• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Tragis! Ribuan Ikan Mati Mengambang dan Membusuk, Apa Penyebabnya?

hvzalfAvatar border
TS
hvzalf 
Tragis! Ribuan Ikan Mati Mengambang dan Membusuk, Apa Penyebabnya?


gambar

Ikan menjadi salah satu lauk favorit untuk menemani hidangan makan. Dan nilai gizi yang terdapat pada daging ikan sangatlah luar biasa. Maka dari itu, ekosistem ikan harus terjaga. Jangan sampai kelak suatu hari sangat susah menemukan ikan karena sudah langka. Pemerintah pun harus ikut andil dalam membudidayakan ikan agar tetap tersedia dengan cara stop impor ikan ilegal, atau penangkapan dengan cara menggunakan pukat harimau dan bahan kimia lainnya yang bisa merusak habitat ikan.

Ikan masih menjadi salah satu kuliner khas Indonesia. Dagingnya yang lezat membuat ikan masih menjadi pilihan masyarakat. Daging ikan bukan hanya bisa sebagai lauk makan saja namun juga mampu diolah menjadi produksi makanan lainnya seperti kerupuk, pempek, bakso, dan lain-lain.



gambar

Baru-baru ini terjadi kematian ribuan ikan di Situ Citongtut, Desa Cicadas, Kecamatan Gunungputri, Kabupaten Bogor. Ikan tersebut nampak mengambang di atas air dalam kondisi busuk. Jika hanya puluhan ikan saja mungkin bukan suatu masalah, namun ikan mati itu sudah berjumlah ribuan. Hingga bau bangkai dari ikan tersebut sampai ke pemukiman warga.

Dalam hal ini pemerintah kabupaten Bogor, dab Dinas Lingkungan Hidup langsung bergerak cepat. Mereka langsung terjun ke lapangan, melihat fakta yang terjadi. Dan mendapati benar ribuan ikan telah mati di tepi danau tersebut. Untuk mengetahui penyebabnya, kemudian dilakukanlah pemeriksaan di laboratorium dengan cara mengambil sampel dari air di Situ Citontut tersebut agar diteliti kandungan airnya. Selain itu, mereka juga memeriksa CCTV untuk melihat operasional di pabrik dekat sana.



gambar

Hasil sementara menunjukkan bahwa, ikan-ikan itu mati karena air tercemar limbah dari dua pabrik yang memproduksi styrofoam dan minyak aroma yang berdiri di dekat Situ Citongtut. Dinas Lingkungan Hidup juga memang melihat di sekitar matinya ikan itu terdapat potongan styrofoam dan minyak yang bercampur dengan air. Diketahui bahwa salah satu pembuangan air limbah hasil dari produksi milik salah satu pabrik mengalami kebocoran. Dan diduga karena itulah, ribuan ikan ikut mati sebab keracunan.

Sementara itu, Kepala Desa Cidadas mengungkapkan juga bahwa air yang berada di Situ Citongtut itu telah berwarna hitam dan keruh. Dan menyebabkan ribuan ikan mati.



gambar

Peristiwa semacam ini sungguh sangat miris. Sebaiknya perlu ada aturan ketat guna mengatur pembuangan air limbah hasil produksi pabrik. Jangan sampai mencemari lingkungan sehingga membuat ekosistem laut atau sungai menjadi rusak.


Sumber :

1 dan opini pribadi






EriksaRizkiM
indramamoth
tien212700
tien212700 dan 25 lainnya memberi reputasi
26
4.8K
96
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.