kaksus10Avatar border
TS
kaksus10
Ternyata Ini Dia Implementasi Super Keren dari Teknologi 5G
Haii Agan Sista di manapun beradaaa..

Pasti Agan Sista di sini Kaskuser aktif yang akrab banget sama dunia digital, kan?

Yes, sekarang memang jamannya digital, apalagi sejak adanya wabah Covid-19, hampir semua hal dilakukan secara digital dan online.

Sekolah dan kuliah online, kerjaan juga dilakukan online, pesan makan online, sampai ada yang namanya traveling online alias virtual traveling, loh.

Intinya, kita jadi semakin dimudahkan dengan teknologi yang serba digital.


Makanya, karena itu, koneksi internet menjadi hal yang sangat penting saat ini, bisa dibilang sudah jadi kebutuhan primer yang harus dipenuhi.

Di negeri kita yang tercinta ini, jaringan internetnya masih menggunakan 4G, yang merupakan jaringan generasi keempat. 

Dan sayangnya masih belum merata.

Bila dibandingkan dengan Korea Selatan atau Jepang, tentunya konektivitas internet kita masih kalah jauh, yah.

Eits, tapi jangan pesimis, Pemerintah Indonesia cukup ambisius loh untuk merealisasikan kontektivitas 5G di tanah air. Kemenkominfo menginformasikan bahwa Indonesia telah memiliki pilihan frekuensi yang nantinya akan digunakan untuk sinyal 5G.
Frekuensi 5G nantinya harus memiliki tiga layer, yakni lower band, middle band dan upper band.

Sinyal 5G ini sudah mulai diuji coba oleh Pemerintah, dan sinyal 5G diklaim mampu melakukan transfer data 20 kali lebih cepat daripada 4G, atau kira-kira kecepatan maksimumnya hingga 10 gigabite per detik (Gbps)

Jadi, hanya hanya dibutuhkan waktu sekitar 4 detik saja untuk mengunduh film kualitas HD berdurasi 2 jam.

Wow banget ngga tuh??

Konektivitas 5G juga mampu mengurangi latensi secara signifikan. Pada konektivitas 5G, latensi maksimum 4 ms, sedangkan pada konektivitas 4G memiliki latensi maksimum 20 ms.

Artinya, konektivitas 5G mengalahkan koneksi internet kabel dan jaringan serat optik.

Tentunya ini adalah hal yang positif yah Gan Sist. Manfaat konektivitas 5G akan banyak mengubah gaya hidup kita. Contoh sederhananya, layanan streaming akan semakin populer, konten video akan semakin populer, cloud backup akan menjadi hal yang biasa.
Bermain game online jadi lebih seru karena pastinya tanpa lagging. Dan tentunya masih banyak hal keren lainnya yang bisa dilakukan dengan adanya konektivitas 5G.

Setuju dong?

Konektivitas 5G Menawarkan Banyak Kemudahan Baru

Kehadiran 5G membuat banyak hal menjadi lebih efisien. Dengan 5G semuanya akan terhubung cepat, atau dengan kata lain menggunakan teknologi Internet of Things. Seluruh perlengkapan rumah akan terhubung dengan baik tanpa perlu wi-fi, dan bekerja otomatis mengikuti instruksi kita.

Konektivitas 5G juga memudahkan kita untuk mengakses Smart City lebih efisien, lebih cepat, serta peningkatan layanan keamanan. Lalu hadirnya kendaraan otonom karena kekuatan teknologi 5G yang jauh lebih efisien dan aman.

Dengan konektivitas 5G, mobil kita mampu melihat setiap sudut kota, mengetahu jalan-jalan mana saja yang macet. Menghindari kemacetan serta mengarahkan kita untuk mengambil jalur alternative.
Bahkan kita juga bisa menaiki mobil self-driving car alias mobill tanpa pengemudi, Gan Sist. Asik banget kan?

Virtual Reality dan Augmented Reality Jadi yang Paling Berkembang

Dengan bandwidth yang lebih besar dan juga latensi yang lebih kecil menjadi kelebihan jaringan 5G untuk pengalaman VR yang imersif. Konektivitas 5G mampu meningkatkan kualitas game Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR). Konektivitas 5G memungkinkan pemain merespons lebih cepat.


Konektivitas 5G juga memungkinkan visualisasi game yang lebih mulus dengan latensi yang lebih rendah, gambar yang lebih jelas, dan gerakan yang lebih tajam.
Aplikasi VR dan AR akan menjadi yang paling popular berkat 5G.

Eits tapi penggunaan VR dan AR tidak hanya untuk hiburan semata, loh Gan Sist. VR dan AR juga bermanfaat untuk edukasi dan membuat pelajaran menjadi lebih menarik. Bisa juga untuk medis, yaitu melakukan operasi dari jarak jauh. Atau bermanfaat untuk proses konstruksi sebuah bangunan.
Dengan VR dan AR, seseorang tidak hanya bisa melihat desain bangunan pada layar 3D, tapi bisa juga seolah-olah berada di dalam bangunan yang hendak dibangun.

Tuh banyak banget kan manfaatnya?

Nah itu dia Gan Sist beberapa implementasi teknologi 5G yang bisa kita rasakan langsung, terlebih lagi kalau kita telah menggunakan perangkat yang mendukung jaringan 5G. Jauh sebelumnya, OPPO telah memulai perjalanan panjang dalam inovasi teknologi 5G.
OPPO telah berupaya merealisasikan jaringan 5G sejak 2018, loh. Nih dia bukti perjalanan OPPO menghadirkan teknologi 5G OPPO


Spoiler for cekidot ini dulu Gan:

Nah Gan Sist, pada tanggal 25 Januari yang lalu, OPPO resmi meluncurkan smartphone 5G yaitu OPPO Reno5 5G. Smartphone terbaru dari OPPO ini disupport Snapdragon 765G 5G Processor dengan system-on-chip (SoC).
Processor ini memiliki modem 5G terintegrasi serta teknologi kecerdasan buatan yang mendukung konektivitas 5G. Snapdragon 765G 5G Processor memiliki performa yang powerful, namun konsumsi dayanya lebih rendah dan efisien.

OPPO Reno5 5G juga menawarkan fitur pengisian daya cepat 65W SuperVOOC 2.0. Gan Sist cukup melakukan pengisian daya selama 5 menit, OPPO Reno5 5G sudah bisa digunakan selama 4 jam ke depan. Sedangkan untuk pengisian daya hingga 100 persen hanya membutuhkan waktu selama 35 menit saja.

 

Lanjut yah, pada sisi visualnya, OPPO Reno5 5G dilengkapi layar AMOLED 6,4 inchi dengan refresh rate 90 Hz.
Jadi layar OPPO Reno5 5G memiliki tampilan yang lebih halus dan juga responsive. 

Kamera Berbasis AI yang Bikin Makin Kreatif

Inovasi OPPO Reno5 5G makin canggih dengan teknologi kamera berbasis Artificial Intelligence (AI) yang bikin penggunanya makin kreatif.

Ada 3 fitur perekaman video yang jadi unggulan OPPO Reno5 5G.

Yang pertama ada fitur AI Highlight Video nih Gan Sist.
Dengan dukungan Full Dimension Fusion (FDF) Portrait Video System, AI Highlight Video mampu secara otomatis mendeteksi cahaya sekitar dan meningkatkan kualitas video dengan menerapkan algoritma Ultra Night Videodan Live HDR.
Misalnya nih, pada kondisi minim cahaya alias gelap, algoritma Ultra Night Video akan otomatis bekerja untuk mencerahkan lingkungan sekitar. Sedangkan, pada kondisi backlight, algoritma Live HDR akan mengurangi area yang terlalu terang. Alhasil video yang dihasilkan memiliki tingkat kecerahan yang optimal, detail yang tajam namun noise yang rendah.


Kedua, Portrait Beautification Videoyang bisa mendeteksi 194 titik fitur wajah. Portrait Beautification Video memberikan optimalisasi wajah yang disesuaikan secara spesifik berdasarkan masing-masing individu. Jadi pengguna ngga hanya tampil cantik di foto, namun di video sekarang juga udah bisa tampil lebih bersinar, loh.
Fitur Portrait Beautification Video memiliki 8 opsi yang dapat disesuaikan untuk menyempurnakan detail wajah penggunanya.

Lanjut ada fitur Dual-view Video.
Dengan fitur ini, pengguna OPPO Reno5 5Gmampu merekam video menggunakan kamera depan dan kamera belakang secara bersamaan. Perekaman ganda dengan perspektif berbeda ini dapat menyatukan pengguna dan obyek yang direkam dalam satu frame video yang sama. Menurut ane sih, fitur Dual-view Video cocok banget digunakan untuk para vlogger dan konten kreator, biar kontennya jadi makin kreatif dan menarik.


Pastinya Agan Sista udah penasaran banget kan pengen nyobain kecanggihan OPPO Reno5 5G?

Nah, OPPO Reno5 5G sudah bisa Agan Sista dapatkan di seluruh OPPO Store & retail partner OPPO di Indonesia dengan harga Rp 6.999.000,-

Untuk informasi lebih lengkap tentang OPPO Reno5 5G, Gan Sist bisa langsung kunjungi website dan media sosial OPPO Indonesia.


Disclaimer :
• OPPO Reno5 5G mendukung penggunaan jaringan 5G, fitur ini dapat digunakan tergantung pada dukungan provider & lokasi tertentu yang sudah mendukung jaringan 5G.
• Jaringan 5G bergantung pada penyedia layanan (operator) di masing - masing wilayah. Untuk menghormati hukum yang berlaku di wilayah Indonesia, OPPO  mengunci jaringan 5G sementara waktu hingga ditetapkannya izin penggunaan jaringan 5G oleh pemerintah





Diubah oleh kaksus10 04-02-2021 10:00
ramdan.v
tien212700
viqririatra
viqririatra dan 34 lainnya memberi reputasi
21
8.8K
103
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Handphone & Tablet
Handphone & Tablet KASKUS Official
10.8KThread8.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.