala Sunda. Pekerjaan merobohkan rumah atau ngaruag ini dilakukan dengan gotong royong juga. Begitupun membangun rumah atau disebut ngadegkeun. Para kaum adam akan dengan sukarela membantu tetangga yang sedang membangun rumah.

Kaum hawa biasanya akan saling gotong royong membantu memasak untuk makan bersama warga yang membantu.


Semua kegiatan itu kini mulai berubah bahkan semakin jarang dilakukan warga. Semuanya tergerus oleh zaman yang serba individu. Rasa kebersamaan pun kian berkurang. Padahal kearifan lokal liliuran ini sangat bermanfaat dan menjaga kebersamaan dalam masyarakat.

Selain itu budaya liliuran bisa mengurangi beban di antara masyarakat yang kesusahan. Semoga, kebiasaan baik yang mulai tergerus zaman ini tidak akan sirna. Semoga anak cucu kita kelak masih bisa merasakan indahnya kebersamaan dalam bentuk liliuran.

Semoga bermanfaat. Jangan lupa komen dan cendolnya.

Opini pribadi
gambar header
Diubah oleh zatilmutie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Budaya Liliuran: Kearifan Lokal Masyarakat Sunda Yang Makin Tergerus Zaman
05-02-2021 23:16
Pejwan
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan pulaukapok memberi reputasi
2 0
2
Budaya Liliuran: Kearifan Lokal Masyarakat Sunda Yang Makin Tergerus Zaman
05-02-2021 23:17
Kebiasaan baik yang makin tergerus zaman
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan pulaukapok memberi reputasi
2 0
2
Budaya Liliuran: Kearifan Lokal Masyarakat Sunda Yang Makin Tergerus Zaman
05-02-2021 23:17
Budaya liliuran
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan pulaukapok memberi reputasi
2 0
2
Budaya Liliuran: Kearifan Lokal Masyarakat Sunda Yang Makin Tergerus Zaman
06-02-2021 01:15
Tahunya sunda cuma cewek nya yg bening
profile-picture
profile-picture
zatilmutie dan trifatoyah memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Budaya Liliuran: Kearifan Lokal Masyarakat Sunda Yang Makin Tergerus Zaman
06-02-2021 03:07
setuju ama atas ane .. emoticon-Ngakak
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Budaya Liliuran: Kearifan Lokal Masyarakat Sunda Yang Makin Tergerus Zaman
06-02-2021 06:48
Ditempat ane geus euweuh gan nu kieu
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Budaya Liliuran: Kearifan Lokal Masyarakat Sunda Yang Makin Tergerus Zaman
06-02-2021 07:35
Wah perlu dilestarikan ini
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Budaya Liliuran: Kearifan Lokal Masyarakat Sunda Yang Makin Tergerus Zaman
06-02-2021 07:36
Seneng ane gan ada trit yang bahas kebudayaan kaya gini.
Lanjutkan gan
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Budaya Liliuran: Kearifan Lokal Masyarakat Sunda Yang Makin Tergerus Zaman
06-02-2021 12:17
Di daerah ane malah udah gak ada tradisi kaya gini, biasanya tradisi kaya masih ada di wilayah yang agak-agak desa kondisinya.
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Budaya Liliuran: Kearifan Lokal Masyarakat Sunda Yang Makin Tergerus Zaman
06-02-2021 12:23
Keren sih bgini, drpd sama tetangga cuek cuekan
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Budaya Liliuran: Kearifan Lokal Masyarakat Sunda Yang Makin Tergerus Zaman
06-02-2021 12:31
Kalo soal pertanian ane gak tau gan, secara ga punya sawah, tp soal ngebangun rumah itu emang benar adanya biasanya gantian, tdk cuma tenaga tp jg bisa material gitu..
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Budaya Liliuran: Kearifan Lokal Masyarakat Sunda Yang Makin Tergerus Zaman
06-02-2021 17:14
saya orang jawa jadi ada beberapa yang berbeda, untuk tandur ditempat saya masih ada kok, begitu juga panen tentunya tapi untuk rumah sekarang agak susah karena kebanyakan pada rantau pan jaooohhh... emoticon-Angkat Beer
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Budaya Liliuran: Kearifan Lokal Masyarakat Sunda Yang Makin Tergerus Zaman
06-02-2021 19:00
Kalau daerah ane namanya gugur gunung nih gan wkwk
Gotong royong gitu
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Budaya Liliuran: Kearifan Lokal Masyarakat Sunda Yang Makin Tergerus Zaman
06-02-2021 22:28
Yaampun liat fotonya aja berasa adem asri enak gitu diliat
0 0
0
Budaya Liliuran: Kearifan Lokal Masyarakat Sunda Yang Makin Tergerus Zaman
07-02-2021 07:16
Sawahnya jg udah berkurang. Budayanya jg otomatis berkurang gan.
0 0
0
Budaya Liliuran: Kearifan Lokal Masyarakat Sunda Yang Makin Tergerus Zaman
08-02-2021 11:15
bukan jaman tapi tergerus sapi
wayang kulit aja dah mau mereka ilangin juga emoticon-No Hope
0 0
0
Budaya Liliuran: Kearifan Lokal Masyarakat Sunda Yang Makin Tergerus Zaman
08-02-2021 15:34
Jadi kangen jaman dulu ya kalo kek gini
0 0
0
Budaya Liliuran: Kearifan Lokal Masyarakat Sunda Yang Makin Tergerus Zaman
20-02-2021 00:41
emoticon-Wagelaseh emoticon-Wagelaseh emoticon-Wagelaseh
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia